Kiat Pengoptimalan SSD untuk kinerja yang lebih baik di PC Windows

SSD atau Solid State Drive adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kecepatan membaca dan menulis Anda dengan pesat. Tetapi masih banyak yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kinerja lebih lanjut. Artikel ini akan memberi Anda beberapa kiat pengoptimalan SSD untuk kinerja yang lebih baik, jadi, bacalah dan pilih salah satu yang Anda suka.

Kiat Pengoptimalan SSD Terbaik untuk kinerja yang lebih baik

Berikut adalah kiat pengoptimalan SSD untuk kinerja yang lebih baik di komputer Windows 11/10 Anda:
Make pastikan untuk mendapatkan perangkat yang tepatNonaktifkan Fast StartupAktifkan TRIMPerbarui Firmware dan Driver SSDAktifkan AHCIOptimalkan SSD menggunakan Crucial Storage ExecutiveKelola Write CachingGunakan High-Performance Power Plan
Mari kita bicarakan secara detail.
1] Pastikan untuk mendapatkan perangkat yang tepat
Anda tidak bisa hanya mendapatkan SSD acak dan menyebutnya sehari. Setiap perangkat memiliki beberapa spesifikasi dan Anda perlu memastikan bahwa Anda mendapatkan yang benar. Jika Anda menggunakan komputer desktop dan berencana untuk mendapatkan SSD SATA, hal pertama yang perlu diperiksa adalah ketersediaan slot atau kabel untuk menyambungkan perangkat. Kurangnya ruang dapat memaksa Anda untuk menyadap kabel Y-split, yaitu bukan pilihan yang buruk, untuk mencolokkan drive. Terlepas dari ini, ada variabel yang berbeda, jadi, jika opsi dapat diperdebatkan, coba konsultasikan dengan ahli.
2] Nonaktifkan Fast Startup

SSD dikenal untuk mengurangi waktu yang diperlukan dalam proses booting dan Fast Startup dimaksudkan untuk melakukan hal yang sama. Namun, Fast Startup di atas kecepatan booting SSD yang cepat, tidak membuat banyak perbedaan. Jadi, akan lebih baik untuk menonaktifkan Fast Startup dan memungkinkan sistem Anda untuk boot dengan benar. Ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk menonaktifkan Fast Startup.
Buka Control Panel.Buka Hardware and Sound > Power Options.Klik Change what the power button does > Change settings that are available.Untick Turn on fast startup.Click Save Changes.
Ini akan optimalkan SSD Anda.
3] Aktifkan TRIM

TRIM adalah fitur yang memberi sinyal SSD blok data yang tidak lagi digunakan dan dapat dihapus dengan aman untuk dapat ditulis kembali. Ini membantu meningkatkan kinerja SSD dan harus diaktifkan di sistem Anda. Windows cenderung tetap mengaktifkannya secara default, tetapi kami masih akan memeriksa apakah fitur tersebut berfungsi. Untuk melakukannya, buka Command Prompt dan jalankan command.
fsutil behavior set disabledeletenotify 0
Jika Anda melihat Disabled, maka TRIM diaktifkan. Saya tahu ini berlawanan dengan intuisi, tetapi baca perintah.
4] Perbarui Firmware SSD dan Driver
Selanjutnya, coba perbarui Firmware SSD yang disertakan dengan drive Anda dan coba perbarui driver perangkat Anda. Firmware dapat diunduh dari situs web produsen, driver perangkat dapat diunduh dari salah satu metode berikut.
Unduh Driver dan Pembaruan Opsional dari Setelan.Buka situs web produsen dan unduh driver Anda.
Ini akan memastikan bahwa Anda selalu aktif -to-date.
5] Enable AHCI
AHCI adalah singkatan dari Advanced Host Controller Interface (AHCI), ini menentukan pengoperasian pengontrol host Serial ATA (SATA) dengan cara yang tidak spesifik untuk implementasi di chipset motherboardnya. Anda perlu mengaktifkan AHCI dari BIOS dan mengoptimalkan pengalaman Anda lebih jauh.
6] Optimalkan SSD menggunakan Crucial Storage Executive
Crucial Storage Executive adalah perangkat lunak yang akan membantu Anda dalam mengoptimalkan SSD. Ini adalah firmware yang akan menjaga Solid State Drive Anda dengan memperbarui firmware, driver, dan lainnya. Jadi, lanjutkan dan unduh Crucial Storage Executive secara gratis.
7] Kelola Write Caching
Write Caching adalah salah satu fitur yang paling kontroversial. Pada beberapa sistem, ini membuat pengalaman menjadi lebih baik, sedangkan pada beberapa sistem, ini menurunkan kinerja SSD. Apa yang kami sarankan adalah mencoba menonaktifkan Write Caching dan jika Anda melihat penurunan kinerja SSD, hidupkan kembali.
8] Gunakan Rencana Daya Kinerja Tinggi

Terakhir, kami akan meminta Anda untuk Rencana Daya Kinerja Tinggi. Mode ini bekerja sangat baik dengan SSD, namun, ini dapat sedikit menguras baterai Anda. Jadi, ini sedikit kompromi, tetapi jika Anda setuju, ikuti langkah-langkah yang ditentukan untuk beralih ke High Performance Power Plan.
Buka Control Panel.Buka Hardware and Sound > Power Options.Pilih High Performance Plan atau Ultimate Performance Plan.
Close Control Panel, mulai ulang komputer Anda dan SSD Anda akan dioptimalkan.

Apakah pengoptimalan bagus untuk SSD?

Ya, pengoptimalan bagus untuk semuanya. Namun, Anda perlu memastikan bahwa Anda tidak terlalu mengoptimalkan hal-hal, juga, banyak pengguna cenderung melakukan hal-hal yang berlebihan saat mencoba mengoptimalkan perangkat mereka. Jadi, jika Anda ingin mengoptimalkan SSD, pastikan untuk menjalankan tip yang disebutkan dalam panduan ini.

Apakah SSD yang lebih tinggi meningkatkan kinerja?

Ya, SSD akan meningkatkan kinerja sistem Anda. Mereka tidak hanya akan memiliki kecepatan baca dan tulis yang lebih cepat tetapi hanya akan mempercepat proses booting. Jadi, jika Anda berada di pasar yang mencari sesuatu untuk meningkatkan sistem Anda, SSD harus berada di urutan teratas daftar Anda.

Itu saja!

Baca Juga: Memperbaiki Kecepatan Baca atau Tulis SSD yang Lambat di PC Windows.