Headset Bluetooth tidak berfungsi dengan Microsoft Teams

Dalam artikel ini, kita akan melihat apa yang harus Anda lakukan jika headset Bluetooth Anda tidak berfungsi dengan Microsoft Teams. Beberapa pengguna mendapatkan gangguan suara saat menggunakan headset selama panggilan Teams, sedangkan beberapa pengguna tidak dapat mendengar anggota dalam rapat Teams. Beberapa pengguna juga melaporkan bahwa mikrofon headset mereka tidak berfungsi dengan Microsoft Teams selama panggilan. Jika Anda mengalami masalah seperti itu, solusi yang diberikan dalam posting ini dapat membantu Anda memperbaiki masalah.

Mengapa headphone saya tidak berfungsi dengan Teams?

Ada beberapa alasan mengapa headphone Anda tidak berfungsi dengan Microsoft Teams, seperti pemilihan yang salah dari perangkat audio di Microsoft Teams, pengaturan privasi yang salah di Pengaturan Windows 11/10 Anda, driver Bluetooth yang rusak atau usang pada sistem Anda, gangguan Wi-Fi dan Bluetooth, dll.

Headset Bluetooth tidak berfungsi dengan tim Microsoft

Ikuti saran yang diberikan di bawah ini untuk mendapatkan masalah ini telah diperbaiki.
Periksa apakah Anda telah memilih perangkat audio yang tepat di Microsoft TeamsPeriksa dan konfigurasikan pengaturan privasi Anda di WindowsNonaktifkan Bluetooth LE Enumerator di Pengelola PerangkatPilih mikrofon internal laptop Anda di pengaturan TeamsUbah frekuensi Wi-Fi AndaNonaktifkan Handsfree TelephonyPerbarui driver Bluetooth laptop AndaGunakan Web versi Microsoft TeamsPeriksa daftar perangkat yang disetujui ces untuk Microsoft Teams
Mari kita lihat semua solusi ini secara mendetail.
1] Periksa apakah Anda telah memilih perangkat audio yang tepat di Microsoft Teams
Jika Anda belum memilih perangkat audio yang tepat di Microsoft Teams, Anda tidak akan dapat menggunakannya selama panggilan. Anda dapat memeriksa ini di pengaturan Teams. Langkah-langkah untuk melakukannya tercantum di bawah ini:

Buka Microsoft Teams.Klik pada tiga titik horizontal di dekat ikon profil Anda dan pilih Pengaturan.Pilih kategori Perangkat dari sisi kiri.Pilih perangkat audio yang tepat.2] Periksa dan konfigurasikan pengaturan privasi Anda di Windows
Jika mikrofon headset Anda tidak berfungsi dengan Microsoft Teams, periksa apakah Anda telah memberikan izin kepada Teams untuk mengakses mikrofon headset Anda atau tidak. Petunjuk berikut akan memandu pengguna Windows 11 dan Windows 10:
Windows 11

Tekan tombol Win + I untuk meluncurkan aplikasi Pengaturan.Pilih kategori Privasi & Keamanan dari sisi kiri.Gulir ke bawah dan klik tab Mikrofon.Aktifkan tombol di sebelah Biarkan aplikasi mengakses mikrofon Anda. Sekarang, gulir ke bawah dan nyalakan tombol di sebelah Microsoft Teams. Windows 10

Buka aplikasi Pengaturan Windows 10. Buka “Privasi > Mikrofon.” Nyalakan tombol di bawah bagian Izinkan aplikasi untuk mengakses mikrofon Anda Gulir ke bawah dan periksa apakah Microsoft Teams terdaftar di bawah aplikasi yang diizinkan atau tidak. Jika ya, hidupkan sakelar di sebelahnya.3] Nonaktifkan Bluetooth LE Enumerator di Pengelola Perangkat
Metode ini berhasil untuk banyak pengguna, Mungkin juga berhasil untuk Anda. Bluetooth Enumerator bertanggung jawab untuk membuat koneksi antara sistem Anda dan perangkat Bluetooth Anda. Tanpa Bluetooth Enumerator, perangkat Bluetooth Anda tidak akan terhubung ke PC Anda. Jika Anda membuka node Bluetooth di Device Manager, Anda akan melihat dua Bluetooth Enumerator, yaitu Bluetooth Enumerator dan Bluetooth LE Enumerator. Bluetooth LE Enumerator diperlukan oleh perangkat yang menggunakan Bluetooth Low Energy. Jika Anda menonaktifkannya, Anda tidak akan dapat menggunakan perangkat yang memerlukan Bluetooth Low Energy.

