Manajer Kredensial: Akses ditolak kesalahan [Tetap]

Jika Anda mendapatkan kesalahan Akses ditolak saat mengakses Pengelola Kredensial di PC Windows 11/10, kiat pemecahan masalah ini akan berguna untuk Anda. Muncul dengan kode kesalahan 0x80070005. Apakah Anda hanya melihat kode kesalahan atau seluruh pesan, solusinya sama untuk Manajer Kredensial.

Seluruh pesan kesalahan mengatakan:

Kesalahan Manajer Kredensial Anda tidak memiliki izin untuk menyimpan file ke lokasi ini. Pilih lokasi yang berbeda. Kode kesalahan: 0x80070005 Pesan Kesalahan: Akses ditolak.

Alasan utama mengapa Anda mendapatkan pesan kesalahan ini adalah tidak memiliki izin yang benar. Jika administrator Anda telah memblokir Anda untuk mengakses Manajer Kredensial, Anda tidak akan dapat menggunakan utilitas ini di PC Windows 11/10 Anda. Bahkan jika Anda menggunakan komputer di rumah dan Anda adalah satu-satunya pengguna, Anda mungkin mengalami masalah ini sewaktu-waktu. Jika demikian, solusi berikut akan berguna untuk Anda.

Perbaiki Akses Pengelola Kredensial ditolak Kesalahan 0x80070005

Untuk memperbaiki kesalahan Akses ditolak di Pengelola Kredensial pada komputer Windows 11/10, ikuti langkah berikut:
Periksa izin folder KredensialMulai ulang layanan Pengelola Kredensial Untuk mempelajari lebih lanjut tentang solusi ini, teruskan membaca.
1] Periksa folder Kredensial permission

Ini adalah hal pertama yang perlu Anda periksa ketika Anda mendapatkan kode kesalahan 0x80070005, atau kesalahan Akses ditolak di Manajer Kredensial. Seperti yang dikatakan sebelumnya, kesalahan ini terutama terjadi ketika akun pengguna Anda tidak memiliki izin yang benar untuk mengakses Windows Credential Manager. Oleh karena itu, solusi termudah untuk memecahkan masalah ini adalah memverifikasi izin file dan folder. Jika izin yang benar atau akun pengguna tidak disetel, Anda perlu menambahkannya.

Untuk itu, lakukan hal berikut:
Buka File Explorer.Navigasikan ke jalur ini: C:Usersnama-penggunaAndaAppDataRoamingMicrosoftKlik kanan pada Kredensial dan pilih Properti.Buka tab Keamanan dan klik tombol Edit .Klik tombol Tambahkan dan pilih akun pengguna.Klik tombol OK.Klik kotak centang Kontrol penuh/Izinkan .Klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.
Setelah selesai, nyalakan ulang komputer Anda dan periksa apakah itu menyelesaikan masalah atau tidak.

Catatan: Anda harus mengganti nama pengguna Anda dengan nama pengguna asli yang telah Anda gunakan di komputer. Kedua, Anda perlu menampilkan file dan folder tersembunyi untuk mendapatkan folder AppData di File Explorer.

Baca:Saat ini Anda tidak memiliki izin untuk mengakses folder atau file
2] Mulai ulang layanan Pengelola Kredensial

Layanan Pengelola Kredensial tidak dapat menangani gangguan apa pun selama Anda ingin menggunakan Windows Credential Manager dengan lancar. Jika layanan ini memiliki beberapa masalah, Anda tidak dapat menggunakan Windows Credential Manager. Oleh karena itu, ikuti langkah-langkah berikut untuk memulai ulang layanan Credential Manager di PC Windows 11/10:
Telusuri layanan di kotak telusur Taskbar.Klik hasil penelusuran individual.Klik dua kali pada layanan Credential Manager.Klik tombol Stop.Klik pada tombol Mulai.Klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.
Selanjutnya, mulai ulang komputer Anda dan periksa apakah masalah tetap ada atau tidak.

Related:Windows could not start Service, Error 0x80070005, Access Is Denied 

Bagaimana cara memperbaiki kesalahan Credential Manager ?

Untuk memperbaiki kesalahan Manajer Kredensial, Anda harus menemukan pesan kesalahan atau kode kesalahan yang tepat terlebih dahulu. Meskipun kode/pesan kesalahan yang berbeda memerlukan solusi yang berbeda, dalam banyak kasus, Anda perlu memulai ulang layanan Manajer Kredensial di panel Layanan. Di sisi lain, Anda mungkin juga perlu memeriksa dependensi dan izin akun pengguna.

Baca:
Credential Manager Error 0x80090345Credential Manager: UI Host tidak merespons RDP error
Bagaimana cara memulai ulang layanan Credential Manager?

Untuk memulai ulang layanan Credential Manager di Windows 11/10, Anda harus membuka panel Layanan terlebih dahulu. Untuk melakukannya, telusuri services.msc di kotak telusur Taskbar dan klik hasil penelusuran. Kemudian, klik kanan pada layanan Pengelola Kredensial dan pilih opsi Mulai ulang.

Semoga solusi ini berguna bagi Anda.

Baca: Perbaiki kesalahan Masukkan kredensial jaringan di Windows.