Google Drive untuk Desktop tidak disinkronkan di PC Windows

Postingan ini mencakup apa yang harus dilakukan jika Google Drive untuk Desktop tidak disinkronkan pada Windows 11/10. Tanpa berpikir dua kali, hampir tidak mungkin menemukan pesaing untuk Google Drive. Dari jumlah penyimpanan gratis yang baik, keamanan yang kuat hingga paket berbayar yang murah, semuanya luar biasa tentang Google Drive. Namun di atas semua itu, yang menjadikan layanan cloud raja pasar adalah ketersediaannya di hampir semua platform. Google Drive memiliki aplikasi khusus untuk Android, iOS, dan desktop. Namun, seperti aplikasi lainnya, ia juga memiliki masalah. Banyak pengguna memiliki keluhan dengan aplikasi desktop Google Drive. Lebih tepatnya, pengguna menghadapi kesulitan menyinkronkan Google Drive dengan PC Windows. Jadi, jika Anda juga mengalami masalah yang sama, lanjutkan dengan panduan untuk menghilangkan masalah.

Google Drive untuk Desktop tidak sinkron di Windows PC

Jika Google Drive untuk Desktop tidak menyinkronkan data di PC Windows, inilah yang harus dilakukan.
Pause Sinkronisasi Google DriveCoba jaringan lainMulai ulang Google DriveHapus file Cache Google DriveUbah pengaturan Proksi Google DriveUbah Batasan Bandwidth Daftar Putih Google Drive dari pengaturan Windows FirewallPeriksa status penyimpanan
Sekarang, mari kita periksa semua solusi ini secara mendetail.
1] Jeda Sinkronisasi Google Drive

Langkah pertama adalah menjeda sinkronisasi proses sementara. Ini adalah solusi sederhana namun efektif untuk menyingkirkan masalah ini. Anda dapat melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.
Klik ikon Google Drive yang ada di baki sistem.Ketuk ikon roda gigi yang ada di sudut kanan atas jendela.Dari menu konteks, pilih opsi Jeda sinkronisasi.Sekarang, mulai ulang PC > klik ikon Google Drive dari area baki sistem > Ikon roda gigi > Lanjutkan Syncing.
Periksa apakah masalah sudah teratasi atau belum.
2] Coba jaringan lain
Beralih ke koneksi lain adalah solusi sederhana lainnya untuk memperbaiki masalah. Ternyata, jika Anda terhubung ke koneksi internet yang lemah, Google Drive akan menghadapi kesulitan dalam menyinkronkan data di PC Windows Anda. Untuk memperbaiki masalah ini, alihkan koneksi jaringan Anda, dan periksa apakah ada bedanya.

Baca: Cara memindahkan file dari OneDrive ke Google Drive
3] Mulai ulang Google Drive

Hal berikutnya yang dapat Anda lakukan adalah keluar dari Google Drive dari area baki sistem. Menurut banyak pengguna, memulai ulang Google Drive lagi telah memecahkan masalah pencadangan. Dengan demikian, Anda dapat melalui proses yang sama dan memeriksa apakah itu membantu Anda atau tidak. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk menyelesaikan pekerjaan.
Klik area baki sistem yang ada di bilah tugas.Ketuk di Google Drive.Klik ikon roda gigi dan pilih opsi Keluar dari menu konteks.Tunggu beberapa menit .Buka menu mulai dan cari Google Drive. Ini akan secara otomatis tercermin di area baki sistem dalam beberapa detik.
Sekarang, periksa apakah sudah mulai menyinkronkan data atau belum.
4] Hapus file Cache Google Drive

Seperti aplikasi Windows lainnya, Google Drive juga membuat dan menyimpan data cache . File-file ini membantu menawarkan pengalaman pengguna yang lebih cepat dan lancar. Tetapi pada saat yang sama, jika data ini rusak karena suatu alasan, mereka akan menimbulkan masalah yang berbeda, termasuk masalah sinkronisasi. Dalam situasi ini, hal terbaik yang dapat Anda coba adalah menghapus semua file cache ini. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini.
Tekan tombol pintasan Windows + R untuk membuka kotak dialog Run.Copy-paste kode yang disebutkan di bawah ini dan tekan enter. %LOCALAPPDATA%GoogleKlik kanan hanya folder DriverFS dan pilih opsi Hapus.
Itu saja. Sekarang, mulai ulang sistem Anda, dan periksa apakah Google Drive telah mulai menyinkronkan file Windows Anda atau belum.

