Gagal membuka Alat Panel Kontrol BitLocker, Kesalahan 0x80004005 di Windows 11

Saat menyiapkan BitLocker di PC Windows 11/10, jika Anda mendapatkan kesalahan Failed to open the BitLocker control panel tool dengan kode 0x80004005, artikel ini akan memecahkan masalah tersebut. Apakah Anda mengalami kesalahan ini pada Windows 11 atau Windows 10, Anda harus mengikuti solusi yang sama di semua versi.

Seluruh pesan kesalahan mengatakan sesuatu seperti ini:

Gagal membuka alat panel kontrol BitLocker, Kode kesalahan: 0x80004005

Gagal membuka Kontrol BitLocker Alat Panel, Kesalahan 0x80004005

Untuk memperbaiki Alat Panel Kontrol BitLocker, Kode Kesalahan 0x80004005 pada Windows 11/10, ikuti saran berikut:
Periksa kompatibilitasAktifkan Layanan Enkripsi Drive BitLockerAktifkan pengaturan Kebijakan GrupAktifkan pengaturan Registry
Mari kita periksa langkah-langkah ini secara detail.
1] Periksa kompatibilitas
 

n hal pertama yang perlu Anda periksa ketika Anda mendapatkan kesalahan Failed to open the BitLocker control panel tool di komputer Anda. Jika Anda tidak menginstal komponen yang benar, Anda tidak akan dapat menggunakan BitLocker di komputer Anda. Yang terbaik adalah Anda dapat menemukan kompatibilitas ini tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Untuk memeriksa apakah komputer Anda kompatibel dengan BitLocker atau tidak, ikuti langkah-langkah berikut:
Telusuri informasi sistem di kotak pencarian Taskbar.Klik opsi Jalankan sebagai administrator.Klik tombol Ya di permintaan UAC. Temukan bagian Dukungan Enkripsi Perangkat .
Jika ditampilkan Meet penghasilan tambahan, Anda dapat menggunakan BitLocker di komputer Anda. Namun, jika menampilkan pesan lain yang menunjukkan ketidakcocokan, Anda tidak dapat menggunakan BitLocker di PC Windows 11/10.
2] Aktifkan Layanan Enkripsi Drive BitLocker

Ada layanan bernama Layanan Enkripsi Drive BitLocker, yang bertanggung jawab untuk menjalankan BitLocker di komputer Anda . Baik Anda menggunakan Windows 11 atau Windows 10, Anda harus menjalankan layanan ini di latar belakang untuk terus memiliki fasilitas BitLocker. Namun, jika dihentikan atau dimatikan karena alasan apa pun, Anda tidak akan dapat menggunakan BitLocker.

Oleh karena itu, ikuti langkah-langkah berikut untuk mengaktifkan Layanan Enkripsi Drive BitLocker:
Telusuri layanan di kotak pencarian Taskbar.Klik pada pencarian individual result.Klik dua kali pada Layanan Enkripsi Drive BitLocker.Klik tombol Start.Klik tombol OK.
Setelah itu, Anda akan dapat menggunakan BitLocker tanpa kesalahan apa pun.
3] Aktifkan setelan Kebijakan Grup

Anda perlu mengaktifkan autentikasi tambahan saat Anda masuk ke akun pengguna Anda. Jika tidak, Anda dapat menemukan kesalahan yang disebutkan di atas. Oleh karena itu, ikuti langkah-langkah berikut untuk mengaktifkan setelan yang sesuai:
Tekan Win+R untuk membuka perintah Jalankan. Ketik gpedit.msc dan tekan tombol Enter.Navigasikan ke jalur ini: Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > BitLocker Drive Encryption > Drive Sistem OperasiKlik dua kali pada setelan Memerlukan autentikasi tambahan saat memulai.Pilih opsi Diaktifkan.Centang kotak Izinkan BitLocker tanpa TPM yang kompatibel.Klik tombol OK.
Setelah itu, tutup semua jendela Editor Kebijakan Grup Lokal, dan mulai ulang komputer. Lain kali, Anda tidak akan menemukan masalah apa pun terkait BitLocker.

Catatan: Anda tidak perlu mengubah setelan lain, seperti Konfigurasi startup TPM, Konfigurasikan PIN mulai TPM, Konfigurasikan kunci startup TPM, dan seterusnya.
4] Enable Registry setting

Pengaturan yang sama, seperti di atas, dapat diatur menggunakan Registry Editor. Meskipun cukup memakan waktu untuk menggunakan metode Peninjau Suntingan Registri, Anda dapat memeriksa kapan Anda mendapatkan kesalahan yang disebutkan di atas dengan BitLocker. Jika metode GPEDIT tidak bekerja untuk Anda, Anda tentu dapat memilih metode Editor Registri.

Untuk mengaktifkan setelan Registri, ikuti langkah-langkah berikut:

Tekan Win+R untuk membuka dialog Jalankan.

Ketik regedit dan tekan tombol Enter.

Klik tombol Ya button.

Navigasi ke jalur ini:
HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREPoliciesMicrosoft
Klik kanan pada Microsoft > New > Key dan beri nama sebagai FVE.

Klik kanan pada FVE > Baru > DWORD (32-bit) Nilai

. .

Klik dua kali untuk menyetel data Nilai sebagai 1.

Buat lima nilai REG_DWORD lainnya.

Tetapkan nama dan data Nilai sebagai berikut:
UseAdvancedStartup: 1GunakanTPM: 2Gunakan TPMKey: 2Gunakan TPMKeyPIN: 2Gunakan untuk TPMKeyPIN: 2Gunakan dapatkan kembaliannya. Setelah itu, Anda akan dapat menggunakan BitLocker tanpa masalah di PC Windows 11 atau Windows 10 Anda.

Bagaimana cara mengaktifkan BitLocker di Panel Kontrol?

Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan BitLocker, Anda harus mengikuti panduan ini. Namun, komputer Anda harus memiliki dukungan enkripsi BitLocker. Jika tidak, Anda akan menemukan pesan kesalahan yang disebutkan di atas saat mengakses BitLocker. Untuk memeriksanya, Anda dapat mengikuti solusi pertama yang disebutkan dalam artikel ini.

Mengapa BitLocker tidak ada di Panel Kontrol saya?

Untuk menggunakan BitLocker di komputer Anda, Anda harus memiliki beberapa hal di baris. Misalnya, modul TPM atau Platform Tepercaya 1.2 (minimum) diperlukan. Di sisi lain, komputer Anda harus memiliki setidaknya dua partisi untuk mengenkripsi salah satunya. Jika PC Anda tidak memenuhi persyaratan ini, Anda tidak akan dapat menemukan BitLocker di Control Panel.

Semoga panduan ini membantu.

Baca:
Opsi Startup pada PC ini tidak dikonfigurasi dengan benar Kesalahan Bitlocker Masalah terjadi selama penyiapan BitLocker.