Komputer ini tidak memiliki cukup ruang untuk file sementara, Error 0x80070103

Apakah Anda menerima pesan kesalahan yang mengatakan Komputer ini tidak memiliki cukup ruang untuk file sementara? Itu terjadi ketika Anda tidak memiliki cukup ruang di drive tempat Anda menginstal Pembaruan Fitur Windows atau mengunduh Pembaruan Windows di komputer Windows 11 atau Windows 10 Anda. Posting ini akan memandu Anda tentang bagaimana Anda dapat memperbaiki masalah.

Mengapa kesalahan ini Komputer ini tidak memiliki cukup ruang untuk file-file sementara terjadi?

File sementara hanya ada selama mereka digunakan dan disimpan sementara dalam folder. Folder sementara tidak dihapus saat komputer Anda di-restart, melainkan dihapus dari program yang membuatnya atau dari OS itu sendiri. File sementara tersebut dibuat saat menginstal Pembaruan Windows atau software.

Error 0x80070103, Komputer ini tidak memiliki cukup ruang untuk file sementara

Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu membuat cukup ruang untuk file sementara. gunakan metode berikut:
Jalankan Storage SenseTemukan File & Aplikasi BesarMeningkatkan Ruang DiskRelokasi Aplikasi ke lokasi lain

Anda mungkin memerlukan izin admin untuk beberapa di antaranya.

1] Jalankan Storage Sense
Storage Sense adalah fitur di Windows 11 yang secara otomatis mengelola penyimpanan secara cerdas. Itu dapat memantau penggunaan penyimpanan Anda dan memperingatkan Anda ketika penyimpanan penuh. Anda juga dapat mengonfigurasinya untuk mengosongkan Recycle Bin dan folder Unduhan dengan mudah.

Buka Pengaturan Windows (Win + I)Navigasi ke Sistem > Penyimpanan > Sense PenyimpananAktifkan pembersihan konten Pengguna Otomatis togglePilih apa yang ingin Anda bersihkan lalu klik Run Storage Rasakan sekarang button
Ini akan menghapus file dari sebagian besar lokasi, terutama folder sementara yang tersedia di folder Windows.

2] Temukan File & Aplikasi Besar (Rekomendasi Pembersihan)
Menemukan file besar selalu menjadi masalah di Windows, tetapi mudah ditemukan dengan fitur Rekomendasi Pembersihan.

Buka Pengaturan Windows > Sistem > PenyimpananKlik pada rekomendasi Pembersihan Ada empat opsi di sini—File sementara, File besar atau tidak digunakan, File yang disinkronkan ke cloud, dan aplikasi baruPeriksa masing-masing, lalu hapus apa yang tidak diperlukan.
Anda akan terkejut menemukan jumlah aplikasi yang tidak digunakan di PC Anda dan file
3] Perluas Partition

Jika tidak ada yang berhasil, maka saran selanjutnya adalah menambah ruang partisi primer. Namun, ada dua hal yang harus Anda ketahui. Pertama, Anda harus memiliki ruang di sebelah partisi, dan itu akan memakan waktu tergantung pada perangkat lunak yang Anda gunakan.

Buka Run Prompt menggunakan Win + RKetik diskmgmt.msc dan tekan Shift + Enter untuk meluncurkannyaPertama, pastikan ada ruang yang tidak terisi pada drive. Jika tidak, Anda harus membuatnya dengan menghapus yang sudah ada. Silakan klik kanan pada Drive Sistem atau Drive C dan pilih untuk memperpanjangnya. Anda juga perlu memastikan bahwa partisi tersebut ditandai sebagai Aktif. Tunggu hingga proses selesai, dan buat yakin untuk tidak menggunakan PC.

Ikuti panduan ekstensif kami tentang bagaimana Anda dapat memperluas Partisi untuk menambah Ruang Disk. Anda juga dapat menggunakan perangkat lunak pengelola partisi pihak ketiga untuk mempercepat proses.

4] Pindahkan Aplikasi ke lokasi lain
Jika ini adalah masalah penginstalan aplikasi atau perangkat lunak, Anda dapat memilih untuk menginstal itu di lokasi yang berbeda. Sebagian besar perangkat lunak desktop memungkinkan Anda untuk mengubah jalur sebelum menginstal. Di sisi lain, pengaturan Windows akan memungkinkan Anda untuk memindahkan beberapa aplikasi ke partisi yang berbeda.

Apakah boleh menghapus file dari Folder Unduhan?

Aman untuk menghapus apa pun yang Anda unduh di sana kecuali Anda menyimpan file penting ke dalam Unduhan map. Namun, ada baiknya untuk tidak menyimpan file penting dan memindahkannya ke lokasi yang aman.

Dapatkah saya menambahkan lebih banyak penyimpanan ke PC saya?

Anda selalu dapat menambahkan lebih banyak ruang penyimpanan berdasarkan konfigurasi PC Anda, tetapi jika Anda ingin menambahkan lebih banyak ruang penyimpanan ke drive yang ada, akan ada batasan. Jadi, jika Anda ingin menambahkan lebih banyak ruang ke drive sistem, Anda dapat mengubah drive dan bermigrasi ke sana atau menggunakan manajemen disk untuk memperluas drive sistem.