Haruskah saya membeli iPad atau laptop? Manfaat keduanya dibahas

Ketika Apple memperkenalkan iPad Pro dengan chip M1-nya sendiri pada tahun 2021, sebuah pertanyaan yang muncul selama hampir satu dekade muncul, haruskah saya membeli iPad atau Laptop? Dalam posting ini, kami akan menjawab pertanyaan ini dan mendiskusikan setiap detail yang perlu diketahui tentang kedua produk tersebut. Kami akan membahas manfaat dari kedua perangkat tersebut, sehingga memudahkan Anda dalam mengambil keputusan pembelian.

Perbandingan iPad vs Laptop

Sebelum membuat keputusan pembelian, dan sebelum menjawab pertanyaan, sebaiknya Anda membeli iPad atau Laptop, ada beberapa hal kita harus pergi. Berikut ini adalah parameter yang akan kami bandingkan di iPad dan Laptop.
PortabilityPerformance for PriceSoftwareDesign
Mari kita bicarakan secara detail.
1] Portabilitas

Laptop adalah alternatif portabel untuk komputer desktop. Awalnya, mereka menjadikan menjaga portabilitas sebagai salah satu tujuan utama, bahkan sekarang, produsen berusaha untuk membuat ultrabook mereka seringan dan setipis mungkin. Namun, jika dibandingkan dengan iPad ultralight dan ramping, mereka akan selalu gagal. Satu hal yang juga perlu diingat adalah, untuk mendapatkan pengalaman komputer penuh, Anda perlu memasang keyboard ke layar iPad. Yang akan meningkatkan berat dan ketebalannya sedikit, tetapi tetap akan lebih ringan dan lebih ramping daripada kebanyakan laptop.

Aspek Portabilitas lain yang tidak dibicarakan oleh sebagian besar pengulas adalah kemampuan untuk menggunakan perangkat di mana saja. Meskipun tidak disarankan untuk menggunakan laptop Anda sambil meletakkannya di pangkuan Anda karena alasan biologis, Anda masih dapat melakukannya jika Anda mau, dan pengalamannya akan baik-baik saja. Tetapi hal yang sama tidak dapat dikatakan tentang kombo iPad + Keyboard. Karena sebagian besar berat perangkat ada di layar, sangat sulit untuk menggunakannya saat diletakkan di pangkuan Anda.

Argumen lain dapat dibuat, kebanyakan laptop tidak dapat digunakan secara vertikal atau diletakkan di atas meja, jadi itu tergantung pada Anda dan apa yang Anda ingin komputer Anda lakukan.
2] Performa untuk Price
Kami tidak dapat berbicara tentang performa mentah karena meskipun ada opsi terbatas di dunia iPad, di dunia laptop, ada miliaran opsi mulai dari anggaran akhir hingga tinggi -akhir. Ketika berbicara tentang kinerja-untuk-harga, Anda akan melihat bahwa iPad menawarkan sedikit lebih banyak nilai untuk uang. iPad Air dengan chip M1 mulai dari $599 dan Macbook Air M1 mulai dari $999 (kadang-kadang Anda bisa mendapatkannya dengan harga $899). Di dunia Windows, jumlah kinerja yang sama dapat dibeli di mana saja dari sekitar $800 hingga $1000. Jadi, ya, Price-to-Performance sedikit lebih baik di iPad tetapi jika menyangkut kinerja maksimum yang dapat dicapai, tidak ada perbandingan, laptop jauh di depan iPads.
3] Software
Ada banyak sekali aplikasi yang tersedia di keduanya perangkat. Di iPad, Anda mendapatkan App Store dengan segala kemegahannya. Ada banyak game dan aplikasi yang tertanam di toko. Namun, jika Anda adalah seseorang yang ingin menggunakan beberapa aplikasi paling canggih seperti Final Cut Pro, Microsoft Visual Studio Code, dll, Anda memerlukan laptop. Ada beberapa batasan yang sangat menonjol dengan iPadOS yang membuat perangkat tidak cukup untuk pengembang, editor video, dan profesi lain yang membutuhkan perangkat lunak profesional.
4] Design

Meskipun desain atau tampilan bersifat subjektif, orang tidak dapat menghindari fakta bahwa iPad memang terlihat jauh lebih baik daripada kebanyakan laptop. Desain datar semua aluminium terlihat ramping dan bezel tipis adalah ceri di atasnya. Meskipun desain Laptop sedikit lebih praktis, port lebih banyak, dan distribusi bobot lebih baik. Namun, penghargaan desain akan tetap diberikan pada sasis aluminium ramping iPad.

