Kesalahan sinkronisasi OneNote 0xE4010641, Anda sedang offline atau lokasi jaringan tidak tersedia

Dalam artikel ini, kita akan membahas alasan mengapa kesalahan sinkronisasi OneNote 0xE4010641 terjadi dan cara untuk memperbaiki kesalahan ini. Saat kode kesalahan 0xE4010641 terjadi di OneNote, buku catatan Anda tidak akan disinkronkan. Pesan kesalahan yang ditampilkan OneNote adalah sebagai berikut:

Kami tidak dapat menyinkronkan buku catatan karena Anda sedang offline atau karena lokasi jaringan tidak tersedia. (Kode kesalahan: 0xE4010641)

Jelas dari pesan kesalahan bahwa kode kesalahan 0xE4010641 di OneNote terjadi karena masalah jaringan. Namun, ada alasan lain juga yang memicu kesalahan ini. Anda akan melihat kesalahan ini di OneNote jika salah satu kondisi berikut terpenuhi:
Sambungan internet Anda tidak berfungsi.Jika server tempat buku catatan OneNote Anda disimpan offline untuk sementara, Anda akan melihat pesan kesalahan sinkronisasi ini.Jika Anda bekerja di organisasi dan buku catatan Anda disimpan di Sharepoint atau server lokal, dan seseorang di organisasi Anda telah menonaktifkan server. Buku catatan Anda di server tidak ada lagi karena seseorang yang memiliki akses ke server itu telah menghapusnya.
Galat sinkronisasi OneNote 0xE4010641, Anda sedang offline atau lokasi jaringan tidak tersedia

Seperti yang dijelaskan di atas dalam artikel ini, masalah jaringan adalah salah satu penyebab kesalahan ini. Karena itu, periksa dulu koneksi internet Anda. Kami juga menyarankan Anda menunggu beberapa saat dan melihat apakah kesalahan teratasi dengan sendirinya. Jika tidak, coba solusi yang disebutkan di bawah:
Tutup dan buka OneNote lagiSinkronkan buku catatan Anda secara paksaPeriksa status Kesehatan Layanan OneDriveHubungi administrator TI atau SharePoint AndaHapus cache OneNoteBuat bagian atau buku catatan baru
Di bawah ini, kami telah menjelaskan semua solusi ini secara mendetail.
1] Tutup dan buka OneNote again
Untuk memeriksa apakah masalah terjadi karena kesalahan kecil atau tidak, tutup aplikasi OneNote, tunggu beberapa saat, dan buka kembali. Jika ini memperbaiki masalah, Anda akan menghemat waktu pada metode pemecahan masalah lainnya.
2] Sinkronkan paksa buku catatan Andas
Anda dapat mencoba menyinkronkan buku catatan Anda secara paksa dan melihat apakah ini membantu. Langkah-langkah untuk memaksa buku catatan Anda disinkronkan dijelaskan di bawah ini:

Buka OneNote.Buka “File > Info.” Sekarang, klik Lihat Status Sinkronisasi. Jendela Sinkronisasi Buku Catatan Bersama akan muncul. Klik tombol Sinkronkan Sekarang di samping buku catatan yang terpengaruh.3] Periksa Status Kesehatan OneDrive

Seperti yang dijelaskan di atas dalam artikel ini, kesalahan sinkronisasi OneNote 0xE4010641 terjadi karena masalah jaringan. OneNote menyimpan semua buku catatan Anda di awan, seperti Sharepoint, OneDrive, dll. Jika buku catatan OneNote Anda disimpan di OneDrive dan ada masalah pemadaman di OneDrive, OneNote tidak akan bisa menyinkronkan buku catatan Anda hingga masalah tersebut diperbaiki. Untuk mengonfirmasi masalah pemadaman di OneDrive, periksa Status Kesehatan OneDrive. Jika OneDrive memperlihatkan masalah pemadaman, Anda harus menunggu hingga Microsoft memperbaiki masalah.
4] Hubungi SharePoint atau administrator TI Anda
Jika seseorang di organisasi Anda telah mematikan server untuk pemeliharaan, Anda akan melihat pesan kesalahan ini saat menyinkronkan buku catatan Anda di OneNote. Dalam kasus seperti itu, Anda tidak dapat melakukan apa pun. Oleh karena itu, hubungi Sharepoint atau administrator TI Anda untuk memperbaiki masalah.
5] Hapus cache
OneNoteMasalahnya mungkin terjadi karena cache OneNote yang rusak. Dalam kasus seperti itu, menghapus cache OneNote akan memperbaiki masalah. Untuk menghapus cache OneNote, Anda harus menghapus semua data di dalam folder cache. Anda akan menemukan folder cache di lokasi berikut di sistem Anda:
C:UsersusernameAppDataLocalMicrosoftOneNote16.0

