Kesalahan Diskpart Virtual Disk Service. Waktu operasi habis

Saat membuat partisi drive pada hard disk melalui utilitas Diskpart, beberapa pengguna mengalami kesalahan “Waktu operasi habis”. Mereka juga telah mencoba membuat partisi baru pada hard disk mereka melalui konsol Manajemen Disk tetapi menerima kesalahan “Operasi gagal diselesaikan”. Kedua kesalahan ini mencegah pengguna membuat partisi baru di hard disk mereka. Jika Anda melihat pesan kesalahan yang sama di konsol Manajemen Disk atau Diskpart, solusi yang dijelaskan dalam posting ini dapat membantu Anda memperbaiki masalah.

Pesan kesalahan lengkap yang diterima pengguna di konsol Manajemen Disk adalah sebagai berikut:

Operasi gagal diselesaikan karena tampilan konsol Manajemen Disk tidak mutakhir. Refresh tampilan dengan menggunakan tugas refresh. Jika masalah berlanjut, tutup konsol Manajemen Disk, lalu mulai ulang Manajemen Disk atau mulai ulang komputer.

Pesan kesalahan lengkap yang ditampilkan oleh Diskpart saat membuat partisi baru pada hard disk adalah sebagai berikut:

Kesalahan Layanan Disk Virtual: Waktu operasi habis.

DiskPart telah mereferensikan objek yang tidak mutakhir. Refresh objek dengan menggunakan perintah RESCAN. Jika masalah berlanjut keluar dari DiskPart, kemudian restart DiskPart atau restart komputer.

Perbaiki kesalahan Diskpart Virtual Disk Service, Waktu operasi habis

Penyebab dan solusi dari dua kesalahan di atas adalah sama. Konsol Manajemen Disk dan utilitas Diskpart menampilkan kesalahan ini ketika komputer Anda mati tiba-tiba karena kegagalan daya atau karena alasan lain segera setelah membuat partisi. Setelah Anda membuat partisi atau volume baru pada hard disk, Windows akan menulis entri registri yang sesuai untuk volume yang baru dibuat. Tetapi jika sistem Anda mati secara tiba-tiba sebelum Windows menyelesaikan proses penulisan entri registri untuk volume yang baru dibuat, volume tersebut tetap terinstal sebagian di sistem Anda. Dalam hal ini, ketika Anda mencoba membuat volume baru, volume yang salah dipasang mengganggu pembuatan volume baru. Karena itu, Anda menerima pesan galat di konsol Manajemen Disk dan Diskpart.

Selain pesan galat di atas, Anda mungkin juga melihat pesan munculan berikut:

Ditemukan Perangkat Keras Baru Windows perlu menginstal perangkat lunak driver untuk Perangkat Tidak Dikenal Anda

Solusi berikut dapat membantu Anda memperbaiki masalah ini.
Mulai ulang komputer dan coba lagiSegarkan objek dengan menggunakan perintah RESCANHapus perangkat Tidak Dikenal dari Pengelola PerangkatPeriksa apakah file volume.inf hilang
Di bawah ini, kami telah menjelaskan kedua solusi ini secara mendetail.
1] Mulai ulang komputer dan coba lagi
Jika Anda membaca pesan kesalahan dengan cermat, Anda akan diminta untuk me-restart utilitas Diskpart atau me-restart komputer jika masalah terus berlanjut. Karenanya, tutup Diskpart dan luncurkan lagi, lalu periksa apakah Anda dapat membuat partisi baru. Jika tidak, restart komputer Anda, lalu jalankan Diskpart lagi dan periksa apakah masalah masih berlanjut. Jika memulai ulang komputer tidak membantu, coba solusi berikutnya.
2] Segarkan objek menggunakan perintah RESCAN
Perintah Pindai Ulang di utilitas Diskpart digunakan untuk menemukan disk yang baru ditambahkan ke komputer. Anda dapat menjalankan perintah pindai ulang untuk mendeteksi perubahan dalam konfigurasi disk Anda. Saat menjalankan perintah ini, utilitas Diskpart akan memindai semua disk yang terpasang untuk perubahan konfigurasi dan juga memperbarui informasi lainnya, seperti volume dasar, sistem file, dan huruf drive. Menurut pesan kesalahan, menyegarkan objek dengan menggunakan perintah pindai ulang dapat memperbaiki masalah. Langkah-langkah untuk menjalankan perintah pindai ulang melalui utilitas Diskpart ditulis di bawah ini:
Luncurkan Prompt Perintah sebagai administrator. Ketik Diskpart dan tekan Enter. Ketik pindai ulang dan tekan Enter.
Setelah menyelesaikan perintah di atas, periksa apakah Anda dapat membuat partisi menggunakan Utilitas bagian disk. Jika Anda menerima pesan kesalahan yang sama saat membuat partisi melalui Diskpart, coba solusi berikutnya.

