Media tidak dapat dimuat, baik karena server atau jaringan gagal

Saat mencoba memutar video online di browser web Anda di komputer Windows 11 atau Windows, Anda mungkin mendapatkan pesan kesalahan Media tidak dapat dimuat, baik karena server atau jaringan gagal. Posting ini dimaksudkan untuk memberikan solusi yang paling sesuai untuk masalah ini yang dalam beberapa kasus memunculkan kode kesalahan HTTP 403 Forbidden yang terkenal.

Ketika masalah ini terjadi, Anda akan menerima pesan kesalahan lengkap berikut;

Media tidak dapat dimuat, baik karena server atau jaringan gagal atau karena formatnya tidak didukung

Investigasi mengungkapkan kesalahan berasal dari browser Anda, bukan situs web tempat Anda mencoba menonton video.

Media tidak dapat dimuat, baik karena server atau jaringan gagal

Jika Anda mendapatkan pesan kesalahan Media tidak dapat dimuat, baik karena server atau jaringan gagal pada PC Windows 11/10 Anda, Anda dapat mencoba solusi yang kami rekomendasikan yang disajikan di bawah ini tanpa urutan tertentu untuk menyelesaikan masalah pada komputer Anda.
Daftar periksa awalHapus cache browser dan historyNonaktifkan Ekstensi Pemblokir IklanReset/Instal ulang browserGunakan browser lain
Mari kita lihat deskripsi prosesnya ss yang terlibat mengenai setiap solusi yang terdaftar.
1] Daftar periksa awal
Sebelum Anda mencoba solusi di bawah ini, Anda dapat menjalankan pra-tugas berikut, dan setelah setiap tugas, lihat apakah Anda berhasil memutar video di browser Anda tanpa masalah:
Refresh halaman web. Anda dapat menyegarkan halaman web dengan cepat. Setelah Anda me-refresh halaman web tempat Anda melihat kesalahan ini, Anda juga dapat memberikan video awal yang baru. Jika kesalahan berlanjut setelah menyegarkan halaman web dan memulai ulang video, mungkin lebih parah dan memerlukan penyelidikan lebih lanjut yang membawa kami ke pra-tugas berikutnya pada daftar periksa awal kami. Atur Ulang Opsi Internet. Anda dapat mengatur ulang Opsi dan Pengaturan Internet ke nilai default jika Anda menghadapi beberapa masalah saat menyambung ke internet yang kemungkinan besar terjadi di sini. Periksa masalah internet/jaringan. Untuk mengesampingkan masalah konektivitas internet di pihak Anda, Anda dapat mencoba memutar konten apa pun di browser yang sama untuk melihat apakah itu berfungsi. Dalam kasus di mana pelakunya adalah internet, memulai ulang router, menghubungkan kembali internet, atau menghubungi ISP Anda untuk masalah konektivitas utama akan membantu mengatasi masalah tersebut. Namun, jika ini bukan masalah internet dan hanya terjadi pada satu halaman web, Anda dapat menunggu beberapa saat lalu coba lagi. Perbarui browser Anda. Peramban yang ketinggalan zaman seringkali dapat menyebabkan masalah yang tampaknya kecil. Jadi, jika Anda tidak yakin apakah browser Anda diperbarui, Anda dapat memperbarui browser Anda secara manual. Nonaktifkan atau Aktifkan VPN. Jika Anda mengaktifkan VPN, layanan ini berpotensi menimbulkan masalah yang disorot karena beberapa jenis gangguan yang memblokir komunikasi antara PC Anda dan server tempat halaman web dihosting. Dalam hal ini, untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat menonaktifkan perangkat lunak VPN Anda. Di sisi lain, akses ke media embeds tertentu dibatasi dari lokasi tertentu; dalam hal ini, Anda dapat terhubung melalui VPN untuk melihat apakah itu membantu.2] Hapus cache browser dan history

Anda dapat memulai pemecahan masalah dengan benar kesalahan Media tidak dapat dimuat, baik karena server atau jaringan gagal yang Anda dapatkan di Windows 11/ 10 PC dengan mengosongkan cache browser dan history.

Data cache mempercepat pemuatan halaman web dengan menyimpan beberapa elemen di tempat dari kunjungan sebelumnya. Namun, ada penumpukan data cache saat dibiarkan tidak dicentang selama penggunaan browser normal, yang akibatnya berdampak pada kinerja browser. Dalam hal ini, untuk mencegah inferensi cache, Anda dapat menghapus cache browser untuk situs web tertentu yang bermasalah atau Anda dapat menghapus keseluruhan cache browser di perangkat Anda.
2] Nonaktifkan Ekstensi Pemblokir Iklan

Ekstensi pemblokir iklan memungkinkan Anda untuk memblokir iklan yang ditayangkan di situs web dengan secara langsung mengganggu skrip situs. Fungsi ini meskipun berguna sejauh privasi online berjalan, gangguan juga dapat mengakibatkan beberapa konten situs tidak dimuat dengan benar atau mencegah tag HTML seperti tag berjalan. Dalam hal ini, untuk mengatasi masalah yang dihadapi, Anda dapat menonaktifkan sementara Adblocker selama pemutaran video di browser Anda.
3] Setel ulang/Instal ulang browser

Jika pada titik ini tidak ada yang berhasil untuk Anda menyelesaikan masalah, Anda dapat mengatur ulang peramban: Tepi | Chrome | Firefox. Jika operasi reset tidak menyelesaikan masalah, Anda dapat menginstal ulang browser. Jika itu juga tidak membantu, Anda dapat mencoba browser lain tergantung pada browser tempat Anda mengalami masalah saat ini.

Semoga ini membantu!

Pos terkait: Diperlukan codec untuk memutar file ini – Unduh & Instal Codec

Bagaimana Anda memperbaiki Media tidak bisa dimainkan?

Untuk memperbaiki Error loading media; File tidak dapat diputar masalah, Anda dapat mencoba saran berikut:
Perbarui browser Anda. Gunakan mode Penyamaran. Nonaktifkan ekstensi. Hapus riwayat penelusuran, cache, dan cookie. Atur ulang pengaturan browser. Gunakan perangkat lunak perbaikan video.
Apa artinya ketika Format tidak didukung?

Ketika Anda mendapatkan kesalahan format tidak didukung, biasanya karena format media tidak didukung dan tidak memiliki codec yang diperlukan. Codec adalah bagian dari file yang berisi informasi yang memadai untuk mengkodekan atau mendekode data. Dengan kata lain, codec adalah kekuatan pendorong utama di balik file. Jika file Anda tidak memiliki codec yang diperlukan, itu tidak akan diputar di perangkat Anda.