Hentikan Windows 10 dari beralih ke Mode Tablet secara otomatis

Jika Anda ingin menghentikan Windows 10 dari beralih ke mode tablet secara otomatis, maka posting ini sangat membantu. Sebelumnya, Windows 10 menanyakan apakah Anda ingin beralih ke mode tablet saat Anda melepas atau melepaskan keyboard dari PC atau laptop yang dapat dilepas/dilepas. Namun, setelah pembaruan, Windows 10 secara otomatis mengalihkan perangkat Anda ke mode tablet secara default. Jika Anda tidak ingin mempertahankan pengaturan default seperti itu, maka Anda dapat menggunakan beberapa opsi untuk menonaktifkan peralihan otomatis ke mode tablet pada perangkat Windows 10 Anda.

Apa itu Mode Tablet di Windows 10?

Mode Tablet adalah fitur asli Windows 10 yang membuatnya lebih ramah sentuhan saat Anda menggunakan perangkat sebagai tablet. Anda dapat dengan mudah mengaktifkan dan menggunakan mode tablet di Windows 10. Setelah mengaktifkan mode tablet, Anda akan melihat perubahan di Pusat Pemberitahuan, bilah tugas, menu Mulai, dll. Menu Mulai dibuka dalam mode layar penuh (sedikit mirip dengan Layar Mulai Windows 8). Bilah tugas menampilkan Cortana, Tampilan Tugas, tombol menu Mulai, dan tombol kembali, dan aplikasi Microsoft Store juga dibuka dalam mode layar penuh. Singkatnya, opsi atau fitur dioptimalkan untuk bekerja lebih baik saat menggunakan perangkat Anda sebagai perangkat layar sentuh.

Menghentikan Windows 10 dari secara otomatis beralih ke Mode Tablet

Berikut adalah dua opsi asli yang dapat membantu Anda menghentikan Windows 10 dari beralih secara otomatis ke mode tablet :
Menggunakan aplikasi PengaturanMenggunakan Registry Editor.1] Menghentikan Windows 10 agar tidak otomatis beralih ke Mode Tablet menggunakan Pengaturan app

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
Gunakan tombol pintas Win+I untuk membuka aplikasi PengaturanDi sana, klik kategori SistemAkses halaman Tablet menggunakan kiri bagian yang ada di bawah kategori SistemDi bagian kanan, Anda akan melihat opsi yang berbeda. Klik pada menu tarik-turun yang tersedia untuk Saat saya menggunakan perangkat ini sebagai bagian tabletAnda akan melihat tiga opsi. Ini adalah: Jangan beralih ke mode tablet: Gunakan opsi ini untuk menonaktifkan atau menghentikan Windows 10 agar tidak otomatis beralih ke mode tablet saat Anda melipat laptop atau melepaskan keyboard dari PC konvertibel AndaSelalu beralih ke mode tablet: Ini adalah pengaturan default yang membuat Windows 10 secara otomatis beralih ke mode tabletTanya saya sebelum beralih mode: Jika Anda memilih opsi ini, Windows 10 akan menanyakan setiap kali Anda ingin beralih ke mode tablet (seperti dulu).
Pilih opsi pertama dan maka Windows 10 tidak akan beralih ke mode tablet secara otomatis.

Related:Windows 10 terjebak dalam Mode Tablet? Berikut adalah cara mematikan Mode Tablet.
2] Nonaktifkan peralihan otomatis ke Mode Tablet di Windows 10 menggunakan Registry Editor
Opsi lain untuk menghentikan atau menonaktifkan peralihan otomatis ke mode tablet di perangkat Windows 10 Anda adalah menggunakan Windows Registry Editor. Meskipun opsi ini mudah digunakan, ini dapat membuat kekacauan jika Anda tidak menggunakan trik Registry dengan hati-hati. Oleh karena itu, Anda harus memiliki cadangan Registry yang akan membantu Anda memulihkan dari perubahan tak terduga. Setelah itu, Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di bawah ini:
Buka Registry EditorAccess the ImmersiveShell keyBuat ConvertibleSlateModePromptPreference DWORD valueMenetapkan data nilainyaKlik tombol OK.
Mari kita lihat langkah-langkah ini secara detail.

Pertama-tama, buka jendela Registry Editor. Anda dapat mengetik regedit di kotak Pencarian Windows 10 dan menekan tombol Enter atau menggunakan cara lain untuk membuka Editor Registri.

Setelah membukanya, akses kunci Registri ImmersiveShell. Jalur ke kunci ini adalah:
HKEY_CURRENT_USERSoftwareMicrosoftWindowsCurrentVersionImmersiveShell

Di area sebelah kanan kunci ini, Anda perlu membuat nilai DWORD ConvertibleSlateModePromptPreference. Untuk membuatnya, klik kanan di area kosong, pilih menu Baru dan klik Nilai DWORD (32-bit). Setelah membuat nilai DWORD baru ini, ubah namanya menjadi ConvertibleSlateModePromptPreference.

Sekarang saatnya untuk mengatur data nilai dari nilai DWORD ini. Untuk melakukannya, klik dua kali pada nilai ConvertibleSlateModePromptPreference. Anda akan melihat sebuah kotak kecil. Di kotak itu, masukkan nilai di bidang Data nilai. Anda dapat memasukkan salah satu nilai berikut:
0: Menghentikan Windows 10 agar tidak otomatis beralih ke mode tablet1: Membuat Windows 10 bertanya kepada Anda sebelum beralih ke mode tablet2: Selalu beralih ke mode tablet.

Untuk menonaktifkan peralihan otomatis ke mode tablet, tambahkan 0 di bidang Data nilai, lalu tekan tombol OK. Setelah itu, Anda dapat menutup Registry Editor.

Ini akan segera menyimpan perubahan yang diterapkan. Namun, jika perubahan tidak diterapkan, Anda perlu memulai ulang perangkat atau File Explorer.

TIP: Jika Anda mencari setelan mode Tablet Windows 11 di panel Setelan Windows, Anda mungkin kecewa karena tidak ada mode Tablet di Windows 11. Artikel ini menjelaskan semua yang terjadi dengan mode Tablet untuk Windows 11, dan Anda harus tahu tentang situasi saat ini.

Mengapa komputer saya terus beralih ke Mode Tablet?

Alasan mengapa komputer Anda terus beralih ke mode tablet adalah, setelah pembaruan, Windows 10 telah mengatur opsi ini secara default. Setiap kali Anda melipat laptop konvertibel atau melepaskan keyboard dari PC konvertibel, Windows 10 tidak akan menanyakan apakah Anda ingin beralih ke mode tablet. Namun, Anda dapat menonaktifkan atau mematikan opsi ini menggunakan aplikasi Pengaturan atau Editor Registri. Kedua opsi sudah tercakup dalam posting ini dengan semua langkah yang diperlukan.

Bagaimana cara menonaktifkan Mode Tablet secara permanen?

Jika Anda ingin menonaktifkan mode tablet secara permanen di Windows 10, maka itu dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi Pengaturan. Anda perlu mengakses bagian Ubah pengaturan tablet tambahan menggunakan aplikasi Pengaturan. Bagian ini ada di bawah halaman Tablet dari kategori Sistem. Di bagian itu, Anda dapat menggunakan tombol yang tersedia untuk mode Tablet untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya.

Semoga ini membantu.