Kamera OBS Tidak Muncul atau Bekerja di Windows 11/10

Apakah kamera atau webcam Anda tidak muncul atau berfungsi di OBS Studio pada Windows 11/10? Banyak pengguna OBS Studio mengeluh bahwa kamera mereka tidak berfungsi di aplikasi. Saat menambahkan Perangkat Vidoe Capture di OBS Studio, kamera atau webcam mereka tidak akan muncul atau tidak berfungsi dengan baik. Ini mencegah pengguna merekam video menggunakan kamera. Sekarang, jika Anda adalah salah satu pengguna yang terkena dampak menghadapi masalah yang sama, berikut adalah panduan lengkapnya. Dalam posting ini, kami akan membahas perbaikan yang berfungsi untuk membantu Anda memperbaiki masalah “kamera OBS tidak muncul atau berfungsi” pada PC Anda.

Mengapa Kamera OBS Tidak Muncul atau Berfungsi? bekerja dengan baik di OBS Studio. Jika Anda menggunakan kamera USB, pastikan dalam kondisi kerja yang benar dan terhubung dengan benar ke komputer Anda. Jika tidak, kamera Anda tidak akan berfungsi. Selain itu, berikut adalah beberapa penyebab potensial:
Kurangnya izin administrator yang diperlukan juga dapat menyebabkan masalah yang dihadapi. Jadi, jalankan aplikasi dengan hak admin untuk memperbaiki masalah ini. Anda mungkin telah menonaktifkan izin kamera untuk OBS Studio secara sadar atau tidak sadar. Oleh karena itu, berikan akses kamera ke OBS untuk memperbaiki masalah. Pengaturan perekaman output Anda di OBS mungkin tidak kompatibel dengan kamera laptop atau webcam yang Anda gunakan. Dalam hal ini, coba buat perubahan pada pengaturan output. Driver kamera yang ketinggalan jaman atau rusak bisa menjadi alasan lain untuk masalah yang sama. Anda dapat mencoba memperbarui atau menginstal ulang driver kamera Anda. Ini juga dapat disebabkan jika Anda menggunakan aplikasi OBS Studio yang sudah ketinggalan zaman. Jadi, perbarui aplikasi Anda ke versi terbaru.
OBS Kamera Tidak Muncul atau Bekerja di Windows 11/10

Jika kamera/webcam Anda tidak muncul atau berfungsi dengan baik di OBS Studio pada PC Windows 11/10 Anda, Anda dapat menggunakan perbaikan di bawah ini untuk mengatasi masalah:
Restart OBS Studio / PC Anda.Luncurkan ulang OBS sebagai administrator.Pastikan izin kamera diaktifkan untuk OBS Studio.Pastikan Kamera Virtual OBS diaktifkan.Coba ubah pengaturan webcam seperti format video, kualitas, dll.Perbarui / instal ulang driver kamera. Perbarui OBS Studio ke versi terbarunya. Instal ulang OBS Studio.1] Mulai ulang OBS Studio / PC
Anda Pertama-tama, Anda harus mencoba menutup aplikasi dan kemudian meluncurkannya kembali untuk melihat apakah masalah telah diperbaiki atau tidak. Ini berfungsi ketika aplikasi menjadi tidak responsif atau beberapa fitur tidak berfungsi dengan benar karena kesalahan. Jadi, tutup sepenuhnya OBS Studio dari Task Manager dan kemudian restart.

Masalah ini juga dapat disebabkan karena kesalahan sementara pada sistem Anda. Dalam kasus seperti itu, ada kemungkinan masalah akan diperbaiki dengan restart sederhana PC Anda. Oleh karena itu, sebelum masuk ke metode pemecahan masalah lanjutan, coba reboot PC Anda dan kemudian buka OBS Studio untuk memeriksa apakah masalah telah diperbaiki atau tidak.

Jika kamera OBS masih tidak berfungsi, Anda dapat menggunakan perbaikan lain dari posting ini untuk memperbaiki masalah.
2] Luncurkan ulang OBS sebagai administrator
Jika restart sederhana tidak berhasil, coba luncurkan ulang OBS Studio dengan hak administrator. Mungkin kamera/webcam OBS tidak berfungsi dengan baik karena kurangnya izin administrator yang diperlukan. Oleh karena itu, jika skenario tersebut dapat diterapkan, Anda dapat menjalankan OBS Studio sebagai administrator dan melihat apakah masalahnya telah diperbaiki atau tidak.

Cukup klik kanan pada OBS Studio yang dapat dieksekusi dan pilih opsi Jalankan sebagai administrator dari menu konteks. Coba gunakan kamera Anda dan lihat apakah itu berfungsi dengan baik atau tidak. Jika ya, Anda dapat menggunakan langkah-langkah di bawah ini untuk selalu meluncurkan OBS Studio dengan hak admin di PC Windows 11/10:
Pertama, buka desktop Anda dan klik kanan pintasan OBS Studio. Sekarang, dari menu konteks yang muncul, klik opsi Properties. Di jendela Properties, buka tab Compatibility. Selanjutnya, di bawah bagian Settings, Anda akan menemukan kotak centang bernama Run this program as an administrator; cukup centang opsi ini. Setelah itu, klik tombol Terapkan lalu OK untuk menyimpan perubahan.
Jika masalahnya tetap sama, Anda dapat melanjutkan dan menggunakan beberapa perbaikan lain untuk menyelesaikan masalah yang ada.

