Kesalahan Pengoptimal Penyimpanan 0x8900002A, Operasi yang diminta tidak didukung oleh perangkat keras

Ketika Anda melihat log Peristiwa di PC Windows 11 atau Windows 10 Anda, Anda mungkin melihat pesan kesalahan Pengoptimal penyimpanan tidak dapat menyelesaikan retrim pada drive dengan kode kesalahan 0x8900002A dan ID Peristiwa 264. Meskipun tampaknya tidak ada yang merugikan efek pada sistem Anda karena kesalahan ini, dalam posting ini, kami menjelaskan mengapa masalah ini terjadi, dan tindakan apa yang perlu Anda ambil untuk mengurangi insiden tersebut.

Pengoptimal penyimpanan tidak dapat menyelesaikan retrim pada drive karena: Operasi yang diminta tidak didukung oleh perangkat keras yang mendukung volume (0x8900002A)

Perbaiki Kesalahan Pengoptimal Penyimpanan 0x8900002A, Operasi yang diminta tidak didukung oleh perangkat keras

Anda dapat mencegah perangkat Windows 11/10 Anda merekam Kesalahan Pengoptimal Penyimpanan 0x8900002A, Operasi yang diminta tidak didukung oleh perangkat keras di Log Peristiwa dengan mengambil menyarankan langkah-langkah yang diperlukan sebagai berikut:
Daftar periksa awal Perbarui WindowsMatikan Pengoptimalan TerjadwalJalankan CHKDSK dan S.M.A.R.T Test
Mari kita lihat deskripsi masing-masing rekomendasi.
1] Daftar periksa awal
Sebelum melanjutkan, periksa apakah drive yang mengeluarkan kesalahan adalah SSD. Jika demikian, SSD Anda mungkin tidak mendukung TRIM. Untuk memverifikasi ini, Anda dapat menggunakan alat seperti HWiNFO dan melihat properti drive – itu harus di bawah Mode Transfer. Meskipun, ada argumen di beberapa tempat apakah boleh mendefrag SSD; namun, lebih baik berhati-hati, dan nonaktifkan defragmentasi untuk SSD Anda. Di sisi lain, jika drive yang dimaksud bukan Solid State Drive tetapi hard drive yang berputar, hard drive tipe platter klasik, maka TRIM tidak didukung. Dan, Windows seharusnya tidak menjalankan TRIM terhadap HHD, tetapi bug telah dilaporkan sebelumnya dengan Windows 10 versi 2004 mengenai hal ini; karena ini bukan fitur yang didukung, pada HDD, fitur ini dapat diabaikan.

Namun, jika hal ini tidak terjadi pada Anda atau Anda tidak ingin Peraga Peristiwa mencatat kesalahan ini, Anda dapat melanjutkan dengan saran di bawah ini.
2] Perbarui Windows
Seperti yang telah ditunjukkan, Kesalahan Pengoptimal Penyimpanan 0x8900002A bukanlah masalah semata, tetapi sebenarnya salah satu masalah dan masalah atau bug yang diketahui pada Windows 10 versi 2004. Jadi, jika Anda sedang menjalankan versi Windows ini (yang akhir servis adalah pada 14 Desember 2021), Anda cukup memperbarui ke versi/build Windows terbaru di perangkat Anda.
3] Matikan Pengoptimalan Terjadwal

Di Windows 11/10, Disk Defragmentasi adalah cara untuk mengatur disk Anda. Itu dapat mengatur data yang tersimpan di disk sedemikian rupa sehingga kecepatan komputer Anda meningkat dan menjadi lebih efisien. Karena menjalankan Disk Defragmenter atau Alat Optimalkan Drive bawaan memicu kesalahan dalam tampilan, langkah logis yang harus diambil adalah menonaktifkan Pengoptimalan Terjadwal untuk drive yang dimaksud. Jika Anda harus menjalankan defragmentasi disk, Anda dapat mencoba salah satu Perangkat Lunak Defragmentasi pihak ketiga gratis untuk Windows 11/10.
4] Jalankan CHKDSK dan S.M.A.R.T Test
Saran ini harus dianggap sebagai renungan. Untuk memastikan drive Anda dalam kondisi sempurna, Anda dapat menjalankan CHKDSK untuk memperbaiki bad sector yang mungkin memicu false positive. Anda juga dapat menjalankan tes SMART untuk melihat kesehatan drive Anda.

Semoga postingan ini cukup informatif dan bermanfaat bagi Anda!

Bagaimana cara memperbaiki pengoptimalan Windows 11/10 yang tidak tersedia?

Untuk memperbaiki masalah saat Alat Pengoptimalan Drive menunjukkan Never Run atau Optimization tidak tersedia di PC Windows 11/10 Anda, lakukan hal berikut:
Tekan tombol Windows + R dari Keyboard.Ketik services.msc dan tekan Enter.Search for Optimize drive Service.Double click pada Optimize drive Service dan klik tombol Start.Klik pada daftar dropdown dan atur jenis Startup ke Automatic.
Haruskah Saya Mengoptimalkan Drive Windows 11/10?

Windows 10 akan secara otomatis menjalankan utilitas `Optimalkan Drive` di komputer Anda setiap minggu untuk Mendefrag Hard Disk dan meningkatkan kinerjanya. Namun, ini mungkin tidak selalu terjadi dan sebaiknya pastikan bahwa Hard Disk Drive di komputer Anda tidak terlalu terfragmentasi.