Kesalahan COM terdistribusi 10001, Tidak dapat memulai Server DCOM

Beberapa pengguna Windows telah berhadapan langsung dengan kesalahan DistributedCOM 1001 yang aneh ketika mereka membuka Peraga Peristiwa. Biasanya, kesalahan ini muncul ketika orang mencoba menjalankan skrip atau mengubah fungsi tertentu di sistem operasi Windows. Kesalahan ini juga muncul saat pengguna mencoba menjalankan aplikasi dari Microsoft Store.

Event ID 10001, DistributedCOM, Tidak dapat memulai DCOM Server

DCOM atau Distributed Component Object Model adalah teknologi Microsoft eksklusif yang memungkinkan perangkat lunak Component Object Model (COM) berkomunikasi di seluruh jaringan. Layanan Komponen memerlukan protokol kabel DCOM untuk berkomunikasi dengan komponen Model Objek Komponen (COM) di komputer lain. Dalam sistem berbasis Windows, secara default, komputer jaringan awalnya dikonfigurasi untuk mengaktifkan DCOM. Apa itu COM? Ini adalah alat yang digunakan untuk konfigurasi dan pemecahan masalah tingkat lanjut.

Cara memperbaiki kesalahan DistributedCOM 10001

Untuk memperbaiki kesalahan DCOM 10001 pada komputer Windows 11/10 Anda, ikuti saran berikut:
Perbaiki Masalah dengan Aplikasi Dari Microsoft StorePerbaiki file yang rusak dengan Pemeriksa File SistemIzin Editor RegistriUbah izin Aplikasi ID
Event ID 10001, DistributedCOM, Tidak dapat memulai DCOM Server
1] Perbaiki Masalah dengan Aplikasi Dari Microsoft Store
Untuk memulai, kita harus melihat cara memperbaiki masalah yang berkaitan dengan aplikasi yang ditemukan di Microsoft Store. Ada beberapa cara untuk melakukan ini, jadi mari kita lihat beberapa di antaranya yang kami tahu pasti dapat berfungsi.
Pastikan Windows diperbarui: Tekan tombol Windows + I untuk membuka aplikasi Pengaturan. Dari sana, buka Pembaruan Windows > Periksa pembaruan. Jika pembaruan tersedia, pilih Instal Sekarang, lalu tunggu.

Pastikan aplikasi berfungsi dengan Windows 11: Dalam beberapa kasus, aplikasi mungkin tidak berfungsi karena tidak kompatibel dengan Windows 11. Sebaiknya periksa pembaruan aplikasi baru untuk mendapatkan versi terbaru yang berfungsi untuk sistem operasi. Perbarui Microsoft Store: Hal berikutnya yang harus Anda lakukan jika hal di atas gagal adalah memperbarui Microsoft Store. Anda lihat, Store adalah aplikasi untuk dirinya sendiri, jadi jika Anda ingin memperbaruinya, Anda harus mengklik ikon Store untuk membukanya. Setelah itu, klik Library > Get Updates.

Repair atau Reset aplikasi Microsoft Store: Kemungkinan Anda harus memperbaiki atau mereset aplikasi yang terpengaruh.2] Perbaiki file yang rusak dengan System File Checker

Jika cara di atas gagal, sebaiknya gunakan Pemeriksa File Sistem serta alat DISM Tool untuk memperbaiki file sistem atau image yang rusak.
Buka Command Prompt.Jalankan sfc /scannow.Restart komputer AndaCara menjalankan DISM.exe /Online /Cleanup-image /Restorehealth di CMDRestart komputer Anda.
Go depan dan periksa untuk melihat apakah pesan kesalahan masih muncul.
3] Salin ID Aplikasi dari Component Services

Pertama, Anda harus mengklik ikon pencarian yang terletak di Taskbar. Setelah itu, ketik Component Services. Setelah muncul di pencarian hasil, klik untuk membukanya. Sebuah jendela sekarang akan muncul. Perluas Component Services > Computers > My Computer > DCOM Config. Anda sekarang diminta untuk mengklik kanan pada layanan yang ingin Anda ubah. Pilih opsi Properties.
A setelah itu, pastikan untuk menyalin ID Aplikasi karena akan diperlukan nanti.
4] Ubah izin ID Aplikasi

Sekarang kita harus mengubah izin layanan tertentu. Ini adalah tugas sederhana, jadi mari kita bahas cara menyelesaikannya.
Tekan tombol Windows + R untuk membuka kotak dialog Run.Ketik Regedit ke dalam kotak dan tekan Enter.Got to Computer melalui folder `HKEY_CLASSES_ROOT.Paste Aplikasi ID tepat setelah ROOT dan tekan Enter. Klik kanan pada folder dengan nomor ID Aplikasi Klik Izin dari menu tarik-turun. Arahkan ke Lanjutan > Penginstal Tepercaya. Anda sekarang ingin mengubah kepemilikan menjadi Grup Administrator Lokal. Tekan Terapkan untuk Menyimpan perubahan. Selanjutnya, Anda harus memilih grup Administrator Lokal yang terletak di bawah tab Keamanan. Centang kotak Izinkan segera untuk mendapatkan Kontrol Penuh di bagian yang bertuliskan, Izin untuk Administrator. Tekan Terapkan > OK untuk menyimpan semua perubahan. setidaknya, kami berharap.

Terkait: Memperbaiki kesalahan DistributedCOM 10005

Bagaimana Anda mengatasi kesalahan DCOM Event ID 10001?

Dimungkinkan untuk menyelesaikan masalah ini dengan menginstal ulang aplikasi yang terpengaruh dalam upaya untuk memulihkan file yang hilang. Ini hanyalah metode dasar, tetapi lebih sering berhasil daripada tidak, jadi cobalah.

Kesalahan terkait:DCOM Event ID 10016 | Kesalahan DCOM 1084 | Kesalahan DCOM 1084 | Tidak dapat memulai Server DCOM, ID Peristiwa 10000.

Apa itu kesalahan DistributedCOM Windows 11/10

Dalam kebanyakan kasus, kesalahan DCOM menunjukkan kepalanya yang buruk setiap kali layanan atau aplikasi mencoba menggunakan DCOM, tetapi tidak memiliki izin yang tepat. Ini seharusnya tidak menjadi masalah besar karena, dalam kebanyakan situasi, kesalahan DCOM tidak akan mempengaruhi sistem komputer Anda, tetapi mereka tidak dapat menyumbat Peraga Peristiwa Anda.

Untuk apa DCOM digunakan?

OK, jadi bagi mereka yang mungkin bertanya-tanya, Komponen Terdistribusi Object Model (DCOM) adalah perpanjangan dari Component Object Mode, atau disingkat COM. Ini memungkinkan komponen perangkat lunak untuk berbicara satu sama lain di beberapa komputer yang semuanya terletak di jaringan area lokal (LAN), jaringan area luas (WAN), atau internet.
Cara menghapus log Peraga PeristiwaJika kesalahan DCOM menyumbat Peraga Peristiwa log, maka kita perlu membersihkan semuanya. Buka Command Prompt dengan menekan tombol Windows + X. Dari sana, pilih Command Prompt (Admin), atau Windows Terminal (Admin). Selanjutnya, Anda perlu menyalin dan menempel: untuk / F “token=*” %1 in (`wevtutil.exe el`) LAKUKAN wevtutil.exe cl “%1”. Tekan tombol Enter pada keyboard Anda.
Log Event Viewer sekarang harus dibersihkan tanpa masalah.