Lihat:Memperbaiki OBS tidak menangkap Game Audio di Windows
3] Pastikan izin kamera diaktifkan untuk OBS Studio
Hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah memastikan bahwa Anda telah memberikan akses kamera ke OBS Studio. Mungkin ada beberapa perubahan pada sistem Anda yang menyebabkan akses kamera dinonaktifkan untuk semua aplikasi atau OBS Studio secara sengaja atau tidak sengaja. Karenanya, buka pengaturan Privasi & keamanan Anda dan periksa apakah izin kamera diaktifkan untuk OBS Studio atau tidak. Jika tidak, aktifkan dan lihat apakah masalahnya telah teratasi.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan akses kamera untuk OBS Studio di Windows 11/10:
Pertama, tekan Win+I untuk membuka aplikasi Pengaturan. Sekarang, buka Privasi & keamanan tab dan pilih opsi Kamera di bawah bagian izin Aplikasi. Selanjutnya, cari aplikasi OBS Studio dan pastikan sakelar yang terkait dengannya diaktifkan. Jika tidak, atur ke On. Setelah selesai, buka OBS Studio dan lihat apakah kamera mulai bekerja atau tidak.
Jika Anda masih menghadapi masalah yang sama, kami memiliki beberapa perbaikan yang dapat Anda gunakan untuk menyelesaikan masalah.
4] Pastikan bahwa Kamera Virtual OBS diaktifkan

Kamera Virtual OBS mungkin dinonaktifkan, itulah sebabnya Anda mengalami masalah yang dihadapi. Jadi, jika skenarionya berlaku, Anda hanya perlu mengaktifkan Kamera Virtual di OBS Studio dan masalahnya akan diperbaiki. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya:
Pertama, buka aplikasi OBS Studio di PC Anda. Sekarang, Anda akan melihat tombol Mulai Merekam di sisi kanan bawah jendela; cukup tekan tombol ini. Selanjutnya, untuk memverifikasi apakah OBS Virtual Camera diaktifkan atau tidak, periksa apakah opsi selain tombol Filter bertuliskan Deactivate atau tidak. Jika tidak, kamera virtual tidak diaktifkan. Jadi, tekan tombol Activate dan itu akan diaktifkan.
Sekarang Anda dapat mulai menggunakan kamera atau webcam di OSB Studio. Namun, jika skenario tidak berlaku untuk Anda, coba perbaikan potensial berikutnya.

Baca: Perbaiki OBS Studio terus mogok di PC Windows.
5] Coba ubah setelan webcam seperti format video, kualitas, dll.

Anda juga dapat mencoba menyesuaikan webcam pengaturan di OBS Studio dan lihat apakah itu membantu. Beberapa konfigurasi output pada OBS Studio seperti format video, resolusi, FPS, dll., mungkin tidak berfungsi dengan baik dengan kamera laptop atau webcam Anda. Dan dengan demikian, Anda mengalami masalah yang dihadapi. Jadi, dalam hal ini, memodifikasi pengaturan kamera di aplikasi akan memperbaiki masalah untuk Anda.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk mengubah pengaturan output kamera di OBS Studio:
Pertama, buka OBS Studio dan klik opsi File > Settings. Sekarang, di jendela Pengaturan, buka tab Output dari panel kiri. Selanjutnya, di bawah bagian Perekaman, atur konfigurasi yang kompatibel dengan webcam Anda. Setelah selesai, coba tambahkan Perangkat Video Capture dan lihat apakah webcam Anda berfungsi dengan baik atau tidak.
Jika metode ini tidak berhasil memperbaiki masalah, coba solusi potensial berikutnya untuk memperbaiki masalah.
6] Perbarui/instal ulang driver kamera

