Indikator Caps Lock tidak berfungsi di Windows 11/10

Saya mencoba masuk ke situs web bank saya dan kata sandinya tidak cocok. Saya yakin saya mengetik kata sandi yang benar, jadi saya mencoba beberapa kali dan akun terkunci untuk hari itu. Sedikit yang saya tahu bahwa tombol Capslock menyala tetapi indikatornya mati sehingga saya tidak menyadari bahwa itu menyala. Pernahkah ini terjadi pada Anda?

Ketika indikator tombol Capslock berhenti bekerja, kami tidak akan tahu apakah itu hidup atau mati sampai kami mengetik. Memang merepotkan, terutama ketika kita mengetik kata sandi di mana kita hanya melihat tanda asterisk, bukan huruf. Ini juga menjengkelkan bagi penulis konten seperti saya. Jadi, dalam posting ini hari ini, kami akan memeriksa apa yang mungkin menjadi penyebab indikator kunci Capslock Anda tidak berfungsi dan bagaimana cara memperbaikinya.

Indikator Caps Lock tidak berfungsi di Windows 11/10

Tombol Caps Lock pada keyboard kami memiliki LED kecil indikator lampu yang memberi tahu kita apakah Caps lock aktif atau nonaktif. Jika indikator berhenti bekerja, sangat sulit untuk mengetahui apakah itu hidup atau mati. Ini dapat terjadi karena beberapa alasan termasuk beberapa pembaruan terkini yang diinginkan, masalah perangkat keras, driver keyboard yang ketinggalan zaman, atau kesalahan dalam pengaturan keyboard Anda. Mari kita lihat bagaimana kita bisa memperbaikinya.
Nyalakan keyboard di LayarNyalakan notifikasiPerbarui driver keyboardPeriksa Pembaruan Driver Opsional WindowsUnduh aplikasi Indikator Caps Lock pihak ketiga1] Gunakan keyboard Di Layar
Indikator pada tombol Caps Lock kecil Lampu LED dan bisa jadi masalah dengan keyboard Anda atau mungkin lampu LED itu sendiri rusak sehingga indikator berhenti bekerja. Untuk memeriksa ini, Anda dapat menghubungkan keyboard eksternal ke laptop Anda dan melihat apakah indikatornya berfungsi. Jika ya, masalahnya pasti ada pada keyboard laptop Anda. Dalam hal ini, Anda dapat memeriksanya dan memperbaikinya dari toko, dapat menggunakan keyboard eksternal atau aplikasi keyboard di layar virtual pada mesin Anda.

Type On-Screen di opsi Pencarian Windows dan buka aplikasi atau tekan Win+Ctrl+O. Anda dapat mengecilkannya dan menyimpannya di sudut layar Anda dan ketika Anda menekan tombol Caps Lock pada keyboard Anda, tombol pada keyboard virtual ini akan disorot dan Anda akan tahu kapan tombol Caps Lock Anda aktif atau nonaktif.
2 ] Nyalakan suara notifikasi
Jangan khawatir jika indikator tidak berfungsi, kita bisa menyalakan suara notifikasi dari Pengaturan. Saya tahu mendengar suara notifikasi itu setiap kali kita menekan tombol Caps Lock atau Num Lock agak mengganggu tapi kita bisa menahannya.
Tekan Win+I di keyboard Anda untuk membuka Pengaturan.Buka Aksesibilitas > KeyboardBuka tab Toggle Keys dan nyalakan tombolnya.Sekarang Anda akan mendengar notifikasi setiap kali Anda menghidupkan atau mematikan tombol Caps Lock Anda.3] Update driver keyboard
Jika Anda tidak setuju dengan suara notifikasi tombol Caps Lock yang mengganggu, mari coba cara lain. Periksa apakah driver keyboard memerlukan update.
Tekan Win+R untuk membuka kotak dialog Run dan ketik Control Panel. Buka Keyboard > Hardwar > Properties. Jika tombol Update Driver disorot, artinya driver keyboard Anda memerlukan pembaruan. Klik pada tab dan kemudian klik Ok.Jika masalah Caps Lock disebabkan oleh driver, ini akan memperbaikinya.
Atau, cari tahu merek keyboard Anda, kunjungi situs produsen untuk mengunduh driver, dan instal versi terbarunya.
4] Periksa Pembaruan Windows. Jika ini tidak menyelesaikan masalah Anda, masalahnya mungkin karena beberapa Pembaruan Windows. Periksa apakah ada pembaruan yang tertunda untuk mesin Anda.
Tekan Win+I untuk membuka Pengaturan. Buka Pembaruan Windows dan lihat apakah pembaruan yang tertunda ditampilkan. Menjaga PC Anda diperbarui sangat penting untuk kelancaran fungsinya. Pastikan Anda menginstal Pembaruan Driver opsional juga untuk keyboard Anda.5] Unduh aplikasi Indikator Caps Lock pihak ketiga Ada banyak utilitas kecil (Indikator Caps Lock) yang tersedia di web yang berfungsi sebagai indikator pada PC Anda. Anda dapat mengunduh dan menginstalnya di PC Anda.

Terkait: Mengaktifkan atau Menonaktifkan Caps Lock di Windows 11/10

Mengapa lampu Caps Lock saya tidak menyala?

Mungkin ada masalah dengan lampu LED atau driver keyboard di PC Anda. Anda juga dapat memeriksa alasan lain seperti OS yang kedaluwarsa atau beberapa pembaruan opsional yang tidak diinginkan pada PC Anda. Periksa perbaikan di atas.

Baca: Cara menggunakan tombol Shift untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Caps Lock di Windows

Cara membuka Aplikasi Keyboard Layar?

Anda dapat membuka keyboard Layar hanya dengan menekan Win+Ctrl+O pada keyboard Anda atau sebagai alternatif, Anda dapat mencari Di Layar di opsi Mulai Pencarian.