Kesalahan 1053: Layanan tidak menanggapi permintaan awal atau kontrol secara tepat waktu

Salah satu kesalahan Windows yang sering dilaporkan pengguna akhir-akhir ini adalah Kesalahan 1053, Layanan tidak menanggapi permintaan awal atau kontrol secara tepat waktu. Kesalahan ini terjadi ketika layanan membutuhkan waktu lebih lama untuk merespons di komputer Anda. Kesalahan dapat dilacak ke banyak alasan yang mengapa itu terjadi di banyak varian. Salah satu alasan kesalahan ini termasuk masalah dengan pengaturan batas waktu di komputer Windows Anda, di antara banyak lainnya.

Selanjutnya, kesalahan tidak hanya muncul ketika pengguna mencoba memulai layanan sistem di komputer mereka tetapi juga untuk pengembang yang membuat perangkat lunak khusus . Oleh karena itu, artikel ini telah menyusun berbagai cara untuk memperbaiki kesalahan ini di Windows 11/10, bersama dengan kemungkinan penyebab masalah.

Penyebab Kesalahan Layanan 1053 di Windows 11/10

Mengetahui penyebab kesalahan adalah satu-satunya cara untuk memperbaikinya lebih mudah, tetapi mungkin sulit untuk mengetahuinya. Inilah sebabnya mengapa kami telah menguraikan berbagai penyebab Kesalahan 1053 pada PC Windows:
Pengaturan batas waktu Windows: Aplikasi akan dipaksa untuk ditutup jika pengaturan batas waktu default di komputer Anda tidak terpenuhi. Ini adalah penyebab paling umum dari Layanan tidak merespons permintaan awal atau kontrol secara tepat waktu dan mungkin menjadi alasan di balik Anda juga. DLL atau Data sistem yang hilang: DLL atau Data sistem memungkinkan program berjalan dengan benar pada komputer, dan jika mereka hilang akan membuat aplikasi tidak responsif dan kemungkinan besar menyebabkan kesalahan ini. Kompatibilitas kerangka kerja: Untuk pengembang yang menghadapi masalah ini, itu dapat bertanggung jawab untuk itu. Jika Anda tidak menggunakan kerangka kerja yang sama untuk layanan dan alat di mana Anda menjalankan layanan, Anda pasti akan mendapatkan masalah seperti ini. Instalasi yang rusak: Jika hanya satu aplikasi yang menunjukkan kesalahan ini di komputer Anda, mungkin karena aplikasi sudah rusak. Satu-satunya cara adalah mencopot dan memasangnya kembali.
Semua ini harus dipertimbangkan untuk membuat perbaikan kesalahan menjadi lebih mudah.

Error 1053, Layanan tidak menanggapi permintaan awal atau kontrol secara tepat waktu

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, mengidentifikasi penyebabnya adalah diperlukan untuk memperbaiki masalah. Namun, jika Anda tidak dapat melakukannya, Anda perlu mencoba beberapa alternatif berbeda. Berikut adalah beberapa saran untuk memperbaiki Kesalahan 1053:
Modify pengaturan batas waktu melalui Windows Registry.Jalankan System File Checker.Uninstall dan Instal Ulang Aplikasi.Troubleshoot di Clean Boot State.Perbarui Windows di Komputer AndaPeriksa Izin.
Sekarang, mari selami detail masing-masing solusi ini:
1] Ubah pengaturan batas waktu melalui Windows Registry

Komputer Anda memiliki nilai batas waktu yang telah ditentukan sebelumnya yang mulai membaca setiap kali Anda mencoba meluncurkan aplikasi. Jika aplikasi tidak merespons dalam durasi waktu ini, Error 1503 akan muncul. Namun, Anda dapat mengubah pengaturan ini melalui registri untuk memberikan lebih banyak waktu bagi aplikasi untuk memuat di komputer Anda. Berikut adalah cara melakukannya:

Tekan Windows+ R untuk membuka Run Command Box.

Ketik regedit dan klik Enter. Ini akan membuka registri komputer Anda.

