Instalasi RSAT gagal pada Windows 11/10

Remote Server Administration Tools (RSAT) memungkinkan administrator TI untuk mengelola peran dan fitur di Windows Server dari jarak jauh dari mesin klien Windows. Jika instalasi RSAT gagal pada komputer Windows 11 atau Windows 10 Anda, maka posting ini dimaksudkan untuk membantu Anda dengan solusi untuk masalah tersebut. Perhatikan bahwa solusi yang ditawarkan dalam posting ini berlaku untuk semua kode kesalahan terkait pemasangan RSAT pada Windows 11/10.

RSAT pemasangan gagal pada Windows 11/10

Jika penginstal RSAT mengalami kesalahan dan pemasangan gagal dengan kesalahan 0x800f0954, 0x8024402c, 0x8024001d, 0x80244017, dll. maka saran ini pasti akan membantu Anda memperbaiki masalah:
Initial checklistInstal RSAT melalui PowerShellConfigure Group Policy untuk mengunduh fitur opsional dari Windows UpdateModify UseWUServer registry keyReset Windows 11/10
Mari kita lihat deskripsi proses yang terlibat mengenai masing-masing yang terdaftar solusi.
1] Daftar periksa awal
Sebelum mencoba solusi di bawah, Anda dapat mencoba tugas berikut, dan setelah setiap tugas, lihat apakah Anda berhasil menginstal RSAT di perangkat tanpa masalah:
Restart PC Anda. Ini tidak perlu dikatakan lagi, karena dalam kebanyakan kasus restart cepat komputer Anda akan menyelesaikan sebagian besar masalah kecil; biasanya gangguan perangkat lunak sementara. Perbarui Windows. Lebih sering daripada tidak, Anda mungkin mengalami masalah pada PC Anda jika versi/build yang diinstal sudah usang. Jadi, kami sarankan untuk memastikan Windows selalu up to date. Anda dapat memeriksa pembaruan dan menginstal bit apa pun yang tersedia di Windows 11/10 Anda. Kemungkinan besar, masalah dimulai setelah pembaruan Windows baru-baru ini, mengingat Anda yakin dapat menginstal komponen RSAT sebelum memperbarui, Anda dapat melakukan Pemulihan Sistem atau menghapus instalan pembaruan – atau lanjutkan dengan solusi di bawah ini jika Anda mau tidak melakukan keduanya, setidaknya bukan sebagai tindakan pertama Anda.2] Instal RSAT melalui PowerShell
Setelah melalui daftar periksa awal tetapi penginstalan RSAT masih gagal melalui Fitur Opsional di aplikasi Pengaturan di PC Anda, Anda dapat mencoba penginstalan melalui PowerShell. Untuk melakukan tugas ini, ikuti petunjuk dalam panduan tentang cara menginstal Alat Administrasi Server Jarak Jauh (RSAT) di Windows 11/10. Karena baris perintah sederhana, biasanya akan menghilangkan masalah yang terkait dengan melakukan beberapa tugas melalui GUI.
3] Konfigurasi Kebijakan Grup untuk mengunduh fitur opsional dari Pembaruan Windows

Mulai dengan Windows 10 versi 1809, FOD (Fitur sesuai Permintaan) dan paket bahasa hanya dapat diinstal dari Windows Update dan tidak melalui WSUS. Jadi, mengingat RSAT adalah fitur opsional (alias FOD), Anda harus memastikan Kebijakan Grup dikonfigurasi untuk langsung membuka Pembaruan Windows untuk mengunduh dan menginstal FOD. Setelah selesai, Anda dapat mencoba lagi penginstalan RSAT secara normal.

Jika kesalahan berulang, coba solusi berikutnya.
4] Ubah UseWUServer registry key

Ini alternatif peretasan registri untuk metode Kebijakan Grup di atas. Kunci registri UseWUServer yang disetel ke nilai 1 akan mengonfigurasi Pembaruan Otomatis untuk menggunakan server yang menjalankan Layanan Pembaruan Perangkat Lunak alih-alih Pembaruan Windows.

Metode registri ini hanya akan menonaktifkan WSUS di perangkat Anda. Karena ini adalah operasi registry, sebaiknya Anda mencadangkan registry atau membuat titik pemulihan sistem sebagai tindakan pencegahan yang diperlukan. Setelah selesai, Anda dapat melanjutkan sebagai berikut:
Tekan tombol Windows + R untuk menjalankan dialog Run. Pada kotak dialog Run, ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor. Arahkan atau lompat ke jalur kunci registri di bawah ini: HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWARE PoliciesMicrosoftWindowsWindowsUpdateAUDi lokasi, di panel kanan, klik dua kali entri UseWUServer untuk mengedit propertinya.Masukkan 0 di bidang Value data.Klik OK atau tekan Enter untuk menyimpan perubahan.Keluar dari Editor Registri. Mulai ulang layanan Pembaruan Windows atau mulai ulang PC Anda. Setelah selesai, Anda seharusnya dapat menyelesaikan penginstalan RSAT di perangkat Anda tanpa masalah. Atau, Anda dapat secara otomatis menonaktifkan kunci UseWUServer di registri. Begini caranya:
Tekan tombol Windows + R untuk menjalankan dialog Run. Di kotak dialog Run, ketik notepad dan tekan Enter untuk membuka Notepad. Salin dan tempel kode di bawah ini ke editor teks.[HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREPoliciesMicrosoftWindows WindowsUpdateAU]”UseWUServer”=dword:00000000Sekarang, klik opsi File dari menu dan pilih tombol Save As.Pilih lokasi (sebaiknya desktop) tempat Anda ingin menyimpan file.Masukkan nama dengan ekstensi .reg (mis. ; DisableWSUS.reg).Pilih Semua File dari daftar tarik-turun Simpan sebagai jenis.Klik dua kali file .reg yang disimpan untuk menggabungkannya.Jika diminta, klik Jalankan > Ya (UAC) > Ya > OK untuk menyetujui penggabungan .Anda sekarang dapat menghapus file .reg jika Anda suka.Restart PC.5] Reset Windows 11/10

Jika masalah dalam fokus berlanjut hingga titik ini, Anda mungkin menghadapi kerusakan OS yang parah. Dalam hal ini, untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat mengatur ulang Windows 11/10 dengan opsi untuk menyimpan file pribadi Anda. Setelah PC Anda disetel ulang ke keadaan semula, Anda dapat mencoba menginstal RSAT secara normal.

Semoga ini membantu!

Pos terkait: RSAT alat server DNS hilang

Bagaimana cara memperbaiki Kesalahan Instalasi RSAT 0x80244017?

Kode kesalahan RSAT 0x80244017 dapat diperbaiki dengan menonaktifkan sementara WSUS pada mesin klien Windows 11/10 dan kemudian secara manual memulai ulang layanan Pembaruan Windows.

Bagaimana cara menginstal RSAT di Windows 11?

Untuk menambahkan fitur opsional (FOD) seperti RSAT sehingga Anda dapat mengelola peran dan fitur Windows Server dari Windows 11 perangkat, navigasikan ke Pengaturan > Aplikasi > Fitur opsional.