Microsoft Edge terus membuka secara otomatis dengan sendirinya

Dalam artikel ini, kita akan melihat apa yang harus dilakukan jika Edge terus membuka secara otomatis dengan sendirinya di perangkat Windows 11/10. Menurut pengguna yang terpengaruh, Edge terbuka secara otomatis setiap kali mereka memulai komputer mereka, sedangkan, beberapa pengguna telah menyatakan bahwa Edge terbuka secara otomatis kapan saja saat bekerja di komputer. Jika Anda mengalami salah satu masalah ini dengan Microsoft Edge, solusi yang dijelaskan dalam posting ini dapat membantu Anda memperbaiki masalah.

Microsoft Edge terus membuka secara otomatis

Jika Microsoft Edge terus membuka secara otomatis dengan sendirinya di mesin Windows 11/10 Anda, Anda dapat mencoba yang berikut ini saran untuk menyelesaikan masalah ini.
Remove Edge dari folder StartupNonaktifkan Startup Boost di EdgeMatikan Secara otomatis simpan opsi aplikasi yang dapat dimulai ulang di Pengaturan WindowsNonaktifkan Pembaruan Edge di Penjadwal TugasHentikan Edge dari pembukaan otomatis melalui RegistryPecahkan masalah dalam status Boot BersihReset Edge
Di bawah ini, kami telah menjelaskan semua ini solution in detail.
1] Hapus Edge dari folder Startup
Windows folder Startup berisi pintasan aplikasi dan perangkat lunak yang dimulai secara otomatis saat Anda menghidupkan komputer. Jika Anda ingin program apa pun diluncurkan dengan sendirinya saat Anda memulai sistem, Anda harus menempatkan pintasannya di folder ini.

Jika Edge terbuka dengan sendirinya setiap kali Anda memulai sistem, mungkin saja folder Startup berisi Edge jalan pintas. Jika demikian, Anda harus menghapus pintasan Edge untuk menyelesaikan masalah.

Untuk meluncurkan folder Startup, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Luncurkan kotak perintah Run dengan menekan tombol Win + R. Ketik shell:Startup dan klik OK. Ini akan membuka folder Startup. Sekarang, periksa apakah itu berisi pintasan Edge atau tidak. Jika ya, hapus.
Related: Cara menghentikan atau membuat semua jendela program terbuka maksimal atau layar penuh
2] Nonaktifkan Peningkatan Startup di Edge
Startup Boost adalah fitur untuk Microsoft Edge yang dikembangkan oleh Microsoft. Fitur ini membuat Edge tetap berjalan di latar belakang sehingga saat Anda meluncurkan Edge, itu akan diluncurkan lebih cepat. Nonaktifkan fitur Startup Boost di Edge dan lihat apakah itu membantu. Langkah-langkah untuk hal yang sama tertulis di bawah ini:

Luncurkan Microsoft Edge.Klik pada tiga titik horizontal di sisi kanan atas dan pilih Pengaturan.Pilih Sistem dan kinerja dari sisi kiri.Matikan sakelar di sebelah Startup boost.
Terkait:Microsoft Edge terus membuka banyak tabs
3] Matikan Secara otomatis menyimpan opsi aplikasi yang dapat dimulai ulang saya di Pengaturan Windows
Periksa apakah opsi Simpan aplikasi yang dapat dimulai ulang secara otomatis diaktifkan di Pengaturan Windows 11/10 atau tidak. Jika diaktifkan, matikan untuk memperbaiki masalah. Langkah-langkah untuk melakukannya adalah sebagai berikut:

Buka aplikasi Pengaturan Windows 11/10. Buka “Akun> Opsi Masuk.” Matikan sakelar di sebelah opsi Simpan aplikasi yang dapat dimulai ulang secara otomatis.4] Nonaktifkan Pembaruan Tepi di Penjadwal Tugas Lain solusi untuk menghilangkan masalah ini adalah dengan menonaktifkan Edge Update di Task Scheduler. Perbaikan ini berhasil untuk beberapa pengguna. Mungkin itu akan berhasil untuk Anda juga. Prosesnya dijelaskan di bawah ini:

Klik pada Pencarian Windows dan ketik Penjadwal Tugas. Pilih aplikasi Penjadwal Tugas dari Hasil Pencarian. Di Penjadwal Tugas, pilih Perpustakaan Penjadwal Tugas dari sisi kiri. Perpustakaan Penjadwal Tugas berisi daftar tugas terjadwal. Sekarang, nonaktifkan tugas berikut. Untuk menonaktifkan tugas tertentu di Penjadwal Tugas, klik kanan padanya dan pilih Nonaktifkan. MicrosoftEdgeUpdateTaskMachineCoreMicrosoftEdgeUpdateTaskMachineUA
Setelah melakukan langkah-langkah di atas, status tugas di atas akan menunjukkan Dinonaktifkan. Setelah menonaktifkan Pembaruan Edge di Penjadwal Tugas, Anda harus memperbarui browser Edge secara manual.

