Game Minecraft LAN tidak berfungsi atau muncul

Jika game Minecraft LAN tidak berfungsi atau muncul, maka posting ini menawarkan saran untuk menyelesaikan masalah. Minecraft adalah gim video kotak pasir populer yang tersedia untuk Windows. Anda dapat memainkannya baik secara lokal maupun global. Ada banyak server online yang dapat Anda ikuti dan mainkan. Tetapi bagaimana jika Anda tidak ingin bermain online? Dalam situasi ini, Anda dapat membuat game lokal dan bermain offline. Dan, semua pemain yang terhubung ke jaringan lokal yang sama dapat bergabung dalam permainan. Tetapi saat menggunakan fitur ini, pengguna telah melaporkan bahwa game Minecraft LAN tidak berfungsi. Jangan khawatir jika Anda juga mengalami masalah yang sama. Coba solusi di bawah ini untuk menghilangkan masalah.

Game LAN Minecraft tidak berfungsi atau muncul

Di bawah ini adalah daftar semua solusi efektif untuk dicoba jika game Minecraft LAN tidak berfungsi atau muncul.
Hubungkan setiap komputer ke jaringan yang sama Daftar Putih Minecraft dari Windows FirewallUnduh pembaruan Driver Jaringan terbaruAktifkan Penemuan JaringanMatikan Isolasi Titik AksesJalankan versi yang sama di setiap sistemGunakan Minecraft Direct ConnectInstal ulang game
Sekarang, mari kita periksa semua solusi ini secara mendetail.
1] Hubungkan setiap komputer ke jaringan yang sama
Sebelum mencoba sesuatu yang teknis, Anda harus memastikan bahwa setiap komputer terhubung ke jaringan lokal yang sama. Masalahnya tampaknya terutama terjadi ketika komputer tidak terhubung ke jaringan yang sama. Jadi, lakukan yang diperlukan dan periksa apakah itu menyelesaikan masalah.
2] Daftar Putih Minecraft dari Windows Firewall
Alasan utama lain di balik masalahnya adalah Windows Firewall. Jika Minecraft diblokir di bawah Firewall, Anda akan menghadapi masalah yang dimaksud. Jadi, daftar putih Minecraft dari pengaturan Windows Firewall dan periksa apakah itu menyelesaikan masalah. Jika tidak, coba solusi selanjutnya.
3] Unduh pembaruan Driver Jaringan terbaru
Tidak memiliki Driver Jaringan terbaru juga dapat menjadi alasan utama untuk masalah tersebut. Anda harus mengunduh pembaruan Driver Jaringan terbaru untuk menyelesaikan masalah. Setelah Anda memperbarui driver, mulai ulang sistem Anda. Luncurkan game dan periksa apakah Anda masih menghadapi masalah.
4] Aktifkan Network Discovery

Hal berikutnya yang dapat Anda coba adalah mengaktifkan Network Discovery dari pengaturan Windows. Anda dapat melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.
Buka Start Menu, ketik Control Panel dan tekan tombol enter. Arahkan ke lokasi ini – Jaringan dan Internet > Jaringan dan Pusat Berbagi > Ubah pengaturan berbagi lanjutan. Tanda centang Aktifkan opsi penemuan jaringan di bawah baik Pribadi dan Tamu atau Publik.Klik Simpan perubahan.
Mulai ulang sistem Anda dan periksa apakah itu menyelesaikan masalah.

Lihat: Perbaiki Driver Minecraft Pesan kesalahan usang di PC
5] Matikan Isolasi Titik Akses

Sebagian besar router Wi-Fi menggunakan Isolasi Titik Akses sebagai keamanannya ukuran. Tetapi itu juga bisa menjadi alasan mengapa Anda menghadapi masalah yang disebutkan di Minecraft. Sebagai solusinya, Anda harus menonaktifkan fitur ini. Begini caranya.
Buka Command Prompt dalam mode administrator.Ketik ipconfig dan tekan tombol enter.Tuliskan IP Anda (ada di sebelah IPv4).Sekarang, buka browser apa saja dan masukkan alamat IP yang Anda catat.Masukkan kredensial login.Temukan Pengaturan isolasi AP, dan matikan.
Sekarang, reboot router Anda dan periksa apakah masalahnya sudah teratasi atau belum.
6] Jalankan versi yang sama di setiap system
Alasan utama lain di balik masalah ini adalah versi permainan yang berbeda. Ternyata, setiap orang harus memiliki versi Minecraft yang sama untuk terhubung ke jaringan lokal. Jika bukan ini masalahnya, tidak mengherankan Anda menghadapi masalah. Jadi, periksa versi Minecraft dan perbarui jika perlu.

Lihat: Perbaiki Kesalahan Peluncur Minecraft 0x803f8001
7] Gunakan Minecraft Direct Connect

Anda dapat menggunakan fitur koneksi Minecraft Direct untuk menyelesaikan masalah. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti.
Untuk memulai, catat alamat IP komputer Anda (langkah-langkah yang disebutkan dalam solusi 5).Buka Minecraft, dan catat nomor Port yang muncul di layar.Klik Direct Connect, dan masukkan alamat IP dan nomor Port.
Baca: Perbaiki Minecraft game mogok dengan Kode Keluar 0
8] Instal ulang game
Jika tidak ada langkah yang membantu, Anda dapat melanjutkan dengan menginstal ulang game. Masalahnya dapat disebabkan karena kesalahan instalasi. Dalam hal ini, menginstal ulang gim adalah hal terbaik yang dapat Anda coba.

Mengapa gim Minecraft LAN tidak berfungsi?

Ada beberapa alasan mengapa gim Minecraft LAN tidak berfungsi. Namun di antara semuanya, penyebab utama sering ditemukan adalah driver jaringan yang sudah ketinggalan zaman. Masalah juga akan terjadi jika game diblokir di bawah pengaturan Firewall. Sangat mudah untuk menghilangkan masalahnya.

Mengapa teman saya tidak dapat bergabung dengan dunia Minecraft LAN saya?

Ada dua alasan utama mengapa teman Anda tidak dapat bergabung dengan dunia Minecraft LAN Anda. Pertama, dia tidak terhubung ke jaringan LAN yang sama. Kedua, Anda berdua memiliki versi game yang berbeda yang diinstal pada sistem Anda.

Baca Selanjutnya: Minecraft tidak diinstal pada PC Windows.