File tidak sering diunduh dan mungkin menjadi peringatan berbahaya di Chrome atau Firefox

Jika Anda melihat pesan File tidak biasa diunduh di Google Chrome atau Mozilla Firefox, ketika mencoba mengunduh file ke PC Anda, maka posting ini menjelaskan apa artinya dan apa yang perlu Anda lakukan.

Nama file tidak umum diunduh dan mungkin berbahaya – Chrome

File ini tidak umum diunduh dan mungkin tidak aman – Firefox

File tidak umum diunduh dan mungkin berbahaya

Dari data telemetri yang dikumpulkan browser Chrome atau Firefox dari penggunanya, mungkin akan muncul pesan ini jika menemukan unduhan baru atau tidak terlalu sering diunduh. Dalam kasus seperti itu ditampilkan peringatan ini. Sekarang file tersebut mungkin aman – tetapi karena belum banyak diunduh, pesan ini ditampilkan. Terserah Anda untuk memutuskan apakah sumber situs web tempat Anda mengunduh aman atau tidak dan apakah unduhan itu juga aman atau tidak. Berdasarkan bacaan Anda, Anda dapat memilih untuk Simpan atau Buang. Bahkan jika file yang diunduh berbahaya, perangkat lunak antivirus Anda akan ada di sana untuk mengkarantinanya. namun, sebagai tindakan pencegahan, Anda harus memindai file dengan antivirus Anda atau mengunggahnya ke layanan online untuk dipindai dengan beberapa perangkat lunak antivirus. Jadi pilihan Anda adalah:
Izinkan file jika menurut Anda amanPindai halaman web dari malwarePindai file menggunakan VirusTotal atau JottiClear Cache dan data Penjelajahan dan coba lagi
Mari kita bicarakan secara mendetail.
1] Izinkan file jika menurut Anda aman

Chrome memiliki antivirusnya sendiri, yang cukup bagus dalam memperbaiki file berbahaya dan kemudian memblokirnya. Ini memindai situs web dan memeriksa apakah situs web dan/atau aplikasi dan file yang dihostingnya berbahaya. Ini kemudian akan memberi tahu Anda tentang infeksi dan meminta Anda untuk tidak mengunduhnya.

Namun, jika Anda yakin bahwa file tersebut tidak berbahaya, Anda dapat mengizinkannya untuk diunduh.
Untuk melakukannya di Chrome, Anda harus mengklik Panah ditempatkan di sebelah Buang dan klik Keep. Demikian pula di Firefox, Anda harus memilih Buka.2] Pindai halaman web untuk malware
Jika Anda tidak dapat mempercayai antivirus Google Chrome dan ingin mencoba metode lain untuk memeriksa halaman. Gunakan pemindai URL online untuk memeriksa apakah halaman web aman atau menampung malware. Mereka memungkinkan Anda untuk menempelkan situs web dan memindainya dari malware atau virus. Ini pada dasarnya akan menggunakan antivirusnya untuk melakukan penyelidikan dan jika situs web tidak berbahaya, Anda dapat mengunduh aplikasi, jika tidak, lebih baik membuangnya.

Berikut adalah beberapa cara tambahan untuk memeriksa apakah Situs Web atau URL aman.
3] Pindai file menggunakan VirusTotal atau Jotti
Pindai file dengan Windows Defender atau antivirus Anda atau unggah ke layanan online untuk dipindai dengan beberapa mesin antivirus. Disarankan menggunakan layanan seperti VirusTotal atau Jotti.
4] Hapus Cache dan Browsing Data

Cache yang rusak dan data penelusuran dapat menyebabkan masalah khusus, termasuk yang dimaksud. Kami akan menghapusnya dan memulai ulang browser dan mudah-mudahan, itu akan menyelesaikan masalah. Untuk menghapus cache dan data penjelajahan di Chrome, Anda harus mengikuti langkah-langkah yang ditentukan.
Klik pada tiga titik vertikal dan pilih Setelan.Buka Keamanan dan Privasi dari panel kiri.Klik Hapus data penjelajahan.Pilih Rentang waktu ke Sepanjang waktu. Centang kotak yang terkait dengan file yang ingin Anda hapus dan klik tombol Hapus data.
Demikian pula, Anda dapat menghapus cache penjelajahan Firefox dan mencoba lagi.

Baca terkait: Penjelasan Google Chrome warnings in browser.

Mengapa file tidak diunduh di Chrome ?

Anda harus mengidentifikasi jenis kesalahan apa yang Anda dapatkan. Jika unduhan tidak dimulai, periksa bandwidth Anda dan perbaiki Internet yang lambat. Di sisi lain, antivirus memblokir file, coba solusi yang disebutkan di sini untuk menyelesaikan masalah. Kami juga menyarankan Anda untuk memeriksa panduan kami untuk memperbaiki kesalahan unduhan di Google Chrome, karena masalah ini terkadang memerlukan solusi khusus.

Bagaimana cara mengubah pengaturan unduhan default saya di Chrome?

Berikut adalah pengaturan yang akan kami ubah di Google Chrome.
Change Izin UnduhanUbah Lokasi UnduhanUbah Izin Unduhan PDF
Mari kita lihat cara melakukannya.
Mengubah Izin Unduhan

Untuk mengubah izin unduhan di Chrome, ikuti langkah-langkah yang ditentukan.
Buka Chrome dan buka Pengaturan.Buka Privasi & Keamanan > Pengaturan Situs > Izin Tambahan > Unduhan otomatis.Pilih Perilaku default.Ubah Lokasi Unduhan

Untuk mengubah lokasi unduhan Chrome, ikuti langkah-langkah yang ditentukan.
Buka Setelan Chrome.Klik Lanjutan > Unduhan.Ubah lokasi.Ubah Setelan Unduhan PDF.
Untuk mengubah setelan unduhan PDF, ikuti langkah-langkah ini.
Buka Chrome dan buka Setelan.Buka Privasi & S keamanan > Setelan Situs > Setelan konten tambahan > Dokumen PDF. Lakukan perubahan
Selesai!

Baca Juga: Unduhan sedang berlangsung, kata Chrome; Tapi tidak ada yang mengunduh.