GeForce Experience ShadowPlay tidak merekam audio gameplay

NVIDIA ShadowPlay (alias NVIDIA Share) memberikan gamer PC Windows 11 atau Windows 10 perekaman game yang mudah, streaming langsung, dan bahkan overlay penghitung FPS. Utilitas dapat secara otomatis menyimpan game di latar belakang atau sesuai permintaan. Jika GeForce Experience ShadowPlay tidak merekam audio gameplay, maka posting ini dimaksudkan untuk membantu Anda dengan solusi yang paling sesuai.

Masalah ini dapat terjadi karena salah satu alasan berikut;
Perangkat audio yang salah dipilih untuk NVIDIASuara sistem dimatikanAplikasi GeForce Experience rusak atau buruk instalasi Instalasi
GeForce Experience ShadowPlay tidak merekam audio gameplay

Jika GeForce Experience ShadowPlay tidak merekam audio gameplay di rig game Windows 11/10 Anda, Anda dapat mencoba solusi yang kami rekomendasikan di bawah ini tanpa urutan tertentu dan lihat apakah itu membantu menyelesaikan masalah pada sistem Anda.
Initial checklistRun Recording Audio TroubleshooterRestart Windows Audio serviceUbah perangkat output audio default dan konfigurasikan pengaturan ShadowPlay AudioCopot dan Instal GeForce Experience
Mari kita lihat deskripsi proses yang terlibat terkait setiap solusi yang terdaftar.
1] Daftar periksa awal
Sebelum Anda mencoba solusi di bawah ini, Anda dapat melakukan hal berikut, dan setelah setiap tugas, lihat apakah Anda sekarang dapat merekam audio permainan di NVIDIA ShadowPlay tanpa masalah:
Periksa persyaratan sistem. Aplikasi GeForce Experience membutuhkan konfigurasi minimal. Jadi, periksa spesifikasi sistem game Anda untuk memastikannya kompatibel. Anda dapat memeriksa spesifikasi Anda melalui perangkat lunak di bagian Umum. Perlu diingat bahwa beberapa seri GPU tidak sepenuhnya kompatibel dengan teknologi ShadowPlay – Anda akan memerlukan GPU GeForce GTX 650 atau lebih baik karena teknologi ini didasarkan pada pedal gas penyandian video NVENC khusus. Periksa pengaturan izin mikrofon. Pastikan Izinkan aplikasi menggunakan mikrofon diaktifkan di aplikasi Pengaturan di perangkat Anda. Mulai ulang PC. Memulai ulang PC Anda dengan cepat dapat menghapus kesalahan perangkat lunak apa pun yang mungkin menyebabkan masalah tersebut. Jalankan GeForce Experience dengan hak istimewa admin. Anda dapat menjalankan aplikasi GeForce Experience dengan hak istimewa admin untuk memastikan aplikasi memiliki izin yang memadai untuk menjalankan komponennya. Perbarui Windows. Kami menyarankan Anda memeriksa pembaruan dan menginstal bit yang tersedia pada perangkat game Windows 11/10 Anda, dan pastikan versi GeForce Experience yang diinstal kompatibel dengan versi Windows yang diinstal/build.
Related: GeForce Experience ShadowPlay recording not working
2] Jalankan Recording Audio Troubleshooter
Untuk memperbaiki masalah dan masalah suara dan audio di Windows 11/10, Anda dapat menjalankan Troubleshooter, dalam hal ini, Recording Audio Troubleshooter.

Untuk menjalankan Recording Audio Troubleshooter di perangkat Windows 11 Anda, lakukan hal berikut:

Tekan tombol Windows + Saya untuk membuka aplikasi Setelan. Arahkan ke Sistem > Pemecahan Masalah > Pemecah masalah lainnya. Di bawah bagian Lainnya, temukan Recording Audio.Klik tombol Run.Ikuti petunjuk di layar dan terapkan perbaikan yang disarankan.
Untuk menjalankan Recording Audio Troubleshooter di PC Windows 10 Anda , lakukan hal berikut:

Tekan tombol Windows + I untuk membuka aplikasi Setelan.Buka Pembaruan dan Keamanan.Klik Pemecah Masalah tab.Gulir ke bawah dan klik Merekam Audio.Klik tombol Jalankan pemecah masalah.Ikuti petunjuk di layar dan terapkan perbaikan yang disarankan.
Selain itu, Anda dapat mengubah Pengaturan Suara di perangkat dan melihat apakah Anda bisa mendapatkan audio yang lebih baik.

