LibreOffice tidak berfungsi pada Windows 11/10

Versions dari Microsoft Office adalah perangkat lunak produktivitas paling populer selama bertahun-tahun. Namun, sekarang orang memiliki cukup banyak opsi sumber terbuka gratis untuk dipilih. Salah satu opsi yang paling populer adalah LibreOffice.

LibreOffice tidak sempurna dan banyak pengguna melaporkan bahwa LibreOffice tidak berfungsi pada Windows 11/10. Jika Anda mengalami masalah yang sama, silakan baca artikel ini untuk solusinya. Kebanyakan orang mengalami masalah ini setelah memutakhirkan ke versi terbaru, dan untuk beberapa, menginstal pembaruan yang menyebabkan masalah. Masalah ini juga dapat disebabkan oleh pengaturan yang salah dikonfigurasi. Bagaimanapun, selalu ada perbaikan untuk masalah ini.

Perbaiki LibreOffice tidak berfungsi pada Windows 11/10

Jika LibreOffice tidak berfungsi pada komputer Windows 10/11, Anda dapat mencoba metode berikut untuk memperbaiki masalah.
Restart LibreOffice dalam mode Aman & Nonaktifkan akselerasi perangkat kerasBuka LibreOffice melalui jendela dialog Jalankan Periksa Pengelola Tugas untuk setiap proses latar belakang yang mungkin berjalan1] Mulai ulang LibreOffice dalam mode Aman & Nonaktifkan akselerasi perangkat keras

Mode Aman di LibreOffice adalah mode di mana Anda menjalankan aplikasi dengan set driver minimum.

Untuk mengaktifkan LibreOffice Safe Mode, prosedurnya adalah sebagai berikut:

Tekan Win+R untuk membuka jendela Run. Di jendela Run, ketik perintah CMD dan tekan Enter untuk membuka jendela Command Prompt.

Di jendela Command prompt, ketik perintah berikut dan tekan Enter.
start soffice.exe –safe-mode
Shift the radio button to Configure.

Check the kotak centang yang terkait dengan Nonaktifkan akselerasi perangkat keras.

Klik Terapkan Perubahan dan Mulai Ulang.

Menonaktifkan akselerasi perangkat keras di LibreOffice telah dilaporkan untuk memperbaiki masalah bagi banyak pengguna Windows 11/10.
2] Buka LibreOffice melalui jendela dialog Jalankan
Kotak dialog Jalankan adalah alat navigasi yang dapat Anda gunakan untuk mengakses file dan folder dengan cepat, meluncurkan aplikasi, dan membuka pengaturan Windows. Atau, Anda juga dapat mengakses LibreOffice melalui jendela Run. Cukup tekan Win+R secara bersamaan pada keyboard Anda dan ketik atau salin perintah berikut dan tekan enter:
%ProgramFiles%LibreOfficeprogramsoffice
Segera setelah Anda melakukannya, perangkat lunak LibreOffice akan terbuka di PC Windows 11/10 Anda. Jika tidak, cukup pindah ke solusi berikutnya.
3] Periksa Pengelola Tugas untuk proses latar belakang yang mungkin berjalan
Jika Anda mengalami masalah saat meluncurkan LibreOffice di Windows 11/10, periksa Pengelola Tugas untuk memastikan tidak ada proses latar belakang apa pun yang berjalan untuk LibreOffice. Jika ada, lanjutkan untuk menutupnya dan reboot komputer Anda.

Masalah sering muncul ketika LibreOffice tidak dimatikan dengan benar. Jadi, mencoba hal di atas akan menyelesaikan masalah.
4] Instal ulang LibreOffice
Untuk memperbaiki masalah, ketik appwiz.cpl ke dalam jendela perintah Jalankan dan klik OK. Selanjutnya, navigasikan ke LibreOffice, klik kanan padanya dan pilih Uninstall. Konfirmasikan penghapusan instalasi di jendela pop-up dan kemudian instal lagi versi terbaru LibreOffice.

Ketika Anda menghapus dan menginstal ulang aplikasi, itu akan memperbaiki masalah apa pun dengan instalasi aplikasi atau bug yang ada di versi terbaru.

Kami berharap metodenya dalam artikel telah membantu Anda memperbaiki masalah. Jika Anda mengetahui metode lain yang dapat memperbaiki LibreOffice yang tidak berfungsi pada masalah Windows 11/10, beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Apakah LibreOffice sebagus Microsoft Office?

LibreOffice telah ada sejak lama, tetapi apakah itu lebih baik dibandingkan dengan Microsoft Office? Jawabannya adalah – Yah, mengingat itu gratis, Anda tidak perlu banyak mengeluh. Ini bagus dalam banyak kasus tetapi terkadang menghadapi masalah kompatibilitas.

Ini adalah perangkat lunak sumber terbuka dan gratis, sehingga Anda dapat menggunakannya tanpa membayar sepeser pun. Ini memiliki semua fitur yang Anda butuhkan untuk membuat spreadsheet, presentasi, dan dokumen. Terlebih lagi, LibreOffice memiliki banyak ekstensi dan add-on yang dapat membuatnya lebih baik. Secara umum, Anda dapat melakukan hampir semua hal di LibreOffice yang dapat Anda lakukan di MS Office.

Apakah LibreOffice masih gratis?

Ya, LibreOffice masih gratis dan berfungsi dengan baik pada tingkat dasar. Namun, itu tidak menawarkan dukungan premium dan MS Office jauh lebih baik.