Menghapus instalan game dari Xbox tidak mengosongkan ruang disk

Beberapa pengguna mengalami masalah penyimpanan di perangkat Windows mereka setelah mencopot pemasangan game dari aplikasi Xbox. Menurut mereka, menghapus game dari aplikasi Xbox tidak mengosongkan ruang di hard drive mereka di perangkat Windows 11/10. Masalah yang sama juga dialami oleh beberapa pengguna di konsol Xbox mereka. Jika Anda mengalami masalah ini, saran yang diberikan dalam artikel ini akan membantu Anda mengosongkan ruang disk pada perangkat Windows 11/10 dan konsol Xbox.

Mencopot pemasangan game dari Xbox tidak mengosongkan ruang disk

Jika menghapus instalan game dari Xbox tidak membebaskan ruang disk pada perangkat Windows 11/10 dan konsol Xbox, solusi berikut akan membantu Anda memperbaiki masalah.
Menghapus folder game secara manual dari drive C AndaGunakan perangkat lunak pihak ketiga untuk menemukan dan menghapus file sisa gameHapus data game yang disimpan secara lokal di Anda Konsol XboxHapus game Anda secara manual di konsol XboxHapus sisa add-ons
Mari kita lihat semua solusi ini secara mendetail.
1] Hapus folder game secara manual dari drive C Anda Secara default, game yang Anda instal dari aplikasi Xbox disimpan di drive C Anda. Anda dapat mengubah lokasi pemasangan default untuk game Xbox di Windows 11/10. Jika ruang penyimpanan di hard drive Anda tidak kosong setelah mencopot permainan dari aplikasi Xbox, Anda dapat menghapus folder permainan secara manual.

Jika Anda telah mengubah lokasi pemasangan permainan default untuk Xbox, buka lokasi itu dan hapus folder permainan Anda dari di sana. Tetapi jika Anda belum mengubah lokasi default ini, Anda akan menemukan folder game Anda di salah satu lokasi yang disebutkan di bawah ini:
C:UsersUserNameAppdataLocalPackagesC:Program FilesWindowsApps
Salin jalur di atas dan tempel ke bilah alamat File Explorer Anda, lalu tekan Enter. Setelah itu, Windows akan langsung membuka folder Packages atau Windows Apps. Perhatikan bahwa, Anda harus mengganti UserName di jalur di atas dengan nama profil Windows 11/10 Anda.

Jika Anda tidak dapat menghapus folder game, Anda harus mengambil alih kepemilikan folder game. Setelah itu, Anda akan dapat menghapusnya.
2] Gunakan perangkat lunak pihak ketiga untuk menemukan dan menghapus file sisa game
Jika Anda merasa metode di atas sulit untuk menghapus file sisa game Anda, Anda dapat menggunakan pihak ketiga alat untuk hal yang sama. TreeSize dan WinDirStat adalah alat gratis yang dapat Anda gunakan untuk menemukan file atau folder mana yang menghabiskan lebih banyak ruang di hard drive Anda. Program ini memindai semua partisi hard drive Anda dan kemudian menampilkan statistik terperinci.

Program ini akan membantu Anda menemukan file sisa game sehingga Anda dapat mengosongkan ruang di hard drive dengan menghapusnya.
3] Hapus data game yang disimpan secara lokal di Xbox Anda Console
Bagi mereka yang mengalami masalah penyimpanan di Konsol Xbox setelah mencopot pemasangan game, menghapus data game yang disimpan secara lokal akan mengosongkan ruang. Langkah-langkah untuk hal yang sama tertulis di bawah ini:
Tekan tombol Xbox pada pengontrol Anda. Ini akan membuka panduan. Buka “Profil & sistem> Pengaturan> Sistem> Penyimpanan.” Sekarang, klik opsi Kelola Perangkat Penyimpanan. Sekarang, pilih opsi berikut: Hapus game yang disimpan lokal Hapus penyimpanan Xbox 360 lokal
Opsi di atas akan menghapus game Anda disimpan di hard drive Anda dan mengosongkan ruang penyimpanan. Ini tidak akan menghapus data game yang Anda simpan dari cloud.
4] Hapus game Anda secara manual di konsol Xbox Jika mencopot game tidak mengosongkan ruang di hard drive konsol Xbox Anda, Anda dapat menghapus game secara manual. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
Buka Pengaturan Konsol Xbox dan pilih Sistem. Pilih Penyimpanan. Sekarang, pilih Hard Drive lalu pilih Game. Setelah itu, pilih game yang ingin Anda hapus lalu pilih Hapus. 5] Hapus sisa add-ons
Pengaya yang tersisa adalah item yang tertinggal di hard drive Konsol Xbox Anda setelah mencopot permainan tertentu. Jika Anda telah mencopot pemasangan game, sisa add-osnya tidak akan berguna. Oleh karena itu, lebih baik untuk menghapus item ini sehingga Anda dapat mengosongkan beberapa ruang di hard drive Konsol Xbox Anda.

Langkah-langkah berikut akan membantu Anda menghapus sisa pengaya:
Tekan tombol Xbox pada pengontrol Anda. Sekarang, buka “My game & aplikasi > Lihat semua > Kelola > Kosongkan ruang.” Pilih opsi Pengaya yang tersisa. Pilih game dari daftar, lalu tekan tombol Menu. Sekarang, pilih Copot pemasangan.
Baca: Cara memperbarui konsol Xbox offline.

Apa yang harus saya lakukan ketika penyimpanan Xbox penuh?

Ketika penyimpanan Xbox Anda penuh, Anda dapat menghapus data game yang disimpan secara lokal untuk mengosongkan beberapa ruang di konsol Xbox Anda. Jika Anda telah mencopot pemasangan gim tetapi konsol masih menunjukkan penyimpanan penuh, hapus gim secara manual dan hapus semua pengaya sisa gim untuk mengosongkan ruang.

Dapatkah saya menggunakan penyimpanan USB di Xbox One?

Anda dapat menggunakan eksternal USB 3.0 perangkat penyimpanan di Xbox One untuk game dan aplikasi Anda. Tetapi perangkat penyimpanan eksternal USB Anda harus memiliki kapasitas minimum 128 GB. Perangkat USB 3.0 direkomendasikan karena memiliki kecepatan transfer data tinggi yang tidak memengaruhi kinerja game Anda. Jika Anda tidak memiliki perangkat USB 3.0 atau jika perangkat USB Anda tidak memiliki ruang 128 GB, Anda dapat menggunakannya untuk menyimpan dan memutar file media.

Semoga ini membantu.

Baca selanjutnya: Cara menghapus cache Xbox Series X dan Series S .