Apa keunggulan laptop dibandingkan iPad?

Ada banyak hal yang mungkin Anda inginkan dari sebuah laptop dan iPad dengan OS yang terbatas hanyalah tidak cukup. Kami telah menyebutkan beberapa di antaranya di bawah, tetapi perlu diingat bahwa daftarnya tidak lengkap.
Programming: iPad bukan komputer yang cukup untuk developer. Tidak ada aplikasi kaya fitur dan solusinya tidak cukup. Bahkan jika Anda seorang amatir, kami tidak akan menyarankan Anda untuk menggunakan iPad di atas laptop untuk pengkodean. Game: Meskipun game seluler adalah suatu hal, itu tidak dapat dibandingkan dengan perpustakaan besar yang Anda dapatkan di PC. Ada laptop gaming khusus dengan kinerja berkelanjutan yang sangat baik untuk kebutuhan game Anda. Pengeditan Video: Editor video profesional tidak dapat bertahan hanya dengan iPad. Anda dapat memasukkan rekaman kecil di iMovie untuk iPad dan membuat beberapa penyesuaian kecil, tetapi jika Anda ingin bermain dengan rekaman 4k besar di Adobe Premiere atau Final Cut Pro, laptop adalah caranya.Virtualisasi: Jika Anda adalah seseorang yang membuat desktop virtual dan menggunakan beberapa sistem operasi, dapatkan Laptop. Seharusnya tidak ada diskusi, terlepas dari seberapa kuat iPad Anda – laptop memiliki perangkat lunak yang lebih baik dalam hal ini.
Ini adalah beberapa keuntungan dari Laptop, tetapi masih banyak lagi.

Apa keuntungan memiliki iPad?

Ada beberapa keuntungan mendapatkan iPad juga, beberapa yang utama tercantum di bawah ini.
Catatan: iPad dengan Apple Pencil mungkin adalah notebook virtual terbaik di luar sana. Ringan, dan mudah dibawa dari kelas ke kelas, juga, membuat catatan matematika di laptop sama sekali tidak mudah. ​​Menyenangkan untuk digunakan: Apakah saya atau menggunakan iPad Pro dengan kecepatan refresh 120 Hz jauh lebih menarik daripada bahkan laptop gaming 144 Hz? Saya tidak tahu tentang Anda, tetapi iPad hanya menyenangkan untuk digunakan. UI yang lebih baik: iPad dibuat untuk pasar massal, bahkan pengguna paling amatir, seperti anak-anak atau orang tua yang memasuki dunia teknologi dapat menggunakan perangkat ini dengan mudah. Namun, ini subjektif, karena jika “UI yang Lebih Baik” berarti lebih banyak fitur, maka Anda mungkin harus mempertimbangkan kembali untuk mendapatkan iPad. Pengeditan atau Gambar Foto: Karena fakta bahwa iPad adalah layar sentuh raksasa, lebih baik untuk editor foto atau seniman. Anda dapat menggunakan Apple Pencil untuk menggambar dan menyesuaikan kontras, kecerahan, rona, dan semua hal lainnya. Meskipun Anda dapat mengedit foto di laptop juga, ada beberapa alat profesional di macOS dan Windows untuk tujuan tersebut, tetapi mengedit lebih menyenangkan di iPad, ditambah Anda juga mendapatkan Apple Pencil
yang sangat responsif Semoga, sekarang Anda memiliki gambaran yang lebih baik tentang perbedaan antara iPad dan Laptop.

Apakah layak membeli iPad daripada laptop?

Keputusan pembelian Anda harus bergantung pada kebutuhan Anda. Jika Anda mendapatkan perangkat untuk kasus penggunaan profesional seperti pengkodean, pengeditan video, dll, maka laptop adalah yang Anda butuhkan. Tetapi jika Anda bukan seorang profesional atau Anda sudah memiliki perangkat yang dapat melakukan segala hal yang berhubungan dengan pekerjaan, maka iPad adalah cara yang tepat. Kiat Pro: jika Anda seorang editor foto atau artis, iPad adalah perangkat yang secara objektif lebih baik untuk Anda.

Catatan: Jika alur kerja Anda tidak mengharuskan Anda untuk memiliki laptop, periksa Chromebook, karena harganya lebih murah daripada laptop dan iPad dan memiliki keyboard yang lebih baik daripada iPad.

Baca: Laptop vs Desktop – Mana yang Lebih Baik? Perbedaan dibahas.