Komputer macet di BIOS Splash Screen

Jika ketika Anda mem-boot sistem Windows 11 atau Windows 10 Anda, Anda menemukan bahwa komputer macet pada BIOS Splash Screen, maka posting ini dimaksudkan untuk membantu Anda. Dalam posting ini, kami akan mengidentifikasi penyebab potensial, serta memberikan solusi yang paling memadai untuk menyelesaikan masalah.

Ketika PC Anda macet di layar splash BIOS, Anda tidak dapat melakukan hal lain pada sistem Anda karena Anda harus pindah dari di sana untuk mem-boot komputer Anda ke desktop secara normal. Masalah ini dapat terjadi karena salah satu alasan berikut;
RAM stick atau slot memori salah. Konfigurasi boot salah atau salah. BIOS rusak. Pembaruan Windows buruk
Komputer macet di BIOS Splash Screen

Jika PC Windows Anda macet berada di Layar Splash BIOS untuk waktu yang lama waktu dan tidak dapat masuk ke BIOS, maka berikut adalah solusi komprehensif & terbukti untuk memperbaiki masalah:
Daftar periksa awalStartup Perbaiki komputer menggunakan Media InstalasiRestore BIOS ke pengaturan defaultClear CMOSLakukan System RestoreClean Install Windows
Mari kita lihat deskripsi proses yang terlibat mengenai masing-masing solusi yang terdaftar.
1] Daftar periksa awal Sebelum Anda mencoba solusi di bawah ini, sebagai solusi cepat yang memungkinkan, Anda dapat melakukan hal berikut, dan setelah setiap tugas, lihat apakah sistem Anda dapat boot secara normal tanpa macet di layar splash BIOS:
Boot PC tanpa terhubung periferal. Periferal eksternal terkadang dapat berkonflik dengan sistem Anda dan memicu segala jenis kesalahan. Jadi, lepaskan semua periferal termasuk printer, pemindai, webcam, mouse, iPod, perangkat penyimpanan eksternal, dll. Reboot PC dengan keras. Sepertinya PC Anda mengalami kesalahan kecil dan sangat sementara BIOS Power-On Self-Test (POST) – jadi, mem-boot ulang sistem secara paksa karena macet akan membantunya memuat ulang pengaturan yang benar dan berhasil boot. Periksa urutan boot. Konfigurasi boot yang salah atau salah adalah kemungkinan penyebabnya. Jadi, jika Anda telah mengubah urutan boot, PC Anda akan kesulitan mencari tahu dari mana harus boot – jadi, ubah prioritas boot dan atur hard drive di atas daftar. Periksa RAM fisik. Karena komputer Anda tidak responsif saat startup, kemungkinan RAM Anda tidak terpasang dengan baik, atau dalam beberapa kasus, satu atau lebih modul RAM atau slot RAM Anda rusak. Jadi, keluarkan RAM Anda dari slot memori dan masukkan kembali RAM Anda ke dalam slot satu per satu saat mencoba melakukan booting setiap kali. Masalahnya bukan pada modul RAM Anda jika komputer Anda mulai tanpa satu atau lebih RAM – maka kemungkinan satu atau lebih slot memori pada motherboard Anda rusak. Anda mungkin ingin mencoba melepas modul dan memasukkannya ke dalam slot yang berbeda untuk mengetahui apakah salah satu slot rusak. Kembalikan pembaruan BIOS. Pembaruan BIOS yang gagal adalah kemungkinan penyebabnya. Jadi, jika Anda baru saja memperbarui BIOS, Anda dapat menurunkan versi BIOS ke versi sebelumnya. Demikian juga, jika masalah dimulai setelah pembaruan Windows baru-baru ini, Anda dapat menghapus pembaruan saat Windows tidak dapat melakukan booting..2] Startup Perbaikan komputer menggunakan Media

InstalasiJika komputer Windows 11/10 Anda macet di BIOS Splash Screen, bahkan setelah Anda pergi melalui daftar periksa awal, Anda dapat mencoba mem-boot dan memperbaiki komputer Anda menggunakan Media Instalasi. tidak dapat mengakses file Anda – data Anda tidak akan hilang selama proses perbaikan.
3] Kembalikan BIOS ke pengaturan default

Dalam kasus seperti ini, aman untuk mengatur ulang BIOS ke default. Paling sering, mengatur ulang BIOS akan mengatur ulang BIOS ke konfigurasi terakhir yang disimpan, atau mengatur ulang BIOS Anda ke versi BIOS yang dikirimkan bersama PC. Terkadang yang terakhir dapat menyebabkan masalah jika pengaturan diubah untuk memperhitungkan perubahan akun pada perangkat keras atau OS setelah instalasi. Bagaimanapun, mengatur ulang BIOS ke pengaturan default adalah prosedur sederhana untuk pengguna PC baru dan berpengalaman.
4] Hapus CMOS
Pada RAM motherboard komputer Anda, chip CMOS hadir – dengan bantuan Baterai CMOS, chip dapat diaktifkan terus-menerus, karenanya, pengaturan komputer Anda tidak akan dihapus. Jadi, ketika Anda menghidupkan komputer Anda, chip CMOS akan memberikan informasi yang diperlukan ke BIOS untuk mem-boot komputer Anda.

Inti dari membersihkan atau mengatur ulang baterai CMOS pada MOBO Anda adalah untuk mengatur ulang BIOS Anda ke pengaturan pabrik.
5] Lakukan System Restore

Anda dapat melakukan tugas ini dengan salah satu dari dua cara: boot ke Safe Mode dan kemudian lakukan System Restore secara normal dengan memilih titik pemulihan ketika Anda tahu PC Anda melakukan booting dengan baik tanpa masalah ATAU jika PC Anda tidak mau boot ke desktop , Anda dapat melakukan Pemulihan Sistem melalui Opsi Startup Lanjutan.

Jika pemulihan sistem tidak berhasil mengatasi masalah yang dihadapi, Anda dapat menyetel ulang Windows 11 menggunakan Opsi Startup Lanjutan dan melihat apakah itu membantu. Jika tidak, coba solusi berikutnya.
6] Periksa apakah motherboard rusak. Pada akhirnya, masalah yang Anda hadapi saat ini mungkin tidak terkait dengan perangkat lunak. Dalam hal ini, Anda perlu memeriksa apakah motherboard Anda buruk. Jika PC masih dalam garansi atau MOBO itu sendiri adalah pembelian baru, Anda dapat meminta perangkat keras didiagnosis oleh teknisi perangkat keras PC resmi. Bagaimanapun, jika perangkat kerasnya rusak, Anda perlu mengganti MOBO.

Semoga posting ini membantu Anda!

Pos terkait: Komputer tidak dapat boot ke BIOS

Bagaimana cara menghilangkan splash screen BIOS?

Akses BIOS dan cari apa pun yang mengacu pada menghidupkan, menghidupkan/mematikan, atau menampilkan layar splash (kata-katanya berbeda menurut versi BIOS). Setel opsi ke dinonaktifkan atau diaktifkan, mana pun yang merupakan kebalikan dari yang saat ini disetel. Saat disetel ke nonaktif, layar tidak lagi muncul.

Apa itu Splash Screen?

Dalam terminologi komputer umum, layar splash (atau disebut sebagai layar boot, kulit boot, atau layar selamat datang) adalah halaman pengantar yang ditampilkan sebagai program atau komputer sedang memuat atau mem-boot. Biasanya, layar splash dapat menyertakan logo atau gambar lain, serta nama perusahaan, dan terkadang slogan perusahaan.