Memori Tinggi Layanan DSA atau Penggunaan CPU pada Windows 11/10

Untuk beberapa pengguna, Layanan DSA memakan banyak CPU atau Memori. Saat pengguna memperluas Layanan DSA, mereka melihat Intel(R) Driver & Support Assistant. Jadi, jelas bahwa layanan tersebut terkait dengan Intel dan asli. Lalu mengapa itu menghabiskan begitu banyak memori Anda, nah, itulah yang akan kami urai dalam artikel ini. Kami akan melihat mengapa Layanan DSA menunjukkan penggunaan Memori yang tinggi dan apa yang perlu Anda lakukan untuk memperbaikinya. Kami juga akan membahas dua proses lain dengan nama yang mirip – satu terkait dengan Deep Security Agent (DSA) dan Directory System Agent (DSA).

Apa itu layanan Intel DSA?

DSA adalah singkatan dari Driver and Support Assistant. Ini terkait dengan Intel(R) Driver & Support Assistant, yang merupakan program yang memungkinkan pengguna memindai perangkat komputasi untuk versi terbaru driver Intel. Ini adalah cara yang bagus untuk menjaga driver Anda tetap up to date.

Namun, ini tidak berarti bahwa Anda tidak akan dapat memperbarui driver Anda jika Anda tidak mengaktifkan layanan ini. Opsi seperti Driver dan Pembaruan Opsional akan tetap berfungsi. Juga, Anda dapat memperbarui driver Anda dari situs web produsen.

Sekarang, pertanyaannya adalah, apakah itu virus? Mungkin yang berjalan di komputer Anda sebenarnya bukan Layanan Intel DSA tetapi malware! Untuk mengetahui bahwa layanan yang menghabiskan memori Anda adalah asli, klik kanan padanya, pilih Buka lokasi file, dan pastikan Anda dialihkan ke lokasi berikut.
C:Program Files (x86)IntelDriver and Support Assistant
Jika Anda menyimpulkan bahwa DSA pada sistem Anda adalah virus, gunakan antivirus Anda untuk memindai dan menghapus file berbahaya.

Perbaiki Layanan DSA Memori Tinggi atau Penggunaan CPU

Jika Layanan DSA menyebabkan penggunaan memori tinggi, periksa pembaruan. setelah melakukan itu, ikuti saran ini:
End DSA Service dan restart komputerUpdate Intel Intel Driver & Support AssistantNonaktifkan DSA ServiceUninstall Intel Driver and Support Assistant
Mari kita bicarakan secara detail.
1] Akhiri Layanan DSA dan restart komputer
Pertama, kita perlu mematikan proses dan lihat apakah itu berhasil. Jadi, buka Pengelola Tugas, klik kanan pada Layanan DSA dan pilih Akhiri Tugas.

Jika itu tidak membantu, restart komputer dan lihat apakah semuanya menjadi normal. Masalahnya mungkin tidak lebih dari glitch.
2] Perbarui Intel Intel Driver & Support Assistant
Jika ini bukan kesalahan maka Anda harus pergi ke intel.com dan mengunduh versi terbaru dari perangkat lunak Intel Driver & Support Assistant.

Setelah Anda menginstalnya , masalah Anda harus diselesaikan. Jika tidak ada versi baru dari program, pindah ke solusi berikutnya.
3] Nonaktifkan DSA Service
Jika mengakhiri tugas tidak berhasil untuk Anda, dan tidak ada pembaruan yang tersedia, nonaktifkan Intel DSA Service hingga pembaruan tersedia sehingga Anda dapat unduh dan perbaiki masalah. Namun untuk saat ini, ikuti langkah-langkah yang ditentukan untuk menghentikan Intel(R) Driver and Support Assistant.
Buka Layanan dari Start Menu.Cari Intel(R) Driver & Support Assistant.Klik kanan padanya dan pilih Stop.Ubah jenis Startup-nya ke Disabled.
Sekarang, restart komputer dan layanan tidak akan berjalan, karenanya, tidak akan mengambil memori komputer Anda.

