Inkscape adalah alternatif gratis yang bagus untuk Adobe Illustrator

Jika Anda menginginkan alternatif gratis untuk Adobe Illustrator, Anda pasti dapat melihat Inkscape di komputer Windows 11/10 Anda. Artikel ini menjelaskan semua fitur, opsi, dan pengeditan gambar yang dapat Anda lakukan dengan Inkscape. Anda dapat mengedit foto yang ada atau membuat gambar baru dari awal!

Fitur dan opsi Inkscape

Inkscape memiliki banyak opsi dan fitur yang tidak dapat Anda daftarkan di satu tempat. Anda harus mulai menggunakannya untuk menjelajahi semuanya. Namun, berikut adalah daftar semua fitur yang disorot yang mungkin menarik bagi Anda.
Layer: Ini mungkin fitur terpenting yang akan Anda gunakan untuk pengeditan profesional. Anda dapat menambahkan berbagai efek dengan bantuan fungsionalitas layer.Lock/Unlock layer: Jika Anda tidak ingin layer diedit atau dihapus secara tidak sengaja, Anda dapat mengunci layer. Itu akan tetap di sana sampai Anda membukanya secara manual.Bentuk: Anda dapat menyertakan hampir semua bentuk sesuai kebutuhan Anda. Dari bintang hingga poligon, Anda dapat menambahkan apa pun dengan bantuan opsi ini.3D: Tidak banyak alat yang memiliki opsi ini. Namun, Inkscape memungkinkan pengguna untuk menambahkan bentuk 3D dalam beberapa saat.Spiral: Terkadang, beberapa gambar mengharuskan Anda menambahkan spiral untuk mendemonstrasikan sesuatu.Menggambar kurva: Jika Anda perlu menggambar garis lurus atau kurva, Anda dapat melakukannya menggunakan opsi ini. Gambar tangan bebas: Ilustrator dan Photoshop dapat digunakan sebagai aplikasi lukisan digital. Jika demikian, Anda dapat melakukan hal yang sama dengan bantuan Inkscape juga. Kuas kaligrafiManipulasi objek: Jika Anda perlu mengganti objek dari gambar Anda, opsi ini tersedia untuk Anda. Anda dapat menggunakan opsi pemindahan, penskalaan, rotasi, dll. untuk menyelesaikannya. Jalur: Di Illustrator, Anda dapat mengedit setiap titik, jalur, dll. Namun, jika Anda mencari opsi yang sama, Anda akan mendapatkannya di Inkscape. Muncul dengan beberapa opsi untuk mengedit jalur bentuk agar lebih baik. Pemilih warna: Jika Anda perlu memilih warna dari gambar dan menggunakannya lebih lanjut, Anda dapat melakukannya dengan bantuan opsi ini. Hal terbaiknya adalah Anda dapat menemukan nilai CSS dari warna apa pun.Simpan sebagai template: Terkadang, Anda mungkin perlu menerapkan dimensi, efek, bentuk, dll. yang sama, ke beberapa gambar. Jika demikian, Anda dapat menyimpan template untuk menyelesaikannya. Pilihan inert: Meskipun ini adalah opsi dasar, terkadang hal ini berguna.Layer mask: Jika Anda perlu menerapkan berbagai efek pada lapisan, cara terbaik adalah menggunakan topeng lapisan. Baik itu Photoshop atau Illustrator, keduanya memiliki fitur yang sama, begitu pula Inkscape.Transform: Anda dapat mengubah, memutar, mengubah ukuran, dan memperbesar/memperkecil gambar atau objek tertentu dengan mudah dengan bantuan opsi ini.SVG Font Editor : Bersama dengan alat pengelolaan font biasa, Anda dapat menemukan SVG Font Editor.Filters: Ini mencakup hampir semua efek dan opsi yang dimiliki Photoshop dan Illustrator untuk Anda. Misalnya, Anda dapat menemukan Blur, Distort, Morphology, Scatter, Texture, Shadows, dll.Ekstensi: Ini adalah salah satu fitur terbaik yang dimiliki Inkscape. Jika opsi preset tidak cukup untuk Anda, Anda dapat memperkayanya dengan menginstal ekstensi dari repositori resmi.
As mengatakan sebelumnya, ada opsi lain. Namun, Anda harus mulai menggunakannya untuk mengetahui semuanya.

Cara menggunakan Inkscape di Windows 11/10

Untuk menggunakan Inkscape di Windows 11/10, ikuti langkah-langkah berikut:
Kunjungi situs web resmi dan unduh aplikasinya. Centang Ekstensi dan Extensions Manager saat memasang.Pilih kanvas, tema, dan klik tombol Simpan.Klik tombol New Document.Buka gambar jika Anda ingin mengeditnya.Klik Layer > Add Layeruntuk menambahkan lapisan.Tekan * untuk menambahkan bentuk.Klik opsi Filter untuk menambahkan filter.
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang langkah-langkah ini, lanjutkan membaca.

Untuk memulai, Anda harus mendownload dan menginstal aplikasi di komputer Anda terlebih dahulu. Saat menginstal, disarankan untuk mencentang Extensions and Extensions Manager.

Setelah menginstal dan membuka, Anda dapat menemukan jendela seperti ini:

Seperti yang saya katakan, Anda dapat membuka gambar untuk mengedit atau membuat sesuatu dari level satu. Jika Anda ingin mengedit gambar, Anda perlu menekan Ctrl+O dan pilih gambar.

Selanjutnya, Anda dapat menggunakan semua fitur dan opsi seperti yang disebutkan di atas. Jika ingin menambahkan lapisan, Anda dapat membuka Layer dan memilih opsi Tambahkan Lapisan.

Selanjutnya, Anda dapat menekan tombol bintang(*) untuk mulai menambahkan bentuk. Di sisi lain, jika Anda perlu menerapkan berbagai efek, Anda dapat menuju ke bagian Filter dan memilih efek sesuai kebutuhan Anda.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, ekstensi dimungkinkan untuk dipasang dan digunakan. Untuk itu, buka Extensions dan pilih opsi Manage Extensions .

Kemudian, Anda dapat memilih dan memasang ekstensi sesuka Anda.

Anda juga dapat Batch Convert SVG ke format file PNG dengan Inkscape.

Semoga aplikasi ini membantu. Jika mau, Anda dapat mengunduh Inkscape dari inkscape.org.

Terkait: Perangkat Lunak Pengeditan Foto Gratis untuk Windows PC

Apakah Inkscape merupakan alternatif yang baik untuk Illustrator?

Ya, Anda dapat menggunakan Inkscape sebagai alternatif untuk Adobe Illustrator pada Windows 11/10. Tidak masalah jika Anda ingin menggunakannya untuk mendesain vektor atau mengedit foto; adalah mungkin untuk melakukan keduanya dengan bantuan Inkscape. Panduan terperinci dan daftar fitur disebutkan di atas.

Baca: Pengeditan foto batch menggunakan perangkat lunak gratis ini untuk Windows

Mana yang lebih baik Inkscape atau Adobe Illustrator?

Jika Anda memerlukan versi gratis Adobe Illustrator yang melakukan hampir semua hal, Anda pasti dapat memilih Inkscape. Jika Anda membutuhkan seluruh paket dan siap mengeluarkan uang, tidak ada yang lebih baik dari Adobe Illustrator. Meskipun demikian, itu tergantung pada berbagai aspek pengeditan, pekerjaan, keterampilan, dll.

Baca:
Perangkat lunak Kaligrafi gratis terbaik untuk WindowsPerangkat lunak Desain Grafis Vektor gratis terbaik untuk Windows.