Kursor tidak merespons di area layar tertentu di Windows 11

Beberapa pengguna telah memperhatikan bahwa kursor mouse mereka berhenti merespons di area tertentu dari layar di Windows 11. Menurut mereka, ada area transparan persegi kecil tepat di atas Taskbar di mana kursor tidak merespons. Jika Anda mengalami masalah seperti itu pada komputer Windows 11 Anda, posting ini memiliki beberapa saran untuk Anda agar Anda dapat mencoba memperbaiki masalah ini. memperbaiki masalah. Tapi masalah muncul lagi. Jika kursor mouse Anda tidak merespons di area layar tertentu di Windows 11/10, coba solusi yang tercantum di bawah ini:
Mulai ulang Windows ExplorerAkhiri proses MiniSearchHost di Pengelola TugasMengakhiri proses Pencarian di Pengelola TugasMatikan ikon Pencarian
Mari kita lihat semua ini solusi secara detail.
1] Mulai ulang Windows Explorer
Mulai ulang Windows Explorer dari Pengelola Tugas dan lihat apakah itu memperbaiki masalah Anda. Langkah-langkah untuk me-restart Windows Explorer adalah sebagai berikut:

Tekan tombol Win + R. Ketika kotak perintah Run muncul, ketik taskmgr dan klik OK. Pada Task Manager, gulir ke bawah dan temukan Windows Explorer. Setelah Anda menemukannya, klik kanan pada itu dan pilih Mulai Ulang.
Sekarang, periksa apakah masalahnya sudah diperbaiki.
2] Akhiri proses MiniSearchHost di Pengelola Tugas
Banyak pengguna telah menemukan proses MiniSearchHost sebagai penyebab masalah. Anda dapat memeriksa apakah proses MiniSearchHost berjalan di latar belakang. Jika ya, akhiri. Langkah-langkah untuk mengakhiri proses MiniSearchHost adalah sebagai berikut:
Buka Task Manager.Pilih tab Processes.Gulir ke bawah dan cari MiniSearchHost. Setelah Anda menemukannya, klik kanan padanya dan pilih End Task.
Jika Anda tidak menemukan proses MiniSearchHost di bawah tab Processes, cari yang sama di tab Details dari Task Manager.
3] Akhiri proses Pencarian di Task Manager
Jika solusi di atas tidak memperbaiki masalah Anda, buka Pengelola Tugas dan akhiri proses Pencarian. Langkah-langkah berikut akan membantu Anda dengan itu:
Buka Pengelola Tugas. Pilih tab Proses. Gulir ke bawah dan cari Cari. Anda akan menemukannya di bawah bagian Proses Latar Belakang.Klik kanan pada Pencarian dan pilih Akhiri Tugas.
Ini akan memperbaiki masalah.
4] Matikan ikon Pencarian
Masalah ini terjadi karena kotak transparan yang muncul di layar Anda saat Anda mengarahkan kursor ke kursor mouse di atas ikon Pencarian Windows. Jika solusi di atas tidak memperbaiki masalah Anda, Anda dapat mematikan ikon Pencarian di Windows 11.

Langkah-langkah untuk mematikan ikon Pencarian di Windows 11 adalah sebagai berikut:
Klik kanan pada Start dan pilih Pengaturan. Pilih kategori Personalisasi dari sisi kiri.Sekarang, klik pada tab Taskbar.Matikan tombol di sebelah Cari di bawah bagian item Taskbar.
Bagaimana cara memperbaiki kursor di Windows 11?

Anda mungkin mengalami beberapa masalah dengan kursor di Windows 11, seperti:
Kursor mouse menghilang, Kursor bergerak secara acak, Penunjuk mouse tertinggal, macet, gagap, dll.
Masalah di atas muncul karena banyak penyebab, seperti driver mouse rusak, perangkat lunak atau aplikasi yang bertentangan, port USB rusak, mouse rusak, baterai mati ( dalam kasus mouse Bluetooth), dll. Untuk memperbaiki masalah tersebut, Anda dapat mencoba perbaikan berikut:
Memperbarui, mengembalikan, atau menginstal ulang driver mouse Anda,Ganti baterai mouse Bluetooth Anda,Pecahkan masalah sistem Anda dalam status Boot Bersih,Ubah sensitivitas touchpad Anda,Hubungkan mouse USB Anda ke port USB lain,Periksa mouse Anda dengan menghubungkannya ke komputer lain, dll.
Bagaimana cara memperbaiki kursor yang tidak responsif?

Jika kursor Anda tidak menunjukkan gerakan atau bergerak tidak menentu atau lambat, komputer Anda mungkin memiliki driver mouse usang atau rusak. Buka Device Manager dan perbarui driver mouse Anda. Hal lain yang dapat Anda coba adalah mengubah kecepatan kursor mouse Anda.

Semoga ini membantu.