Kecepatan internet kabel Ethernet dibatasi hingga 100 Mbps

Saat ini, kebanyakan orang cenderung lebih suka menggunakan Wi-Fi sebagai sarana utama untuk terhubung ke internet saat berada di rumah. Dan tidak ada yang salah dengan itu karena Wi-Fi cepat, tetapi yang terpenting, nyaman. Namun, masih jelas bahwa menghubungkan ke internet melalui koneksi Ethernet masih merupakan metode terbaik. Jika Anda menginginkan kecepatan andal yang berkisar dari 100Mbps hingga 1Gbps, maka koneksi Ethernet adalah taruhan terbaik Anda, tidak peduli apa kata orang. Sekarang, ada kalanya mereka yang memiliki koneksi serat Gigabit tidak bisa mendapatkan kecepatan 1Gbps yang mereka bayar karena kecepatan internet kabel Ethernet dibatasi hingga 100Mbps.

Kecepatan koneksi Ethernet dibatasi hingga 100 Mbps

Jika Anda menemukan bahwa kecepatan koneksi Ethernet Anda dibatasi 100Mbps, maka saran berikut dapat membantu Anda:
Masalah dengan kabel EthernetRouter rendah dan adaptor EthernetKonfigurasi pengaturan Kecepatan dan DupleksHubungi Penyedia Layanan Internet Anda1] Masalah dengan kabel Ethernet

Setiap kali ada masalah dengan koneksi internet melalui koneksi Ethernet, maka dalam banyak kasus , masalahnya terletak pada kabel itu sendiri. Koneksi 1Gbps tidak boleh dibatasi hingga hanya 100Mbps.

Jadi, sebaiknya periksa untuk melihat apakah Anda menggunakan kabel yang benar. Soalnya, untuk memfasilitasi koneksi 1Gbps, Anda memerlukan kabel Ethernet Cat5e atau Cat6 yang mendukung kecepatan hingga 10Gbps. Kabel apa pun yang lebih rendah tidak akan dapat memberikan kecepatan yang diinginkan, jadi selalu ingat itu.

Selain itu, ada kemungkinan kabel Anda rusak lebih dari satu. Misalnya, mungkin sudah tua atau serat di dalamnya sudah rusak. Jika Anda memiliki kabel cadangan, maka Anda dapat menggunakannya untuk menguji apakah kabel saat ini yang bermasalah.

Juga, jika Anda memiliki hub yang terhubung ke router, pastikan semua kabel Ethernet memiliki jenis yang sama, dan bahwa semua dalam kondisi baik. Jika satu saja gagal, maka itu sendiri dapat memengaruhi koneksi Anda secara keseluruhan dan mengurangi kecepatan maksimum.
2] Router dan adaptor Ethernet yang lebih rendah
Jika Anda menggunakan router lama, ada kemungkinan router tersebut tidak mendukung koneksi 1Gbps dan dibatasi hingga 100Mbps alih-alih. Ini bukan masalah untuk router modern, jadi kami percaya Anda harus berinvestasi di router baru dalam upaya untuk menyelesaikan masalah sekali dan untuk selamanya.

Router saat ini tidak mahal, jadi jika Anda tidak yakin mana yang harus dibeli, lalu bagaimana dengan Router Linksys WiFi 5, Dual-Band? Terjangkau dan mampu mendukung koneksi hingga 1,2Gbps, lebih dari yang sebenarnya Anda butuhkan.

Sekarang, dalam hal adaptor Ethernet yang terpasang di komputer Anda, tidak semuanya mampu Gigabit. Jadi, jika milik Anda tidak, apa yang harus dilakukan? Nah, Anda dapat berinvestasi dalam adaptor Ethernet murah yang mendukung koneksi Gigabit yang dihubungkan langsung ke port USB komputer Anda.
3] Konfigurasikan pengaturan Kecepatan dan Dupleks

Begini, Windows 11/10 hadir dengan fitur yang dikenal sebagai Kecepatan & Dupleks. Dengan fitur ini, pengguna dapat menentukan kecepatan port Ethernet. Jadi, bagaimana jika pengaturan ini mengalami perubahan di beberapa titik? Mari kita bahas cara mengatasi ini.
Klik ikon Pencarian yang terletak di Bilah Tugas.Selanjutnya, ketik Device Manager ke dalam kotak pencarian.Dari jendela Device Manager, buka Network Adapters.Perluas bagian Network Adapters dan klik kanan di adaptor Ethernet.Pilih opsi Properti melalui menu konteks.Ketika jendela baru muncul, silakan klik tab Lanjutan.Lihat bagian Properti dan pilih Kecepatan & Dupleks dari daftar.Buka menu tarik-turun di bawah Nilai dan pilih kecepatan yang sesuai.4] Hubungi Penyedia Layanan Internet AndaJika semuanya di atas gagal, maka Anda harus mempertimbangkan untuk menghubungi Penyedia Layanan Internet Anda secara langsung untuk mengetahui apakah masalahnya berasal dari mereka, bukan dari Anda. Jika itu adalah kesalahan ISP, maka Anda harus menunggu sampai mereka melakukan perbaikan sebelum Anda dapat online lagi.

BACA: Cara mematikan Wi-Fi secara otomatis saat kabel Ethernet dicolokkan in

Mengapa Ethernet saya terbatas to 100Mbps?

Ini adalah kejadian umum bagi mereka yang secara teratur menggunakan kabel Ethernet untuk koneksi internet. Soalnya, masalah bisa terjadi jika kabel cat5e sering diinjak, kursi terguling di atasnya, atau tersangkut di pintu, antara lain.

Bagaimana cara mengaktifkan 1Gbps di Ethernet?

Jika Anda ingin mengaktifkan 1Gbps pada koneksi Ethernet Anda, lalu arahkan ke Device Manager, dan dari sana, klik kanan pada driver Ethernet dan pilih Properties. Nah, dari area tab Advanced silahkan pilih Speed ​​& Duplex, lalu tentukan kecepatan yang diinginkan melalui area Value.