Jadikan Windows memperbaiki komponen yang rusak saat diarahkan ke WSUS

Kadang-kadang, Anda mungkin perlu memperbaiki sistem Anda. Secara default, Windows mengunduh file langsung dari Layanan Pembaruan Server Windows atau WSUS. Namun, jika Anda ingin mengunduh file dari Pembaruan Windows dan membuat Windows memperbaiki komponen yang rusak, Anda dapat mengikuti panduan ini. Yang perlu Anda lakukan adalah mengubah pengaturan Kebijakan Grup.

Ketika Windows diarahkan ke WSUS, itu memperbaiki komponen yang rusak yang perlu diunduh dari server Microsoft atau Pembaruan Windows. Ini juga mencegah beberapa alat seperti RSAT diinstal pada sistem.

Membuat Windows memperbaiki komponen yang rusak saat diarahkan ke WSUS

Untuk membuat Windows memperbaiki komponen yang rusak saat diarahkan ke WSUS, Anda memiliki dua opsi:
Menggunakan Editor Kebijakan Grup LokalMenggunakan Editor Registri
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang metode ini , lanjutkan membaca.
1] Menggunakan Editor Kebijakan Grup Lokal

Untuk membuat Windows memperbaiki komponen yang rusak saat diarahkan ke Layanan Pembaruan Server Windows menggunakan Editor Kebijakan Grup Lokal, ikuti langkah-langkah ini:
Tekan Win+R untuk membuka prompt Jalankan. Ketik gpedit.msc dan klik tombol OK .Arahkan ke jalur ini: Konfigurasi Komputer > Template Administratif > SistemTemukan setelan Tentukan setelan untuk pemasangan komponen opsional dan setelan perbaikan komponen.Klik dua kali dan pilih opsi Aktifkan .Centang Unduh konten perbaikan dan fitur opsional langsung dari Windows Perbarui alih-alih kotak centang Layanan Pembaruan Server Windows (WSUS). Klik tombol OK aktif untuk menyimpan perubahan.
Sekarang, sistem Anda akan memperbaiki komponen yang rusak secara otomatis.
2] Menggunakan Editor Registri

Hal yang sama dapat dikonfigurasi menggunakan Editor Registri juga. Jika Anda tidak ingin menggunakan Editor Kebijakan Grup Lokal dan menggunakan Editor Registri, Anda dapat mengikuti panduan ini.

Pertama, Anda perlu membuka Editor Registri. Untuk itu, tekan Win+R untuk membuka perintah Run, ketik regedit, dan tekan tombol Enter . Jika permintaan UAC muncul, Anda perlu mengklik tombol Yes untuk membuka Windows Registry.

Setelah dibuka, navigasikan ke jalur berikut:
HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREMicrosoftWindowsCurrentVersionPoliciesServicing
Untuk informasi Anda, pengaturan ini perlu dibuat di HKLM. Anda tidak dapat melakukan hal yang sama di HKCU atau HKEY_CURRENT_USER.

Di kunci Servis, Anda perlu membuat nilai REG_DWORD. Untuk melakukannya, klik kanan pada Servicing > New > DWORD (32-bit) Value dan beri nama sebagai RepairContentServerSource.

Kemudian, klik dua kali dan atur Value data sebagai 2.

Terakhir, klik tombol OK , tutup semua yang terbuka windows, dan mulai ulang komputer Anda.

Baca: Cara menggunakan Layanan Pembaruan Server Windows di lingkungan Perusahaan

Bagaimana cara memperbaiki komponen Pembaruan Windows yang rusak?

Adalah mungkin untuk memperbaiki komponen Pembaruan Windows yang rusak menggunakan alat DISM. Jika Anda tidak tahu, DISM adalah alat bawaan yang dapat Anda gunakan menggunakan Command Prompt. Tidak peduli bagaimana komponen Pembaruan Windows Anda rusak, Anda dapat memperbaikinya dengan menjalankan alat DISM di jendela Command Prompt yang ditinggikan. Anda dapat membaca panduan mendetail ini untuk memperbaiki file sistem Pembaruan Windows yang rusak menggunakan alat DISM.

Bagaimana cara memaksa komputer untuk melapor ke WSUS?

Untuk memaksa komputer melaporkan ke Layanan Pembaruan Server Windows atau WSUS, Anda perlu menggunakan dua perintah di sistem klien atau server. Pertama, masukkan perintah ini: gpupdate /force. Kemudian, Anda perlu menggunakan perintah ini: wuauclt /detectnow. Namun, dalam beberapa kasus, perintah berikut juga membantu: wuauclt.exe /resetauthorization /detectnow.

Baca: Cara memecahkan masalah Layanan Pembaruan Server Windows (WSUS).