Masalah yang dihadapi mungkin terjadi jika Anda memiliki driver kamera yang kedaluwarsa . Jadi, pastikan Anda menginstal driver kamera terbaru di PC Anda. Berikut adalah berbagai metode untuk memperbarui driver kamera/webcam Anda di PC Windows:
Anda dapat mengunjungi situs web resmi produsen perangkat dan mengunduh versi terbaru webcam Anda. Setelah itu, jalankan penginstal driver dan ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan penginstalan. Buka aplikasi Pengaturan dengan menekan tombol pintas Win+I dan pindah ke bagian Pembaruan Windows > Opsi lanjutan. Selanjutnya, klik opsi Pembaruan Opsional dan unduh serta instal pembaruan driver yang tersedia untuk kamera atau webcam Anda. Anda juga dapat menggunakan aplikasi Pengelola Perangkat untuk memperbarui driver webcam. Ada beberapa pembaruan driver pihak ketiga gratis yang mendeteksi kamera usang dan driver perangkat lain di PC Anda dan kemudian secara otomatis memperbaruinya.
Periksa apakah masalah teratasi setelah memperbarui driver webcam. Jika tidak, Anda juga dapat mencoba menginstal ulang pengandar karena mungkin ada beberapa kerusakan yang terkait dengan penginstalan pengandar yang menyebabkan masalah yang dihadapi. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya:
Pertama, buka aplikasi Device Manager dari menu pintasan Windows + X. Sekarang, di bawah kategori Kamera, temukan webcam atau perangkat kamera Anda dan klik kanan padanya. Selanjutnya, dari menu konteks yang terbuka , pilih opsi Copot pemasangan perangkat. Saat driver berhasil dicopot pemasangannya, tekan opsi Tindakan > Pindai perubahan perangkat keras. Ini akan memungkinkan Windows untuk menginstal ulang driver kamera yang hilang pada sistem Anda. Setelah selesai, restart PC Anda dan periksa apakah masalah “Kamera OBS / Webcam Tidak Bekerja” telah diperbaiki atau tidak.
Jika masalah berlanjut, lanjutkan ke perbaikan potensial berikutnya untuk mengatasinya.

Lihat: Perbaiki Webcam terus mati dan hidup lagi.
7] Perbarui OBS Studio ke versi terbaru
Aplikasi ini kemungkinan tidak berfungsi jika Anda menggunakan versi lama. Jika Anda memiliki OBS Studio versi lama, Anda mungkin dapat mengatasi masalah yang ada. Jadi, jika skenarionya berlaku, perbarui OBS Studio ke versi terbarunya dan kemudian periksa apakah masalahnya hilang atau tidak. Berikut cara melakukannya:
Pertama, buka aplikasi OBS Studio dan buka menu Tools. Sekarang, dari opsi yang muncul, klik tombol Periksa Pembaruan. OBS Studio akan mencari pembaruan yang tersedia dan setelah selesai, Anda akan diminta dengan opsi Perbarui Sekarang; cukup klik di atasnya. Setelah selesai menginstal semua pembaruan yang tertunda, aplikasi akan dimulai ulang. Anda kemudian dapat memeriksa apakah masalah telah diperbaiki atau tidak.
RELATED: Perbaiki OBS tidak menangkap Video Game di PC Windows.
8] Instal ulang OBS Studio
Restoran terakhir untuk memperbaiki masalah ini adalah menginstal ulang aplikasi OBS Studio. Instalasi OBS Studio mungkin telah rusak atau mungkin ada beberapa file instalasi yang terinfeksi atau rusak yang terkait dengannya. Dan dengan demikian, fungsi tertentu dari aplikasi tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, jika scnerio berlaku, Anda harus dapat memperbaikinya dengan menginstal ulang OBS Studio.

Anda harus menghapus instalasi OBS Studio dari PC Anda terlebih dahulu. Untuk melakukannya, buka Pengaturan menggunakan Win+I dan buka bagian Aplikasi > Aplikasi yang diinstal. Sekarang, cari aplikasi OBS studio dan tekan tombol menu tiga titik yang ada di sebelahnya. Selanjutnya, klik opsi Uninstall untuk menghapus aplikasi. Setelah selesai, pastikan Anda juga menghapus semua sisa file sisa dari PC Anda. Setelah itu, unduh OBS versi terbaru dari situs resminya dan instal di PC Anda. Buka aplikasi dan tambahkan Perangkat Video Capture untuk memeriksa apakah kamera berfungsi dengan baik sekarang.

Mengapa webcam saya tidak berfungsi Windows 11/10?

Webcam Anda mungkin tidak berfungsi jika rusak secara fisik atau tidak terhubung dengan benar ke PC. Juga, jika Anda belum mengaktifkan izin akses kamera di komputer Anda, webcam Anda tidak akan berfungsi. Selain itu, driver kamera yang ketinggalan zaman, gangguan antivirus, dll., juga dapat menyebabkan masalah yang sama.

Mengapa kamera saya layar hitam di OBS?

Masalah layar hitam di OBS Studio mungkin terjadi karena hak admin yang hilang untuk menjalankan aplikasi, grafis dan driver perangkat yang kedaluwarsa, overclocking yang diaktifkan, atau masalah kompatibilitas. Mungkin juga karena konflik aplikasi pihak ketiga.

Bagaimana cara mengaktifkan akses kamera di OBS?

Anda dapat mengaktifkan atau menambahkan perangkat kamera di OBS Studio menggunakan langkah-langkah di bawah ini:
Pertama, buka OBS Studio dan klik tombol + di dalamnya bagian Sumber. Sekarang, dari opsi yang tersedia, pilih opsi Perangkat Pengambilan Video. Setelah itu, beri nama perangkat Anda dan tekan tombol OK. Selanjutnya, atur properti pengambilan termasuk Perangkat (perangkat kamera), resolusi, FPS, format video , dll., dan tekan tombol OK.Setelah selesai, klik tombol Mulai Merekam dari sisi kanan bawah dan mulai gunakan kamera Anda untuk merekam video.
Sekarang baca:OBS Display Capture tidak berfungsi untuk OBS Studio.