Baca: NVIDIA Share tidak merespons atau telah berhenti bekerja
3] Mulai ulang layanan Windows Audio

Beberapa kasus GeForce Experience ShadowPlay yang dilaporkan tidak merekam audio gameplay pada Windows 11/10 disebabkan oleh layanan audio yang dinonaktifkan. Dalam hal ini, untuk mengatasi masalah tersebut, Anda harus memulai atau memulai ulang Windows Audio Service sesuai kasusnya. Untuk melakukan tugas ini, lakukan hal berikut:
Tekan tombol Windows + R untuk menjalankan dialog Run.Dalam kotak dialog Run, ketik services.msc dan tekan Enter untuk membuka Services Manager. Di jendela Services, scroll dan temukan layanan Windows Audio .Klik dua kali pada entri untuk mengedit propertinya. Di jendela properti, klik tarik-turun pada Jenis startup dan pilih Otomatis. Selanjutnya, pastikan layanan dimulai. Jika sudah dimulai, mulai ulang layanan.Klik Terapkan > OK untuk menyimpan perubahan.Ulangi langkah-langkah di atas untuk layanan Windows Audio Endpoint Builder.Mulai ulang PC saat selesai.
Jika masalah dalam tampilan belum teratasi, coba solusi berikutnya.
4] Ubah default perangkat output audio dan konfigurasikan pengaturan Audio ShadowPlay

ShadowPlay akan merekam pemutaran pada perangkat audio default apa pun yang Anda atur dalam pengaturan audio Windows. jika Anda masuk ke dalam game, Anda juga memiliki opsi untuk mengubah tempat untuk mengeluarkan audio Anda. jika misalnya, Anda memiliki perangkat suara speaker normal untuk Windows, tetapi dalam game Anda mungkin telah mengubahnya menjadi headphone, maka ShadowPlay tidak akan merekam pada headphone, tetapi akan merekam pada perangkat audio default Windows yang dalam hal ini be no audio/sound.

Solusi ini mengharuskan Anda mengubah perangkat output untuk aplikasi NVIDIA ke output audio default yang sedang atau akan Anda gunakan dalam game. Untuk melakukan tugas ini, pastikan Perangkat Output Suara diaktifkan di sistem Anda, lalu ikuti petunjuk dalam panduan tentang cara mengubah Perangkat Output Suara Default. Selain itu, ubah volume suara sistem dan pastikan tidak disetel ke nol. Dalam pengaturan Audio ShadowPlay, Anda dapat mengubah opsi Mode, Waktu bayangan, Kualitas dan Audio (pastikan untuk memilih mikrofon yang benar digunakan) sesuai kebutuhan Anda untuk output yang optimal; dan dalam game atur opsi untuk Gunakan pengaturan sistem default.
5] Copot Pemasangan dan Instal GeForce Experience
Solusi ini mengharuskan Anda untuk mencopot pemasangan aplikasi GeForce Experience. Setelah proses uninstall, reboot PC Anda, lalu unduh dari situs resmi NVIDIA versi terbaru perangkat lunak dan instal di perangkat Anda.

Jika menginstal ulang NVIDIA GeForce Experience tidak menyelesaikan masalah, Anda dapat menggunakan perangkat lunak Perekaman Game alternatif sementara itu, saat Anda menghubungi dukungan NVIDIA untuk bantuan tambahan.

Pos terkait: Perbaiki OBS tidak menangkap Audio Game di Windows

Bagaimana cara merekam audio Discord pada pengalaman GeForce?

Untuk mengonfigurasi ShadowPlay untuk merekam obrolan Anda di Discord, Skype, atau program obrolan lainnya, buka up pengaturan Anda dan ketika Anda memilih perangkat audio pastikan itu memiliki audio “Game” bukan audio “Chat” yang dipilih.

Bagaimana Anda merekam Discord dan audio game secara terpisah di ShadowPlay?

Buka pengaturan Suara, di tab Playback Anda akan melihat semua perangkat audio Anda tersedia. Anda harus memilih audio perangkat Komunikasi dan audio Default sebagai dua perangkat berbeda. ShadowPlay akan merekam dari Perangkat Audio Default.