Terus memeriksa pembaruan, setelah tersedia, instal, dan masalah Anda akan teratasi.
4] Copot pemasangan Intel Driver and Support Assistant

Jika menghentikan layanan tidak berhasil untuk Anda, coba hapus Intel DSA dari komputer Anda. Perlu diingat, bahwa Anda akan tetap dapat mengupdate driver Intel dengan cara konvensional. Untuk mencopot pemasangan aplikasi, ikuti langkah-langkah yang ditentukan.
Nyalakan Setelan dengan Menang + I. Arahkan ke Aplikasi > Aplikasi & Fitur. Telusuri Intel(R) Driver & Support Assistant. Untuk Windows 11: Klik tiga titik vertikal dan pilih Copot pemasangan. Untuk Windows 10: Klik aplikasi dan pilih Copot pemasangan.Klik Copot pemasangan lagi untuk mengonfirmasi tindakan Anda.
Setelah mencopot pemasangan, Anda perlu mengunduh salinan perangkat lunak baru dan memasangnya di komputer. Untuk mengunduh aplikasi, kunjungi Intel.com dan klik tombol Unduh. Setelah aplikasi diunduh, buka direktori Unduhan Anda, klik dua kali pada file yang dapat dieksekusi, terima semua syarat dan ketentuan, dan instal. Mudah-mudahan, ini akan berhasil untuk Anda.

Baca: Asisten Driver dan Dukungan Intel tidak berfungsi

Apakah Layanan DSA penting?

Tidak, Layanan Intel DSA tidak penting untuk komputer Anda. Jika Anda memiliki driver Intel dan ingin memeriksa apakah sudah usang, DSA adalah yang Anda butuhkan. Namun, metode lain seperti Pengelola Perangkat mode lama yang bagus masih akan berfungsi. Jadi, jika Anda merasa tidak memerlukan layanan, itu tidak penting atau menyebabkan masalah seperti yang kita bicarakan di sini, hapus instalannya.

Bagaimana cara memperbaiki Penggunaan Memori dan Disk yang Tinggi?

Memori dan Penggunaan Disk yang Tinggi biasanya disebabkan oleh program yang terlalu berat untuk prosesor atau RAM Anda. Ini bisa berupa game yang menuntut, aplikasi pengeditan, atau browser dengan selusin tab aktif. Jadi, Anda perlu menutup aplikasi untuk menyelesaikan masalah. Jika bukan itu masalahnya, mungkin file Anda rusak. Ada berbagai alasan dan skenario yang dapat menyebabkan korupsi dalam file, salah satu yang paling umum adalah tiba-tiba dan memaksa shutdown. Apa pun masalahnya, Anda harus memeriksa panduan kami untuk memperbaiki masalah ini.

CATATAN: Proses DSA juga terkait dengan Agen Keamanan Dalam atau Agen Layanan Direktori, jadi kami juga membahas keduanya:

Agen Keamanan Dalam (DSA) dan CPU tinggi use

Deep Security Agent adalah alat keamanan yang digunakan di komputer untuk mengamankannya dari malware, intrusi dari aplikasi, dan ancaman lainnya. Jika itu menunjukkan penggunaan CPU yang tinggi, maka kita akan melihat cara mengatasi masalah ini. Untuk sebagian besar, masalah terjadi ketika pembersihan baseline Pemantauan Integritas sedang terjadi. Untuk proses itu, CPU digunakan, kadang-kadang, bahkan banyak. Namun, setelah proses selesai, penggunaan CPU akan kembali normal. Jika terus menghabiskan sumber daya, kita perlu mengontrol penggunaan CPU, jadi, ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk melakukan hal yang sama.
Buka aplikasi dan buka Pemantauan Integritas > Lanjutan.Buka Penggunaan CPU dan setel ke Rendah.Tutup aplikasi dan restart sistem.
Directory Service Agent (DSA) dan Penggunaan CPU yang tinggi

Directory System Agent (DSA) adalah kumpulan layanan dan proses yang berjalan pada setiap pengontrol domain dan menyediakan akses ke penyimpanan data. Penyimpanan data adalah penyimpanan fisik data direktori yang terletak di hard disk.

Jika menyebabkan penggunaan CPU yang tinggi, solusi pertama Anda adalah mengklik kanan proses dan mengklik Akhiri Tugas. Jika muncul kembali setelah beberapa waktu, periksa Hard Disk Anda dan pastikan baik-baik saja. Untuk memeriksa kesehatan disk, jalankan perintah berikut dalam mode Command Prompt yang ditinggikan – chkdsk.

Anda juga dapat menggunakan WMIC untuk memeriksa kesehatan Hard Disk Anda. Jika hard disk bukan alasannya, coba pemecahan masalah di Clean Boot untuk mengetahui apakah ada aplikasi pihak ketiga yang mengganggu proses.

Baca Juga: 10 perangkat lunak alternatif Microsoft Active Directory gratis.