Lihat: Cara Memblokir seseorang di Google Drive
5] Mengubah setelan Proksi Google Drive

Setelan proxy yang salah dikonfigurasi adalah alasan utama lain di balik masalah yang disebutkan. Untuk memperbaiki masalah, ikuti langkah-langkah di bawah ini.
Ketuk ikon Google Drive yang ada di baki sistem.Klik ikon roda gigi dan pilih opsi Preferensi.Klik ikon roda gigi lagi yang ada sebelum gambar profil Anda.Klik pada Koneksi langsung opsi yang ada di bawah Pengaturan proxy. Ketuk Simpan untuk menerapkan perubahan yang dibuat.6] Ubah Batasan Bandwidth

Google Drive hadir dengan opsi untuk membatasi bandwidth unggah dan unduh. Meskipun ini adalah fitur yang mengesankan, pada saat yang sama, itu juga dapat memiliki efek buruk. Segera setelah Google Drive mencapai batas bandwidth unggahan, proses sinkronisasi akan dihentikan secara otomatis. Untuk memperbaiki masalah, Anda harus mengangkat batasan bandwidth unggahan. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti.
Navigasi ke Google Drive > Ikon roda gigi > Preferensi > Ikon roda gigi.Di bawah setelan Bandwidth, hapus centang pada opsi Kecepatan unggah.Ketuk Simpan untuk menerapkan perubahan yang dibuat.
Periksa apakah masalah berlanjut.

Baca: Cara memperbaiki masalah pengunggahan file di Google Drive
7] Daftar Putih Google Drive dari Pengaturan Firewall Windows
Jika Google Drive diblokir di bawah pengaturan firewall Windows, Anda akan menghadapi masalah sinkronisasi pada PC Windows Anda. Anda harus mengizinkan Google Drive dari pengaturan Windows Firewall untuk memperbaiki masalah. Begini caranya.
Buka menu mulai dan cari Windows Defender Firewall.Klik opsi Izinkan aplikasi atau fitur melalui Windows Defender Firewall yang ada di panel kiri layar.Klik opsi Ubah setelan.Klik Izinkan yang lain app.Ketuk Browse di menu konteks yang muncul.Navigasi tempat Anda menginstal Google Drive dan pilih file DriveFS.exe.Klik Add, lalu OK.
Luncurkan Google Drive dan periksa apakah masalahnya sudah diperbaiki atau belum.
8 ] Periksa status penyimpanan

Jika Anda memiliki paket gratis Google Drive, Anda akan ditawari penyimpanan gratis sebesar 15 GB. Dan kita semua tahu betapa mudahnya mengisi 15 GB saat ini dengan cepat. Jadi, jika Anda telah melampaui batas penyimpanan, Google Drive akan gagal menyinkronkan file lagi dari Windows. Dalam hal ini, hal terbaik yang dapat Anda coba adalah mengosongkan sebagian ruang atau menggunakan paket berbayar.

Terkait: Memperbaiki kesalahan Pencadangan dan Sinkronisasi Google

Mengapa Google Drive saya tidak disinkronkan ke desktop saya?

Ada beberapa alasan mengapa Google Drive tidak disinkronkan pada PC Windows Anda. Tetapi di atas semua itu, alasan utamanya adalah kurangnya penyimpanan. Jika Anda telah melampaui batas penyimpanan, Google Drive akan gagal menyinkronkan data lebih lanjut. Bersamaan dengan ini, pengaturan proxy yang salah dikonfigurasi, bandwidth terbatas, dan file cache yang rusak, apa pun dapat bertanggung jawab atas masalah yang disebutkan.