Kontrol Aplikasi Cerdas di Keamanan Windows 11 dijelaskan

Microsoft selalu berusaha untuk membuat sistem dan aplikasinya lebih aman. Selain merilis patch keamanan, itu juga terus menambahkan lebih banyak fitur keamanan ke sistem untuk membuatnya lebih aman. Salah satu fitur baru yang ditambahkan adalah Smart App Control.

Smart App Control di Windows 11 Security

Apa itu Smart App Control?

Smart App Control di Windows Security menambahkan lapisan perlindungan tambahan terhadap malware dan ancaman yang muncul. Ia melakukannya dengan memblokir aplikasi berbahaya atau tidak tepercaya, serta Aplikasi yang Mungkin Tidak Diinginkan. Aplikasi tersebut dapat menyebabkan PC Anda berjalan lambat, menawarkan perangkat lunak yang dibundel, atau menampilkan popup iklan.

Meskipun kami dapat mengontrol aplikasi di Sistem Windows kami dan juga memblokirnya, prosesnya manual. Tidak ada opsi untuk mendeteksi aplikasi mana yang dapat berbahaya bagi sistem Anda dan memblokirnya secara otomatis. Untuk mengatasi masalah ini, Microsoft memperkenalkan fitur Kontrol Aplikasi Cerdas. Perbedaan antara fitur baru dan mekanisme sebelumnya adalah bahwa sebelumnya prosesnya manual dan sekarang teknologi pintar secara otomatis mengenali aplikasi yang bermasalah dan membatasinya.

Microsoft memiliki daftar aplikasi yang ditandatangani berbasis cloud yang akan diizinkan. Jika aplikasi tidak ditandatangani dan Anda adalah pengembangnya, maka Anda dapat membuatnya ditandatangani.

Bagaimana cara mengakses pengaturan Kontrol Aplikasi Cerdas?

Prosedur untuk mengakses Pengaturan Kontrol Aplikasi Cerdas adalah sebagai berikut:
Buka bilah Pencarian Windows dan cari Kontrol Aplikasi Cerdas . Ketika Anda menemukan aplikasi, klik untuk membuka yang sama. Sekarang klik Pengaturan Kontrol Aplikasi Cerdas untuk membuka yang sama.
Di bawah Pengaturan Kontrol Aplikasi Cerdas, opsi berikut tersedia:
On: Ini akan memblokir aplikasi jahat dan tidak tepercaya Evaluasi: Dalam hal ini mode belajar, fitur akan mengevaluasi jika aplikasi terlalu mengganggu Anda, dan jika demikian, akan memblokirnya di masa mendatang.Nonaktif: Jika Nonaktif, maka fitur tidak dapat dihidupkan tanpa menginstal ulang Windows.
Mengapa saya tidak dapat mengakses Smart Kontrol Aplikasi sekarang?

Microsoft telah memutuskan bahwa fitur tersebut akan tersedia hanya untuk “kandidat yang baik”. Ini karena fitur ini dapat memberikan negatif palsu yang bermasalah sehingga berdampak pada kinerja sistem operasi. Ini disebut menguji aplikasi dalam mode Evaluasi.

Opsi ini saat ini hanya tersedia untuk pemasangan baru Windows 11 saja. Jadi, jika Anda belum menemukan opsinya, kemungkinan besar, sistem operasi Anda bukan instalasi baru atau Anda bukan kandidat yang baik untuk opsi tersebut.

Fitur saat ini tersedia di versi Insider tetapi akan segera dibagikan ke versi stabil .

Mengapa saya tidak dapat kembali ke mode evaluasi untuk Kontrol Aplikasi Cerdas?

Jika periode mode Evaluasi berakhir atau Anda secara manual mengaktifkan atau menonaktifkan Kontrol Aplikasi Cerdas, maka Anda tidak akan dapat kembali ke mode evaluasi secara langsung. Namun, jika Anda menginstal ulang sistem operasi, Anda mungkin kembali ke mode Evaluasi untuk Kontrol Aplikasi Cerdas.

Dapatkah saya mengaktifkan atau menonaktifkan Kontrol Aplikasi Cerdas secara manual?

Ya, Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan opsi secara manual dari panel Pengaturannya, tetapi tidak direkomendasikan. Sebaiknya biarkan mode Evaluasi menentukan hal yang sama untuk Anda.

Apakah Kontrol Aplikasi Cerdas merupakan pengganti Windows Defender?

Windows Defender adalah produk perangkat lunak luas yang mencakup banyak jenis opsi keamanan. Kontrol Aplikasi Cerdas bekerja bersama-sama dengan Windows Defender untuk membuat sistem Anda lebih aman.

Bagaimana cara memasukkan aplikasi ke daftar putih Kontrol Aplikasi Cerdas?

Untuk alasan yang lebih dikenal oleh Microsoft sendiri, tidak ada opsi untuk memasukkan aplikasi tertentu ke dalam daftar putih untuk Kontrol Aplikasi Cerdas. Jika Anda benar-benar perlu menyetel aplikasi, Anda dapat MENONAKTIFKAN Kontrol Aplikasi Cerdas.