Pada jendela registri, navigasikan ke jalur file ini:
HKEY_LOCAL_MACHINESYSTEMCurrentControlSetControl
Anda cukup menempelkannya ke kotak pencarian.

Pada jalur Kontrol, cari ServicesPipeTimeout dan klik kanan untuk mengeditnya nilainya.

Namun, jika Anda tidak dapat menemukan kuncinya, Anda harus membuatnya sendiri. Untuk melakukannya, klik jalur Kontrol dan klik kanan pada ruang kosong di sisi kanan layar.

Pada menu tarik-turun yang dihasilkan, klik Baru dan tekan Nilai DWORD.

Beri nama kunci baru ServicesPipeTimeout dan simpan it.

Sekarang Anda dapat mengedit kunci ServicesPipeTimeout dengan mengklik kanan dan memilih Modify.

Kemudian masukan 180000 sebagai data Nilai dan atur Basis sebagai Desimal.

Klik OK untuk menyimpan perubahan dan restart komputer Anda.
2] Jalankan Sistem File Checker
Jika aplikasi di komputer Anda memberikan kesalahan ini karena file sistem yang rusak, maka Anda harus menjalankan System File Checker. Utilitas Windows ini akan membantu memperbaiki file sistem yang rusak dengan menggantinya dengan salinan cache yang disimpan di komputer Anda.
3] Copot dan Instal Ulang Aplikasi

Terkadang, mungkin ada masalah dengan aplikasi yang Anda coba luncurkan, dan karena ini, kesalahan batas waktu mungkin mulai muncul. Satu-satunya cara untuk menyelesaikan masalah, dalam hal ini, adalah mencopot pemasangan aplikasi dan memasangnya kembali.
Buka Control Panel dan setel opsi Lihat menurut di sudut kanan atas layar ke ikon Kecil.Klik Program dan Features.Klik kanan program yang ingin Anda uninstall dan pilih UninstallKemudian klik Yes untuk mengkonfirmasi tindakan.
Setelah ini, instal ulang aplikasi dan coba luncurkan lagi.
4] Troubleshoot di Clean Boot State
Untuk mencari tahu apa yang menyebabkan masalah, Anda mungkin harus melakukan Boot Bersih dan kemudian secara manual mengidentifikasi pelaku.
5] Perbarui Windows di Computer
Outdated Windows Anda juga bisa menjadi alasan yang Anda dapatkan. Layanan tidak menanggapi permintaan awal atau kontrol dengan kesalahan mode tepat waktu. Oleh karena itu, Anda harus memeriksa pembaruan yang tertunda di komputer Anda dan melanjutkannya.
Untuk membuka Setelan, tekan tombol Windows + I.Klik Keamanan & Pembaruan.Periksa Pembaruan Windows untuk melihat apakah ada pembaruan yang tersedia. Jika ada, instal dengan mengikuti petunjuk.6] Periksa Permissions
Hal lain yang terkadang menyebabkan masalah adalah jika Anda tidak memiliki kepemilikan yang tepat dari aplikasi yang Anda coba buka. Karena ini, aplikasi tidak akan merespons dan mungkin muncul Kesalahan 1053. Untuk memperbaikinya, Anda harus mengubah Kepemilikan aplikasi.

Terkait: Layanan Windows tidak akan mulai

Apa yang dimaksud dengan Kesalahan 1053? tidak menanggapi permintaan mulai atau kontrol secara tepat waktu adalah salah satu kesalahan yang muncul sebagian besar karena batas waktu saat mencoba memulai, menjeda, atau menghentikan layanan. Kesalahan ini memberi Anda masalah dengan fungsi aplikasi di komputer Anda.

Apa penyebab Kesalahan 1053: Layanan tidak merespons permintaan awal atau kontrol secara tepat waktu?

Beberapa hal dapat menjadi alasan di balik kesalahan ini, tetapi kami sebagian besar melacaknya kembali ke kerusakan aplikasi dan pengaturan batas waktu di komputer Anda. Jika aplikasi merespons dengan cepat, itu adalah masalah dengan aplikasi itu sendiri, dan kesalahan ini akan muncul jika waktu respons telah terlampaui.