Di jalur di atas, ganti nama pengguna dengan nama komputer Anda. 16.0 di jalur di atas mewakili versi Microsoft Office yang diinstal pada sistem Anda. Misalnya, jika Anda memiliki Microsoft Office 2016, Anda akan melihat folder 16.0 di direktori, jalur yang disebutkan di atas.

Ketika Anda menghapus cache OneNote, semua data yang tidak disinkronkan akan dihapus. Oleh karena itu, disarankan untuk mencadangkan buku catatan yang tidak disinkronkan sebelum melakukan tindakan ini.
6] Buat bagian baru atau notebook
Jika tidak ada masalah jaringan tetapi OneNote menampilkan kode kesalahan 0xE4010641, Anda dapat mencoba satu hal. Buat bagian baru di buku catatan yang ada dan salin semua konten dari bagian bermasalah ke bagian yang baru dibuat. Setelah itu, OneNote akan mulai menyinkronkan bagian yang baru dibuat secara otomatis. Saat OneNote berhasil menyinkronkan bagian baru, Anda bisa menghapus bagian lama dan mengganti nama bagian baru. Jika ini tidak membantu, buat buku catatan baru, lalu salin semua konten dari buku catatan yang bermasalah ke buku catatan baru. Saat OneNote menyinkronkan buku catatan baru, hapus yang lama.

Baca: Memperbaiki OneNote Tidak berfungsi, Tidak terbuka, Masalah, Kesalahan, Masalah.

Bagaimana cara menyinkronkan OneNote secara otomatis?

Untuk menyinkronkan OneNote secara otomatis, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Buka OneNote.Buka “File > Info > Lihat Status Sinkronisasi.” Sekarang, pilih opsi “Sinkronkan secara otomatis setiap kali ada perubahan”. Klik Tutup. Setelah itu, OneNote akan mulai menyinkronkan semua buku catatan Anda secara otomatis.

Mengapa saya tidak bisa menyinkronkan OneNote saya?

Mungkin ada menjadi beberapa alasan mengapa Anda tidak bisa menyinkronkan OneNote Anda. Pertama, Anda harus memeriksa koneksi internet Anda. Jika koneksi internet berfungsi dengan baik, tetapi OneNote memperlihatkan kesalahan sinkronisasi kepada Anda, periksa apakah OneDrive mengalami masalah pemadaman dengan mengunjungi halaman Status Kesehatan OneDrive. Solusi ini hanya berlaku jika Anda telah menyimpan buku catatan Anda di OneDrive.

Jika OneNote tidak menyinkronkan buku catatan Anda sendiri, periksa apakah Anda telah menyetel sinkronisasi OneNote ke manual. Langkah-langkah berikut akan memandu Anda dalam hal ini:
Buka OneNote. Buka “File > Info > Lihat Status Sinkronisasi.” Ini akan membuka jendela Sinkronisasi Buku Catatan Bersama.Jika opsi Sinkronkan secara manual dipilih, ubah ke Sinkronkan secara otomatis setiap kali ada perubahan.
Untuk memperbaiki kesalahan sinkronisasi di OneNote, Anda dapat membuat buku catatan baru dan menyalin semua konten dari buku catatan yang terpengaruh ke yang baru.

Semoga ini membantu.

Baca selanjutnya: Kesalahan sinkronisasi OneNote 0xE40105F9.