Langkah-langkah untuk menonaktifkan Bluetooth LE Enumerator adalah sebagai berikut:
Tekan tombol Win + X dan pilih Device Manager.Perluas node Bluetooth.Klik kanan pada Microsoft Bluetooth LE Enumerator dan pilih Disable device.
Jika tidak memperbaiki masalah Anda, Anda dapat mengaktifkannya lagi dan mencoba solusi berikutnya.
4] Pilih mikrofon internal laptop Anda di pengaturan Teams
Untuk beberapa pengguna, masalah telah diperbaiki ketika mereka memilih mikrofon internal sistem mereka di Teams, bukan mikrofon headset mereka. Anda juga dapat mencoba metode ini dan melihat apakah itu menyelesaikan masalah Anda. Langkah-langkah untuk melakukannya adalah sebagai berikut:
Buka Microsoft Teams.Buka Pengaturannya.Pilih Perangkat dari sisi kiri.Sekarang, pilih mikrofon internal sistem Anda alih-alih mikrofon headset Anda.5] Ubah frekuensi Wi-Fi Anda

Bluetooth berfungsi pada frekuensi 2,4 GHz dan sinyal Wi-Fi dapat bekerja pada frekuensi yang berbeda. Mungkin saja frekuensi sinyal Wi-Fi Anda mengganggu frekuensi Bluetooth. Dalam kasus seperti itu, mengubah frekuensi Wi-Fi dari 2,4 GHz menjadi 5 GHz dapat memperbaiki masalah. Namun, beberapa pengguna juga melaporkan bahwa frekuensi 5 GHz mengganggu Bluetooth dan mereka dapat memperbaiki masalah dengan mengalihkan frekuensi Wi-Fi mereka dari 5 GHz ke 2,4 GHz. Anda dapat mencoba beralih di antara dua frekuensi ini dan melihat mana yang memperbaiki masalah Anda.
6] Nonaktifkan Telepon Bebas Genggam Solusi lain yang efektif untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menonaktifkan Telepon Bebas Genggam untuk headset Bluetooth Anda. Langkah-langkah untuk ini tercantum di bawah ini:

Tekan tombol Win + R. Ini akan meluncurkan kotak perintah Jalankan. Ketik Panel Kontrol. Ketika Panel Kontrol terbuka, pilih ikon Besar dalam mode Lihat menurut. Sekarang, pilih Perangkat dan Printer. Klik kanan pada headset Bluetooth Anda dan pilih Properti. Pilih tab Layanan dan hapus centang pada kotak centang Handsfree Telephony.Klik Terapkan lalu OK.7] Perbarui driver Bluetooth laptop Anda
Jika masalah masih ada, mungkin ada masalah dengan driver Bluetooth sistem Anda. Ada perbaikan sederhana untuk jenis masalah seperti itu. Perbarui driver Bluetooth sistem Anda.

Anda dapat menggunakan salah satu metode berikut untuk memperbarui driver Bluetooth sistem Anda:

Anda dapat mengunduh driver Bluetooth dari situs web vendor laptop Anda.Anda dapat menggunakan fitur Pembaruan Opsional Windows untuk menginstal versi terbaru yang tersedia driver. Anda dapat memperbarui driver Bluetooth dari Device Manager. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: Buka Device Manager. Perluas node Bluetooth. Klik kanan pada driver Bluetooth sistem Anda dan pilih Update driver. Sekarang, pilih opsi Cari secara otomatis untuk driver.8] Gunakan versi Web Teams
If Anda terus-menerus mengalami masalah yang sama dengan aplikasi desktop Microsoft Teams, Anda dapat menggunakan versi webnya.

Baca: Berbagi video dinonaktifkan oleh administrator di Microsoft Teams.
9] Periksa daftar perangkat yang disetujui untuk Microsoft Teams
Ada daftar yang disetujui Headset Bluetooth di situs web Microsoft. Perangkat ini disertifikasi oleh Microsoft dan cocok untuk setiap pengguna. Jika meskipun mencoba solusi yang tercantum di atas, Anda masih tidak dapat menggunakan headset Bluetooth dengan Microsoft Teams selama panggilan, Anda dapat menggunakan salah satu perangkat ini.

Daftar tersedia di microsoft.com.

Bagaimana cara membuat headphone Bluetooth saya berfungsi dengan Teams?

Jika headphone Bluetooth Anda tidak berfungsi dengan Microsoft Teams, periksa apakah Anda telah mengizinkan Teams untuk mengakses headphone Anda atau tidak. Anda dapat memeriksanya di pengaturan privasi perangkat Windows 11/10 Anda. Selain itu, ada beberapa alasan mengapa headphone Bluetooth Anda tidak berfungsi dengan Teams. Anda juga dapat mencoba beberapa perbaikan lainnya, seperti menonaktifkan Telepon Bebas Genggam untuk headphone Bluetooth Anda, mengubah frekuensi Wi-Fi Anda, dll.

Headphone Bluetooth mana yang berfungsi dengan Microsoft Teams?

Jika Anda mencari headphone Bluetooth mana yang berfungsi dengan Microsoft Teams, Anda dapat periksa daftar headset Bluetooth yang disetujui. Headset ini disertifikasi oleh Microsoft. Oleh karena itu, mereka adalah perangkat yang paling cocok untuk digunakan dengan Microsoft Teams.

Semoga ini membantu.

Baca selanjutnya: Tombol Microsoft Teams Join tidak ada atau tidak berfungsi.