Terkait: Diskpart Virtual Disk Service error, Operasi tidak didukung oleh object
3] Hapus perangkat Tidak Dikenal dari Pengelola Perangkat
Jumlah volume yang dibuat pada Anda hard disk juga ditampilkan di Device Manager di bawah cabang Storage Volumes. Jika Windows mengalami kesalahan dengan volume penyimpanan tertentu, Anda akan melihat tanda peringatan untuk volume penyimpanan tersebut, atau volume tersebut diberi label sebagai “Perangkat tidak dikenal” di Pengelola Perangkat. Buka Pengelola Perangkat dan hapus instalan volume berlabel “Perangkat tidak dikenal.” Langkah-langkah untuk hal yang sama dijelaskan di bawah ini:

Tekan tombol Win + X dan pilih Pengelola Perangkat. Saat Pengelola Perangkat terbuka, perluas cabang Volume Penyimpanan. Jika Anda tidak melihat cabang Volume Penyimpanan, buka “View > Show hidden devices.” Klik kanan pada perangkat berlabel “Unknown device” dan pilih Uninstall device.Tutup Device Manager.
Sekarang, Anda seharusnya dapat membuat partisi baru menggunakan konsol Manajemen Disk atau utilitas Diskpart. Jika ini tidak berhasil, restart komputer Anda dan coba lagi. Jika masalah berlanjut, coba solusi berikutnya.
4] Periksa apakah file volume.inf hilang
Penyebab masalah lainnya adalah file volume.inf yang hilang dari folder Inf. Untuk memeriksa ini, buka kotak perintah Jalankan dan ketik perintah berikut. Setelah itu klik OK.
%Systemroot%inf
Perintah diatas akan membuka folder Inf. Sekarang, periksa apakah file volume.inf ada di sana. Jika tidak, ikuti petunjuk yang dijelaskan di bawah ini.

Buka Command Prompt yang ditinggikan. Klik Ya jika Anda menerima perintah UAC. Saat Command Prompt muncul di layar Anda, ketik perintah berikut dan tekan Enter.
sfc /verifyonly
Jika Anda melihat pesan “problems were found” setelah perintah di atas berhasil dijalankan, ketik perintah berikut dan tekan Enter.
sfc /scannow
Sekarang, buka folder Inf dengan menggunakan kotak perintah Run seperti yang dijelaskan di atas. Sistem Anda harus menampilkan file volume.inf. Jika Anda tidak menemukan file volume.inf di folder Inf, Anda harus menyalinnya dari komputer lain yang sehat dan kemudian menempelkannya ke folder Inf. Ini harus memperbaiki masalah. Perhatikan bahwa, komputer tempat Anda menyalin file volume.inf harus berjalan pada versi OS Windows yang sama dan memiliki arsitektur CPU yang sama dengan milik Anda.

Baca: Diskpart mengalami kesalahan, Parameternya salah.

Bagaimana caranya perbaiki Diskpart Kesalahan layanan disk virtual?

Diskpart adalah alat baris perintah yang kuat yang memungkinkan Anda mengelola hard disk yang terpasang di komputer Anda. Saat melakukan tindakan yang berbeda pada hard disk Anda melalui alat Diskpart, Anda mungkin menerima kesalahan layanan disk virtual yang berbeda, seperti “Hapus tidak diizinkan pada boot saat ini, sistem, pagefile, crashdump atau volume hibernasi,” “Waktu operasi habis,” dll. Kesalahan layanan diskpart virtual Diskpart yang berbeda memerlukan metode pemecahan masalah yang berbeda.

Misalnya, kesalahan layanan disk virtual “Hapus tidak diizinkan” mencegah Anda menghapus partisi tertentu pada hard disk Anda. Untuk mengatasi kesalahan ini, Anda dapat mencoba perbaikan berikut:
Nonaktifkan file paging,Luncurkan Command Prompt dari Windows RE, dll.
Dapatkah saya memulai ulang layanan disk Virtual?

Jika layanan disk Virtual tidak berjalan di sistem Anda, Anda dapat memulai melalui aplikasi Layanan di komputer Anda. Buka Manajer Layanan, lalu cari layanan Disk Virtual. Setelah Anda menemukannya, klik kanan padanya dan pilih Mulai (jika dihentikan), lalu pilih Mulai Ulang (jika sudah berjalan).

Semoga ini membantu.

Baca selanjutnya: DiskPart error, Data error cyclic redundancy check.