Konversi EML ke PDF menggunakan alat dan perangkat lunak online gratis ini

Apakah Anda ingin mengonversi file EML ke format PDF di PC Windows Anda? EML (Electronic Mail Format) adalah format file standar yang menyimpan pesan email yang disimpan dalam protokol Format Pesan Internet. Ini didukung oleh berbagai klien email termasuk SeaMonkey, Mozilla Thunderbird, Apple Mail, Microsoft Outlook Express, dll. Namun, untuk melihat atau mengonversi file EML di PC Windows, Anda memerlukan aplikasi khusus yang mendukung format.

Jika Anda ingin simpan pesan email dari file EML ke format dokumen seperti PDF, posting ini untuk Anda. Di sini, kami akan membagikan beberapa perangkat lunak gratis dan alat online yang memungkinkan Anda mengonversi format EML ke PDF di Windows 11/10. Jadi, tanpa banyak basa-basi, mari kita lihat konverter EML ke PDF gratis ini.

Konversi EML ke PDF menggunakan alat dan perangkat lunak online gratis ini

Berikut adalah alat dan perangkat lunak online gratis yang dapat Anda gunakan untuk mengonversi EML ke PDF di PC Windows:
Email ke PDF ConverterZamzardocupub.comCubexSoft Konverter EML ke PDFCoolutils Mail ViewerXtraxtor1] Konverter Email ke PDF

Email ke PDF Converter adalah perangkat lunak sumber terbuka dan gratis yang didedikasikan untuk mengonversi file EML ke format PDF. Karena mendukung konversi batch, Anda dapat mengonversi beberapa file EML ke PDF sekaligus. Keuntungan menggunakan perangkat lunak ini adalah Anda juga dapat mengekstrak lampiran dari file EML sumber. Semua teks, gambar, dan lampiran lainnya akan diekstraksi dan disimpan dalam folder terpisah dalam format aslinya.

Proses penggunaan konverter ini sangat mudah. Berikut adalah langkah-langkah yang harus diikuti:
Pertama, Anda perlu mengunduhnya lalu menginstalnya di PC. Sekarang, jalankan aplikasi dan tambahkan file EML sumber atau folder yang berisi file sumber ke dalamnya. Selanjutnya, jika Anda ingin menambahkan header email ke PDF keluaran, aktifkan kotak centang masing-masing. Setelah itu, Anda juga dapat mengaktifkan opsi Ekstrak Lampiran jika diperlukan. Terakhir, tekan tombol Mulai Konversi dan itu akan memulai proses konversi EML ke PDF batch.
PDF keluaran akan menjadi disimpan di lokasi yang sama dengan file EML sumber Anda.

Ini adalah konverter EML ke PDF yang sangat bagus dan mudah digunakan yang memungkinkan Anda melakukan konversi massal. Anda dapat mengunduhnya dari GitHub.
2] Zamzar

Zamzar adalah alat pengonversi file online yang dapat Anda gunakan untuk mengonversi EML ke PDF. Dengan menggunakan paket gratisnya, Anda dapat mengonversi file EML dalam jumlah terbatas ke format PDF sekaligus. Bahkan memungkinkan Anda mengonversi file EML yang disimpan di akun cloud Anda seperti Box, GoogleDrive, Dropbox, dan OneDrive. Anda bahkan dapat mengonversi file EML ke format lain termasuk PST, HTML, Gambar, RTF, TXT, dll.

Cara mengonversi EML ke PDF online?

Berikut adalah langkah utama untuk mengonversi file EML ke PDF online menggunakan Zamzar:
Pertama, buka situs web di sini dan unggah file EML sumber. Sekarang, atur format output ke PDF. Selanjutnya, tekan tombol Konversi dan itu akan mulai mengonversi file EML Anda ke PDF. Setelah proses selesai, Anda akan dapat mengunduh PDF yang dihasilkan .
Ini adalah alat pengonversi EML ke PDF online yang bagus yang dapat Anda gunakan secara gratis dengan fitur terbatas.

Baca:Bagaimana cara menyimpan email Gmail sebagai berkas EML ke desktop?
3] docupub.com

docupub.com adalah alat pengonversi dokumen online gratis menggunakan yang dapat Anda konversi EML ke PDF secara online. Ini memungkinkan Anda mengonversi satu file EML dalam satu waktu. Plus, ukuran file input maksimum bisa 24 MB. Ini juga menyediakan fitur untuk mengirim email PDF keluaran setelah konversi selesai. Mari kita lihat langkah-langkah konversi sekarang:
Pertama, buka docupub.com dan pilih format output sebagai PDF. Sekarang, atur konfigurasi output termasuk kompatibilitas (versi PDF), putar halaman otomatis atau tidak, dan resolusi. Selanjutnya, pilih sumber file EML dari PC Anda. Setelah itu, pilih Metode Pengiriman dari Tunggu konversi di browser dan Email saya tautan ke dokumen. Terakhir, tekan tombol Unggah & Konversi dan itu akan mulai mengonversi file EML Anda ke PDF.
Anda dapat mengunduh PDF yang dihasilkan setelah konversi selesai.

Baca:Cara membuka Email dan Lampiran MIME di Outlook?
4] CubexSoft EML to PDF Converter

Software lain yang dapat Anda gunakan adalah CubexSoft EML to PDF Converter. Seperti namanya, ini adalah aplikasi desktop gratis khusus untuk mengonversi EML ke PDF. Ini mendukung berbagai format output lain untuk mengonversi file EML Anda. Beberapa format ini termasuk PST, MBOX, RTF, DOC, DOCx, MHT, Thunderbird, dll.

