FTP tidak berfungsi di browser Chrome, Firefox, atau Edge

Meskipun akses FTP tidak digunakan lagi dalam versi terbaru dari beberapa browser web, Anda mungkin ingin mengakses beberapa situs FTP di browser Anda. Namun, jika FTP tidak berfungsi di browser Chrome, Firefox, atau Edge, maka posting ini akan dapat menjelaskan subjeknya.

Kami memutuskan untuk menulis posting ini karena kami menerima email yang menanyakan mengapa FTP tidak berfungsi di browser mereka . Anda harus tahu bahwa opsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan pengaturan FTP telah ditinggalkan di browser Google Chrome sejak lama. Ini akan membuang-buang waktu jika Anda mencoba menemukannya di browser. Namun demikian, jika Anda menggunakan versi sebelumnya atau browser lain, maka Anda dapat mencoba saran berikut.

FTP tidak berfungsi di Chrome, Firefox, atau browser Edge

Jika FTP tidak berfungsi di browser Anda, ikuti langkah-langkah berikut:
Ketahui kredensialnyaAktifkan FTP di Windows FiturPeriksa pengaturan FTP di browser Firefox
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang langkah-langkah ini, lanjutkan membaca.
1] Mengetahui kredensial
Untuk menggunakan server FTP, Anda perlu mengetahui kredensial server tersebut. Tanpa mengetahui nama pengguna dan kata sandi, Anda mungkin tidak dapat mengakses server FTP di browser. Tidak masalah apakah Anda menggunakan Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Microsoft Edge, Anda tidak dapat masuk ke server tanpa mengetahui kredensialnya.

Namun, itu tidak berlaku saat Anda mencoba mengakses server FTP publik. Ada beberapa perusahaan yang menawarkan unduhan mereka melalui server FTP kepada publik. Dalam kasus seperti itu, Anda mungkin tidak perlu mengetahui nama pengguna dan kata sandi.
2] Aktifkan FTP di Windows Fitur

Untuk menggunakan FTP di browser, Anda perlu mengaktifkan tiga hal – Server FTP, Alat Manajemen Web, dan Layanan World Wide Web . Ketiganya adalah fitur opsional, dan tidak diaktifkan secara default. Baik Anda menggunakan Windows 11, Windows 10, atau versi Windows lainnya, Anda harus mengaktifkannya secara manual.

Tanpa mengaktifkan ketiga alat ini, Anda tidak akan dapat menggunakan FTP di browser. Baik itu server FTP pribadi atau FTP publik, Anda harus mengaktifkan ketiga fitur ini. Untuk informasi Anda, Anda tidak perlu mengunduh perangkat lunak pihak ketiga. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan panel Fitur Windows untuk menyelesaikan pekerjaan.

Untuk mengaktifkan FTP di Windows 11/10, ikuti langkah-langkah berikut:
Menelusuri fitur windows di kotak pencarian Taskbar.Klik hasil pencarian individual.Centang Internet Information Services checkbox.Pastikan ketiga kotak centang dicentang.Klik tombol OK.Restart komputer Anda.
Setelah itu, periksa apakah Anda dapat mengakses FTP di browser atau tidak.
3] Periksa pengaturan FTP di browser Firefox

Meskipun Google Chrome dan Microsoft Edge tidak menawarkan pilihan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan FTP di browser, Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan pengaturan ini di browser Firefox. Oleh karena itu, jika Anda menggunakan browser Mozilla Firefox, ikuti langkah-langkah berikut untuk mengaktifkan FTP:
Buka browser Firefox di komputer Anda.Masukkan about:config di bilah alamat.Klik tombol Accept the Risk and Continue.Search for ftp.Jika status disetel ke false, klik dua kali pada nilai untuk menyetelnya true.
Kemudian, mulai ulang komputer Anda dan periksa apakah itu menyelesaikan masalah atau tidak.

Baca: Cara mengakses Server FTP menggunakan Notepad++

Mengapa FTP tidak berfungsi di Chrome ?

Dari Google Chrome 81, perusahaan telah menghapus dukungan FTP untuk browser Google Chrome. Tidak mungkin menggunakan Google Chrome sebagai klien FTP. Untuk itu, Anda perlu menggunakan klien FTP khusus di komputer Anda.

Baca: Perangkat lunak Klien FTP Gratis Terbaik untuk Windows PC

Mengapa FTP tidak berfungsi Firefox?

Protokol FTP dinonaktifkan secara default di browser Mozilla Firefox versi terbaru. Jika Anda menggunakan versi terbaru browser ini, Anda harus mengaktifkannya secara manual. Untuk itu, buka panel Konfigurasi dan telusuri ftp. Kemudian, klik dua kali untuk menetapkan nilainya sebagai true.

Itu saja! Semoga panduan ini membantu.

Baca: Cyberduck: FTP, SFTP, WebDAV, klien Google Drive gratis untuk PC Windows.