Libcef.dll hilang atau tidak ditemukan di Windows 11/10

File DLL bernama Libcef.dll adalah Chromium Embedded Framework (CEF) Dynamic Link Library, yang digunakan oleh beberapa program dan aplikasi untuk dijalankan di Windows. Karena sangat penting untuk menjalankan aplikasi, jika file ini hilang dari komputer Anda, Anda mungkin mengalami kesalahan yang mengatakan, “Program tidak dapat memulai karena libcef.dll hilang dari komputer Anda.” Hari ini, kita akan melihat apa yang mungkin menyebabkan file DLL ini hilang dan bagaimana Anda dapat memperbaiki kesalahan ini jika dihadapkan dengan itu.

Perbaiki Libcef.dll hilang atau tidak ditemukan

Ada beberapa kesalahan file yang berkaitan dengan Libcel.dll yang hilang atau tidak berfungsi . “Kesalahan saat memuat libcef.dll” berarti modul tertentu dari seluruh komponen tidak ada, seperti halnya “Ada masalah saat memulai libcef.dll.” Jenis kesalahan ini terutama dihadapi ketika file libcef.dll salah tempat dari lokasi targetnya, rusak atau terisolasi karena beberapa program antivirus yang mungkin Anda miliki di komputer Anda. Anda dapat melakukan dua langkah ini untuk memperbaiki kesalahan ini:
Replace dan daftar ulang libcef.dll di komputer AndaKecualikan direktori dari Antivirus AndaInstal ulang aplikasi yang memberikan kesalahan ini1] Ganti dan daftarkan ulang libcef.dll di komputer Anda
Seperti yang disarankan kesalahan , alasan utamanya adalah karena file `libcef` telah dihapus atau rusak di komputer Anda, dalam hal ini Anda harus mengganti file dan mendaftarkannya sendiri. Sebelum Anda memulai proses, Anda diminta untuk memeriksa jenis sistem Anda terlebih dahulu, apakah komputer Anda adalah komputer 32-bit atau 64-bit. Untuk melakukannya:
Tekan kombinasi tombol Windows dan `I` untuk membuka halaman Pengaturan WindowsKlik pada opsi Sistem dan selanjutnya pilih Tentang Di Bawah Spesifikasi Perangkat akan menjadi rincian jenis Sistem, dari mana Anda dapat memeriksa apakah komputer Anda memiliki 32- bit atau sistem operasi 64-bit
Jika ini adalah sistem 64-bit, ikuti langkah-langkah yang disebutkan di bawah ini:
Buka Pengelola File menggunakan kombinasi tombol Windows + `E`Masukkan lokasi berikut di bilah alamat:C:WindowsSysWOW64
Cari file `libcef.dll` di lokasi ini; jika Anda tidak dapat menemukannya, salin dan tempel satu di direktori ini dari komputer serupa yang menjalankan sistem operasi yang sama. File ini juga bisa anda download melalui internet, namun anda harus waspada terhadap virus saat melakukan so
Baca : Cara Memperbaiki Error Missing DLL Files di Windows dengan cara yang benar. . Untuk melakukannya, buka prompt perintah yang ditinggikan dan ketik berikut ini untuk masuk ke folder SysWOW64:
cd C:WindowsSysWOW64
Kemudian, masukkan baris perintah berikut dan tekan enter:
regsvr32 libcef.dll

Langkah-langkah yang harus Anda lakukan ikuti, jika Anda memiliki sistem operasi 32-bit dan sangat mirip. Cukup periksa file libcef.dll di `C:WindowsSystem32` alih-alih folder SysWOW64 yang disebutkan di atas dan saat menggunakan Command Prompt, masukkan baris kode berikut, satu demi satu.
cd C:WindowsSystem32regsvr32 libcef.dll
Setelah proses registrasi file di Command Prompt selesai, restart komputer Anda untuk membuat perubahan ini berlaku dan periksa apakah Anda masih menghadapi kesalahan `libcef.dll file is missing or not.
Read: How to Unregister, Register , Daftarkan ulang file DLL di Windows
2] Kecualikan direktori dari Antivirus
Anda Mungkin juga perangkat lunak Antivirus Anda telah mencegah file libcef.dll agar tidak ada di direktori yang diperlukan, atau mendorongnya keluar dari sana. Jika demikian, maka Anda harus mengecualikan direktori berikut dari lingkup Antivirus tersebut.
C:WindowsSysWOW64C:WindowsSystem32C:Program FilesSteambin
Anda hanya boleh memasukkan direktori terakhir dalam pengecualian daftar jika aplikasi yang Anda hadapi kesalahan libcef.dll ini adalah Steam.

Baca:File dan folder Windows yang dapat Anda kecualikan dari Antivirus scans
3] Instal ulang aplikasi yang memberikan kesalahan ini
Jika tidak ada solusi yang disebutkan di atas yang membantu Anda , maka Anda harus menginstal ulang aplikasi yang Anda hadapi kesalahan ini dengan.

Apa yang menyebabkan kesalahan DLL?

Kesalahan pada file DLL Anda sebagian besar disebabkan oleh file yang salah dihapus atau terinfeksi oleh virus. Sementara kesalahan DLL sebagian besar berakar pada masalah perangkat lunak, mereka juga dapat disebabkan oleh beberapa masalah perangkat keras, dalam hal ini pemecahan masalah kesalahan tersebut dapat memakan waktu lebih lama dan lebih mahal. Beberapa solusi umum untuk kesalahan DLL yang disebabkan oleh masalah perangkat keras termasuk membersihkan CMOS Anda, memperbarui BIOS Anda, dan menguji Hard Drive Anda.

Bagaimana cara memperbaiki kesalahan RunDLL? kunci registri atau tugas terjadwal dihapus dari sistem Anda. Karena aplikasi tidak ada lagi, setiap kali diluncurkan atau pemogokan tugas yang direncanakan, itu macet dan memberikan kesalahan ini. Untuk memperbaiki kesalahan ini, Anda dapat mencoba memindai komputer Anda atau menghapus entri startup, baik secara manual atau menggunakan alat seperti Autoruns, SterJo Startup Patrol, dll. file libcef.dll lagi.