Haruskah UPS dicolokkan ke Surge Protector?

Selama bertahun-tahun orang bertanya-tanya apakah masuk akal untuk menyambungkan UPS ke pelindung lonjakan arus. Belum ada jawaban yang pasti karena beberapa orang merekomendasikan memasang UPS ke pelindung lonjakan arus, sementara yang lain tidak. Sekarang, jawaban atas pertanyaan ini tidak mudah dan ada alasan bagus untuk itu.

Setiap orang memiliki alasan mengapa UPS harus dihubungkan ke pelindung lonjakan arus atau tidak, dan dari apa yang telah kita lihat sejauh ini, setiap sisi dari spektrum memiliki titik padat. Jadi, kami akan berbagi dengan Anda semua informasi yang diperlukan untuk membuat keputusan singkat. Apakah UPS harus dipasang ke Surge Protector? Informasi berikut akan membantu Anda memutuskan:

Apa itu UPS?

Bagi mereka yang baru mengenal platform ini, UPS adalah singkatan dari Uninterruptible Power Supply, dan merupakan perangkat yang menyediakan cadangan baterai untuk peralatan apa pun yang terhubung dengannya, misalnya, komputer. Anda lihat, setiap kali terjadi kegagalan daya, UPS akan mengaktifkannya untuk memastikan komputer Anda tidak mati tiba-tiba.

Pengguna kemudian akan memiliki beberapa menit atau jam untuk menyelesaikan apa yang mereka lakukan, dan kemudian melakukan shutdown biasa komputer tanpa khawatir. Selain itu, kami harus memperhatikan bahwa sebagian besar perangkat UPS dilengkapi dengan Pengaturan Tegangan Otomatis, sebuah fitur yang dirancang untuk melindungi komputer Anda dari listrik yang tidak stabil.

Apa itu pelindung lonjakan arus?

OK, jadi pelindung lonjakan arus adalah produk yang mirip dengan soket ekstensi, tapi jauh lebih baik. Perangkat ini memiliki kemampuan untuk melindungi komputer dan perangkat lain yang terhubung dari lonjakan listrik yang tiba-tiba. Lonjakan cenderung terjadi saat daya hilang tetapi kembali beberapa detik setelahnya. Jika banyak perangkat keras listrik Anda tidak terlindungi, maka perangkat tersebut dapat mengalami kerusakan yang tidak dapat diperbaiki.

Beberapa pabrikan setuju untuk memasangkan UPS Anda ke pelindung lonjakan arus

Beberapa pabrikan telah menjelaskan bahwa pengguna dapat menyambungkan UPS mereka ke pelindung lonjakan arus jika mereka mau. Ini bertentangan dengan pendapat umum, tetapi dari sudut pandang kami, ini sangat masuk akal, jadi mari kami jelaskan alasannya.

Ini masalahnya, sistem UPS bukan hanya cadangan baterai untuk mencegah komputer Anda mati tiba-tiba. Mereka juga dilengkapi dengan pelindung lonjakan bawaan, dan fitur ini memenuhi Standar IEEE, jadi sebagian besar akan percaya bahwa semua sistem UPS sudah memiliki fitur ini, jadi mengapa menyambungkannya ke produk pihak ketiga? sebagian besar produk UPS, menurut Eaton, produsen UPS yang populer, adalah yang terbaik kelas dua, dan karena itu, tidak boleh dipandang sebagai sarana utama untuk melindungi perangkat yang terhubung.

Jadi, pada akhirnya, pelindung lonjakan mandiri adalah diperlukan karena bahkan perangkat UPS juga membutuhkan perlindungan dari lonjakan listrik. hal-hal yang perlu dikatakan tentang masalah tersebut.

Mereka percaya bahwa memasukkan UPS Anda ke pelindung lonjakan arus dapat menyebabkan keausan baterai lebih cepat. Ini karena UPS ketika dicolokkan ke pelindung lonjakan arus, dapat beralih ke mode daya baterai tanpa kegagalan jaringan, atau karena distribusi daya yang tidak merata. Masalahnya, hal di atas hanya terjadi ketika peralatan berat dihubungkan ke outlet tambahan di pelindung gelombang. Oleh karena itu, aman untuk berasumsi bahwa jika UPS dicolokkan ke pelindung lonjakan arus yang tidak mengandung elektronik lain, semuanya akan berjalan dengan baik.

Haruskah semuanya dicolokkan ke pelindung lonjakan arus?

Tidak, ada banyak peralatan yang tidak memerlukan pelindung gelombang, atau Anda harus menggunakan pelindung gelombang dengan mereka. Namun, Anda dapat menggunakan pelindung gelombang untuk melindungi UPS Anda dari fluktuasi yang tidak perlu. Disarankan untuk membaca artikel ini untuk mengetahui lebih banyak tentang pelindung lonjakan arus dan kombinasi UPS. Selain itu, jika pabrikan UPS Anda belum memberikan informasi konkret tentang masalah tersebut, pastikan pelindung lonjakan arus tidak memiliki koneksi lain di luar UPS, terutama yang membutuhkan banyak daya listrik.

BACA: Perbedaan Antara UPS & Inverter – Mana yang lebih baik?
Apa yang tidak boleh Anda pasang ke pelindung lonjakan arus?

Sistem UPS memang bagus, tetapi tidak dibuat untuk peralatan yang menggunakan banyak daya untuk bekerja. Orang-orang harus berhati-hati terhadap perangkat apa pun yang melebihi peringkat VA/Watt unit atau baterai akan terkuras lebih cepat dari yang diharapkan. Beberapa peralatan yang harus dihindari adalah sebagai berikut:
Printer laserPemanas ruangan Mesin fotokopi Penghancur kertasVakumPengeriting rambut
Jangan pernah menyambungkannya ke UPS jika Anda menginginkan kinerja terbaik dari perangkat.