Anda juga dapat mengonversi beberapa file EML ke format PDF sekaligus. Namun, dalam versi gratisnya, Anda dapat mengonversi hingga 2 pesan per folder sekaligus.

Untuk menggunakannya, unduh dari sini, lalu instal di PC. Setelah itu, luncurkan perangkat lunak dan klik tombol Add Files untuk mengimpor beberapa file EML atau folder yang berisi file sumber.

Setelah itu, tekan tombol Ekspor dari toolbar utamanya. Di jendela dialog yang baru dibuka, atur format output ke PDF dan sesuaikan berbagai opsi PDF seperti pengaturan halaman, simpan semua email dalam satu PDF, dll.

Anda juga dapat mengekstrak lampiran dari file input EML secara terpisah atau dalam PDF yang sama. Jika perlu, Anda dapat memfilter email menggunakan opsi filter lanjutan seperti rentang tanggal, subjek, ke, dari, dan lainnya. Terakhir, berikan lokasi keluaran dan tekan tombol Konversi untuk memulai konversi.

Ini adalah perangkat lunak pengonversi EML ke PDF gratis yang bagus yang dapat digunakan siapa saja tanpa kesulitan. Anda juga dapat membeli versi pro jika Anda ingin menggunakan beberapa fungsi tambahan.

TERKAIT:Cara mengekspor dan mengunduh email Gmail Anda sebagai file MBOX?
5] Coolutils Mail Viewer

Coolutils Mail Viewer adalah perangkat lunak penampil file email gratis khusus untuk Windows 11 /10. Dengan menggunakannya, Anda dapat melihat file EML serta mengonversinya ke PDF. Ini menawarkan fungsi Cetak yang dapat digunakan untuk konversi EML ke PDF. Mari kita lihat caranya.

Pertama, Anda perlu mengunduh dan menginstal aplikasi gratis ini di PC Anda. Setelah itu, buka file EML input di dalamnya. Anda akan dapat melihat file dalam format HTML, Teks, atau Header. Beralih ke format di mana Anda ingin mencetaknya sebagai PDF. Selanjutnya, tekan tombol Print dan jendela Print Preview akan terbuka. Sekarang, atur printer sebagai Microsoft Print ke PDF dan konfigurasikan properti seperti orientasi, pengaturan halaman, dll. Setelah selesai, klik tombol Print dan Anda akan dapat menyimpan file sebagai PDF.

Selain dari EML, ini juga memungkinkan Anda melihat file DAT dan MSG. Anda dapat mengunduhnya dari situs webnya. Perhatikan bahwa ini gratis untuk penggunaan pribadi non-komersial saja.

Baca:Bagaimana cara mengonversi file NSF menjadi file PST secara gratis?
6] Xtraxtor

Perangkat lunak konverter EML ke PDF berikutnya dalam daftar ini adalah Xtraxtor. Ini adalah konverter batch yang memungkinkan Anda mengonversi berbagai file email ke PDF. Anda juga dapat mengonversi file MSG, MBOX, DBX, OFT, dan lainnya menggunakan itu.

Untuk menggunakannya, unduh dan instal di PC, lalu buka antarmuka utamanya. Setelah itu, buka opsi Open > Email Data FIles > EML Files dan pilih sumber file EML yang ingin Anda konversi. Setelah Anda mengimpor file, Anda akan dapat melihat kontennya. Sekarang, buka opsi Ekspor dan pilih format output sebagai PDF. Anda sekarang dapat mengatur lokasi keluaran dan beberapa opsi seperti menyertakan header email, menyertakan pesan mentah, menyimpan lampiran dalam folder, menampilkan nomor halaman, dan banyak lagi. Terakhir, tekan tombol Simpan untuk memulai konversi.

Selain PDF, ini juga mendukung banyak format file lain untuk mengonversi file EML Anda. Format ini termasuk HTML, Teks, CSV, VCard, ICS, Gmail, MBOX, IMAP, dan banyak lagi.

Edisi gratisnya memiliki batasan bahwa Anda hanya dapat mengonversi 10 file email dari satu folder sekaligus. Untuk menghapus batasan ini, Anda dapat membeli edisi profesionalnya.

Baca:Cara mengonversi PST ke EML di Windows 11/10?

Bagaimana cara mengonversi EML ke PDF?

Ada dua metode untuk mengonversi EML ke PDF. Pertama, Anda dapat menggunakan alat online gratis seperti Zamzar yang memungkinkan Anda mengunggah file EML dan mengonversinya menjadi PDF online. Kedua, Anda dapat menggunakan aplikasi desktop gratis yang dapat digunakan untuk melakukan konversi EML ke PDF secara offline. Ada banyak perangkat lunak gratis seperti CubexSoft EML to PDF Converter dan Email to PDF Converter yang memungkinkan Anda melakukannya. Kami telah membagikan daftar lengkap konverter EML ke PDF di bawah ini, jadi lihat.

Apa yang membuka file EML?

Untuk membuka file EML di PC Windows, Anda dapat menggunakan aplikasi desktop gratis atau alat online gratis. Ada penampil file EML seperti Coolutils Mail Viewer, GroupDocs, Aspose, dan banyak lagi yang memungkinkan Anda membuka dan melihat file EML.

Lihat:Bagaimana cara melihat pratinjau file EML di Windows File Explorer?