Headphone Bluetooth muncul sebagai dua perangkat di Windows 11/10

Beberapa pengguna melaporkan bahwa headphone Bluetooth muncul sebagai dua perangkat di Windows 11/10 mereka. Ketika masalah ini terjadi, kualitas audio akan terpengaruh, yang dapat membuat frustasi. Jika Anda mengalami masalah serupa di perangkat Windows, matikan komputer dan headset, tunggu beberapa detik, lalu hidupkan kembali. Jika masalah berlanjut, lihat panduan ini untuk bantuan.

Headphone Bluetooth muncul sebagai dua perangkat di PC

Jika headphone Bluetooth muncul sebagai dua perangkat di Windows 11/10, Anda dapat mencoba yang berikut:
Periksa Layanan BluetoothMatikan dan hidupkan BluetoothJalankan Pemecah Masalah BluetoothNonaktifkan Peningkatan AudioPeriksa pembaruan
Sekarang mari kita lihat lebih dekat:
1] Periksa Layanan Bluetooth

Jika layanan Bluetooth tidak berfungsi dengan benar, Anda mungkin melihat headphone Bluetooth muncul sebagai dua perangkat. Dalam kasus seperti itu, Anda harus memeriksa bahwa setiap layanan yang tercantum di bawah ini berjalan. Selain itu, jika layanan aktif dan berjalan, Anda dapat memulai ulang. Ini adalah bagaimana Anda dapat melakukannya:
Buka Windows Services Manager. Langkah selanjutnya adalah memeriksa apakah setiap layanan berikut berjalan: Layanan Bluetooth Audio Gateway Layanan Dukungan Bluetooth Layanan Dukungan Pengguna BluetoothSemua 3 di atas harus memiliki jenis Startup dan Manual (pemicu Mulai )Tutup jendela Layanan setelah melakukan itu dan lihat apakah masalah telah teratasi.
Lihat di bawah untuk penjelasan terperinci:

Untuk memulai, buka jendela Layanan terlebih dahulu. Untuk ini, tekan tombol Windows + I pintasan keyboard untuk membuka kotak dialog Run. Di kotak teks, ketik services.msc, lalu klik OK.

Di jendela Services, klik dua kali Bluetooth Audio Gateway Service untuk membuka jendela Properties-nya. Buka status Layanan di dalam jendela Properties dan kemudian klik tombol Start untuk menjalankannya. Jika sudah berjalan, hentikan dulu, lalu mulai lagi. Dengan cara yang sama, klik dua kali Layanan Dukungan Bluetooth dan periksa apakah itu berfungsi dengan benar. Lakukan hal yang sama untuk Layanan Dukungan Pengguna Bluetooth.
2] Matikan dan nyalakan Bluetooth
Metode ini mengharuskan Anda untuk menonaktifkan dan mengaktifkan kembali Bluetooth dan kemudian melihat apakah itu memperbaiki masalah:
Buka Pengaturan Windows. Dari sisi kiri layar, pilih Bluetooth & perangkat.Klik opsi sakelar Bluetooth untuk mematikannya.Sekarang nyalakan ulang komputer.Setelah komputer Anda mulai, navigasikan ke Pengaturan > Bluetooth & perangkat.Kemudian nyalakan tombol sakelar Bluetooth.Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah di atas, periksa untuk melihat jika headset masih muncul sebagai dua perangkat.3] Jalankan Pemecahan Masalah Bluetooth Jika masalah berlanjut, Anda dapat menggunakan alat pemecah masalah Bluetooth bawaan untuk mendeteksi dan memperbaiki masalah secara otomatis. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

Tekan tombol Windows + I pintasan keyboard untuk membuka aplikasi Pengaturan.Klik Pemecahan masalah di sisi kanan jendela.Pada halaman Opsi, klik Pemecah masalah lainnya.Navigasi ke bagian Bluetooth dan klik Jalankan button.
Mengklik tombol Jalankan akan memulai proses pendeteksian masalah dan menentukan apakah Bluetooth diaktifkan. Beberapa modifikasi mungkin dilakukan pada komputer Anda selama proses pemecahan masalah.
4] Nonaktifkan Peningkatan Audio
Peningkatan audio adalah paket perangkat lunak Windows bawaan yang mengoptimalkan keluaran suara di komputer Anda. Namun, terkadang dapat menyebabkan masalah audio dan suara. Jika headphone Bluetooth Anda tampak seperti dua perangkat, coba nonaktifkan opsi Penyempurnaan Audio dan lihat apakah itu menyelesaikan masalah.
5] Periksa pembaruan
Jika tidak ada solusi di atas yang menyelesaikan masalah, Anda dapat mencoba mengunduh dan menginstal pembaruan secara manual dari Katalog Pembaruan Microsoft. Selain itu, pastikan driver Bluetooth Anda telah diperbarui di komputer Anda.

Bagaimana cara membuat Windows mengenali headphone Bluetooth saya?

Jika Anda ingin Windows mengenali headphone Bluetooth Anda, headphone tersebut harus dihidupkan dan diputuskan dari perangkat lain seperti ponsel. Sebagai indikasi, lampu berkedip pada perangkat Anda saat tersambung ke PC.

Bagaimana cara menambahkan headphone ke Windows 11?

Mencolokkan headphone adalah cara termudah untuk menggunakannya. Untuk menggunakan headphone nirkabel di PC, Anda perlu menambahkannya sebagai perangkat Bluetooth.

Terkait:Headphone Bluetooth tidak berfungsi di Windows.