Layanan Print Spooler terus berhenti secara otomatis di Windows 11/10

Bahkan di era digital ini printer sering digunakan untuk banyak tugas. Ada banyak kesalahan yang terjadi pada printer dengan penggunaan biasa dan kami dapat memperbaikinya dengan mudah. Beberapa pengguna melaporkan bahwa Print spooler terus berhenti secara otomatis di Windows 11/10. Dalam panduan ini, kami memiliki beberapa solusi untuk memperbaiki masalah tersebut.

Apa itu layanan Print Spooler?

Print Spooler bertanggung jawab untuk menangani semua pekerjaan yang Anda kirim ke printer. Ini adalah layanan Windows yang menangani perintah cetak Anda. Tanpa layanan Print Spooler, tidak mungkin mencetak apapun.

Mengapa layanan Print Spooler berhenti secara otomatis?

Print Spooler berhenti secara otomatis karena berbagai alasan. Mungkin karena file sistem dan driver printer yang rusak atau kedaluwarsa, pengaturan layanan Print Spooler diatur ke manual, atau program pihak ketiga mengganggu spooler cetak.

Layanan Print Spooler terus berhenti secara otomatis di Windows 11/10

Jika Layanan Print Spooler terus berhenti secara otomatis di Windows 11/10, berikut adalah beberapa saran yang pasti akan memperbaiki masalah dengan benar.
Run Printer TroubleshooterSet Startup layanan Print Spooler ke AutomaticChange Print Spooler Recovery optionsHapus cache Print SpoolerPerbarui driver printerHapus Kunci Registri yang Tidak Diperlukan
Mari masuk ke detail setiap proses dan perbaiki masalahnya.
1] Jalankan Pemecahan Masalah Printerbsp

Jika printer berhenti secara otomatis karena kesalahan yang tidak kita ketahui, itu dapat diperbaiki dengan menjalankan pemecah masalah Printer. Saat Anda menjalankannya, secara otomatis memindai masalah dan menyelesaikannya secara otomatis.

Untuk menjalankan pemecah masalah Printer,
Buka aplikasi SetelanGulir ke bawah dan klik tab Pemecahan MasalahKemudian, klik Pemecah masalah lainnyaTemukan Printer di daftar dan klik Jalankan di sampingnyaPeriksa apakah sudah memperbaiki masalah.
2] Setel pengaktifan layanan Print Spooler ke Automatic

Kesalahan mungkin juga disebabkan jika pengaturan pengaktifan Print Spooler kacau. Anda perlu menyetelnya ke otomatis untuk menyelesaikan masalah dan melanjutkan pencetakan.

Untuk menyetel startup layanan Print Spooler ke otomatis,
Open Run commandType Services.msc dan tekan EnterFind Print Spooler di daftar ServicesKlik kanan padanya dan pilih PropertiesIn tab Umum, Anda akan menemukan Jenis startup. Klik tombol tarik-turun di sebelahnya dan pilih Otomatis. Kemudian, klik Terapkan lalu OK
Juga pastikan bahwa Layanan HTTP dan layanan Panggilan Prosedur Jarak Jauh (RPC) diatur ke Otomatis.

Mulai ulang PC Anda dan lihat apakah masalah telah diperbaiki .
3] Ubah opsi Pemulihan Print Spooler

Ada opsi yang tersedia untuk mengatur apa yang harus dilakukan layanan Print Spooler setelah kegagalannya saat menangani pekerjaan pencetakan. Anda perlu mengaturnya untuk Memulai ulang layanan setelah gagal. Ini akan membuat Print Spooler berjalan bahkan setelah banyak kegagalan dan menangani pekerjaan pencetakan Anda.

Untuk mengubah opsi pemulihan Print Spooler,
Open Run commandType Services.msc dan tekan EnterFind Print Spooler di daftar LayananKlik kanan padanya dan pilih PropertiesKlik pada tab Recovery . Klik tombol tarik-turun di samping Kegagalan pertama, Kegagalan kedua, dan Kegagalan berikutnya, lalu setel ke Mulai Ulang Layanan. Kemudian, klik Terapkan, lalu OK
Kemudian, tutup jendela Layanan dan mulai ulang PC Anda. Kemudian, lihat apakah kesalahan telah teratasi atau belum.
4] Hapus Print Spooler cache
Terkadang kesalahan tersebut mungkin juga disebabkan oleh cache yang menumpuk. Kerusakan yang terjadi dengan cache mungkin menyebabkan masalah. Anda perlu menghapus cache Print Spooler untuk memperbaiki masalah yang terkait dengannya. Sebelum membersihkan cache Print Spooler, Anda harus menghentikan layanan Print Spooler dan kemudian menghapus cache.

Untuk menghentikan Print Spooler,
Open Run commandType Services.msc dan tekan EnterFind Print Spooler di daftar ServicesKlik kanan padanya dan pilih Stop
It akan menghentikan layanan Print Spooler pada PC Anda. Anda perlu mengosongkan cache Print Spooler sekarang. Untuk melakukannya, Anda harus menjadi administrator atau memiliki hak administratif. Kemudian, navigasikan ke,
C:WindowsSystem32spoolPRINTERS
an dan hapus semua file dalam folder tersebut. Ini akan menghapus semua cache yang dibuat dan memperbaiki masalah. Kemudian, restart PC Anda dan periksa apakah masalah telah teratasi.
5] Perbarui driver Printer
Driver pada PC Windows adalah alat atau perangkat lunak terpenting agar PC dapat berjalan dengan lancar. Tanpa driver, Anda tidak dapat melakukan sebagian besar tugas. Demikian juga, pengandar pencetak yang kedaluwarsa atau rusak dapat menyebabkan layanan Print Spooler berhenti secara otomatis. Anda perlu memperbarui driver Printer pada PC Anda untuk memperbaiki masalah ini. Anda dapat menggunakan salah satu metode berikut untuk memperbarui driver printer:
Periksa Pembaruan Driver melalui Pembaruan Windows untuk memperbarui driver AndaKunjungi situs produsen untuk mendownload driver Printer.6] Hapus Kunci Registri yang Tidak Perlus

Masalah layanan Print Spooler juga dapat diperbaiki oleh Registry. Anda perlu menghapus kunci registri yang tidak perlu terkait dengan Printer untuk menyelesaikan masalah.

Sebelum membuat perubahan apa pun pada registri, Anda perlu mencadangkan registri Anda dan melanjutkan dengan perubahan.

Untuk menghapus kunci Registri yang tidak perlu,
Open Run commandType regedit dan tekan EnterNavigate atau tempel jalur berikut di bilah alamat Editor Registri dan tekan Enter64-bit: ComputerHKEY_LOCAL_MACHINESYSTEMCurrentControlSetControlPrintEnvironmentsWindows x64Print Processors32-bit: ComputerHKEY_LOCAL_MACHINESYSTEMCurrentControlSetControlPrint EnvironmentsWindows x86Print ProcessorsHapus semua yang ada di jalur itu kecuali folder winprint.
Kemudian, mulai ulang PC Anda dan lihat apakah masalah telah diperbaiki.

Berikut adalah berbagai cara yang dapat digunakan untuk memperbaiki jika spooler cetak berhenti secara otomatis di komputer Anda Windows 11/10.

Bacaan terkait:Cara mengaktifkan atau menonaktifkan Layanan Print Spooler di Windows 11/10.