Baca: Microsoft Edge terus membuka banyak tabs
5] Hentikan Edge agar tidak terbuka secara otomatis melalui Registry

Anda juga dapat mencegah Edge membuka secara otomatis dengan membuat kunci di Windows Registry Editor. Langkah-langkah untuk melakukannya tertulis di bawah ini. Sebelum melanjutkan, disarankan untuk membuat titik pemulihan sistem dan mencadangkan kunci Registry.

Tekan Win + R Anda. Ketika kotak perintah Run muncul, ketik regedit dan klik OK. Jika Anda menerima perintah UAC, klik Ya. Ini akan membuka Registry Editor.

Copy path berikut dan paste ke address bar dari Registry Editor. Setelah itu, tekan Enter.
ComputerHKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREWOW6432NodeMicrosoftEdgeUpdateClients{56EB18F8-B008-4CBD-B6D2-8C97FE7E9062}Commandson-logon-autolaunch
OnLo, periksa apakah nilai tersedia di AutoRunLo sekarang samping. Jika tidak, Anda harus membuatnya. Untuk ini, klik kanan di ruang kosong di sisi kanan dan pergi ke “New > DWORD (32-bit) Value.” Klik kanan pada Nilai yang baru dibuat dan pilih Ganti Nama. Beri nama AutoRunOnLogon. Secara default, Value data-nya akan menunjukkan 0. Jika tidak, klik kanan padanya dan pilih Modify dan masukkan 0 di Value data-nya. Klik OK untuk menyimpan perubahan.

Baca: Perbaiki Tidak dapat terhubung dengan aman ke kesalahan halaman ini di Microsoft Edge.
6] Memecahkan masalah dalam status Boot Bersih. Mungkin ada program pihak ketiga yang berjalan di latar belakang yang memicu Edge untuk diluncurkan. Clean Boot adalah fitur di Windows 11/10 yang memungkinkan pengguna mengidentifikasi aplikasi bermasalah.

Setelah meluncurkan sistem Anda di Clean Boot, pantau sistem Anda selama beberapa waktu untuk memeriksa apakah Edge terbuka secara otomatis atau tidak. Jika Edge tidak diluncurkan dengan sendirinya, salah satu program latar belakang yang telah Anda nonaktifkan dalam status Boot Bersih adalah penyebabnya. Sekarang, Anda harus mengidentifikasi program yang bermasalah itu. Untuk ini, aktifkan beberapa program yang dinonaktifkan di Pengelola Tugas dan mulai ulang sistem Anda dalam keadaan normal. Pantau selama beberapa waktu untuk melihat apakah Edge diluncurkan secara otomatis. Jika ya, salah satu program yang diaktifkan adalah penyebabnya. Sekarang, nonaktifkan program satu per satu untuk mengidentifikasi program yang bermasalah.
7] Reset Edge
Jika masalah masih berlanjut, reset Microsoft Edge. Tindakan ini akan mengembalikan pengaturan Edge ke default dan memperbaiki masalah. Menyetel ulang Edge tidak menghapus bookmark Anda. Setelah Anda masuk ke akun Microsoft Anda di browser Edge, semua bookmark Anda akan dipulihkan kembali. Opsi Reset Edge berguna jika Edge tidak berfungsi dengan baik atau Anda mengalami beberapa masalah dengan Edge.

Mengapa Microsoft Edge saya terus muncul?

Jika Microsoft Edge terus muncul secara otomatis, mungkin ada aplikasi latar belakang yang menyebabkan masalah. Untuk memeriksa ini, pecahkan masalah sistem Anda dalam status Boot Bersih. Jika Edge terbuka secara otomatis saat Anda memulai komputer, hapus pintasan Edge dari folder Startup. Selain itu, Anda juga dapat memodifikasi kunci Registry untuk menghentikan Edge agar tidak terbuka saat startup sistem. Jika tidak ada yang membantu, setel ulang atau perbaiki Edge.

Baca: Chrome terus membuka tab atau jendela baru sendiri

Bagaimana cara menghentikan Edge agar tidak terbuka secara otomatis?

Untuk menghentikan Edge agar tidak terbuka secara otomatis, Buka Pengelola Tugas dan pilih tab Startup. Jika Edge terdaftar di sana sebagai program awal, klik kanan padanya dan pilih Nonaktifkan. Selain itu, ada beberapa cara lain untuk menghentikan Edge agar tidak terbuka secara otomatis, seperti menghapus pintasannya dari folder Startup, memodifikasi yang ada atau membuat Nilai baru di Windows Registry, dll. Jika metode ini tidak membantu Anda, Anda dapat memperbaikinya masalahnya dengan mengatur ulang atau memperbaiki Edge.

Semoga ini membantu.

Baca selanjutnya: Cara Menandatangani dokumen PDF di Microsoft Edge.