Microsoft Forms vs Google Forms: Mana yang lebih baik?

Microsoft Forms dan Google Forms adalah dua alat yang paling sering digunakan untuk membuat formulir online, survei, kuis, dan banyak lagi. Anda juga dapat menggunakan salah satu alat ini untuk membuat formulir survei pasar, jajak pendapat, dan formulir pendaftaran online, antara lain.

Pertanyaannya adalah, lalu, mana yang lebih baik dari yang lain? Ini adalah pertanyaan yang sulit untuk dijawab. Beberapa orang mungkin mengatakan bahwa Google Form adalah yang terbaik karena lebih populer daripada Microsoft Forms, tetapi dari sudut pandang kami, popularitas tidak memberi tahu secara keseluruhan.

Google Forms vs Microsoft Forms

Mari kita lihat platform mana yang lebih unggul di bawah subjudul berikut:
Seberapa mudah formulir ini digunakan?Kemampuan untuk berbagi dokumenMenambahkan pertanyaan dan jawabanTema dan lebih banyak temaTemplat sudah siapBekerja dengan orang lainMenambahkan video dan gambar ke formulirDukungan spreadsheet1] Seberapa mudah formulir ini digunakan?
Kebanyakan orang terbiasa menggunakan Google Forms, jadi kami berharap mereka akan mengalami beberapa masalah saat masuk dan memanfaatkan apa yang ditawarkan Microsoft Forms segera. Antarmuka pengguna modern dan terlihat mirip dengan alat Microsoft Office.

Seperti untuk Google Formulir, kurang lebih seperti yang diharapkan orang, tetapi kami harus mengatakan antarmuka pengguna, meskipun mudah digunakan seperti biasa, cukup hambar. Namun, itu tidak masalah karena sebagian besar pengguna tidak peduli.
2] Kemampuan untuk berbagi dokumen
Ketika seseorang selesai membuat formulir, mereka mungkin ingin membaginya dengan orang lain. Kedua platform ini memiliki kemampuan untuk berbagi, dan memang sangat mirip, dengan hanya sedikit perbedaan.

Pengguna dapat menjalankan Google dan Microsoft Forms dan berbagi formulir yang dibuat melalui email atau tautan agar orang lain dapat mengakses langsung dari browser web.

Sekarang, Microsoft sangat unik karena orang dapat berbagi formulir langsung ke platform media sosial atau melalui kode QR.
3] Menambahkan pertanyaan dan jawaban
Jujur saja di sini, kebanyakan orang yang menggunakan formulir online akan menggunakannya untuk menambahkan pertanyaan dan jawaban. Dari apa yang kami ketahui, Google Forms menyediakan lebih banyak opsi, misalnya, pengguna dapat memilih pertanyaan dan jawaban dari kategori untuk penggunaan yang lebih mudah.

Microsoft Forms, di sisi lain, tidak menawarkan fitur seperti itu. Orang-orang terjebak dengan jenis formulir dasar dan terbatas, dan itu bukan hal yang baik.

READ: Pengaya Formulir Google Terbaik untuk Produktivitas
4] Tema dan lebih banyak tema
One tidak ingin memiliki formulir membosankan yang tidak memiliki gaya sepanjang waktu. Kabar baiknya adalah, kedua platform memungkinkan opsi untuk menyesuaikan formulir dengan tema. Google menghadirkan koleksi template yang sangat baik, sementara Microsoft memiliki gambar grafis yang tampak hebat yang menyertakan gambar.

Namun, jika Anda tidak puas dengan tema yang ditawarkan oleh keduanya, Anda cukup mengunggah gambar Anda sendiri dan menggunakannya sebagai latar belakang. .
5] Template di ready
Membuat formulir dari awal bisa memakan waktu lama, itulah sebabnya Google Forms dan Microsoft Forms telah menambahkan template untuk mempermudah pekerjaan dengan alat ini. Pengguna tinggal memilih template yang sesuai dengan kebutuhannya, lalu melanjutkan t memasukkan informasi yang dibutuhkan.

Sayangnya, template bukan merupakan keunggulan Microsoft Forms karena hanya hadir dengan tiga opsi, artinya jika ingin membuat formulir yang terlihat bagus, Anda harus melakukan pekerjaan tambahan.

Hal ini tidak terjadi pada Google Formulir karena banyaknya template yang ditemukan di galeri. Beberapa template ini dilengkapi dengan pertanyaan yang telah ditentukan sebelumnya, jadi yang harus Anda lakukan hanyalah menambahkan yang hilang dan melanjutkan.
6] Bekerja dengan orang lain
Ketika kita mendengar tentang kerja kolaboratif, banyak dari kita berpikir tentang Microsoft Word, Google Docs, dll. Tetapi siapa yang mengira bahwa orang dapat berkolaborasi dengan orang lain di kedua formulir online ini?

Anda tahu, Google membuat penambahan kolaborator cukup mudah dengan menggunakan alamat email mereka, dan hal yang sama berlaku untuk Microsoft. Namun, Anda harus menjadi pelanggan untuk memanfaatkan fitur ini yang berkaitan dengan Microsoft Forms.
7] Menambahkan video dan gambar ke formulir
Online telah meningkat pesat selama beberapa tahun terakhir. Alat tersebut tidak lagi berbasis teks tetapi memiliki opsi bagi pengguna untuk menambahkan gambar dan video ke formulir dengan relatif mudah.

Dengan Google Forms, dimungkinkan untuk menambahkan video dan gambar YouTube di antara pertanyaan, dan ketika turun ke Microsoft Forms, perusahaan memastikan penggunanya dapat menambahkan video dan gambar dari Bing, OneDrive, atau penyimpanan lokal mereka.
8] Dukungan spreadsheet
Dari apa yang kami kumpulkan, Microsoft Forms dan Google Forms kompatibel dengan aplikasi spreadsheet masing-masing dalam bentuk Microsoft Excel dan Google Lembar. Kami harus mengatakan Google mengambil kue di sini karena memuat formulir ke Google Spreadsheet mulus, tetapi dengan Microsoft, pengguna harus mengunduh file spreadsheet ke komputer mereka sebelum memuatnya ke aplikasi Excel desktop atau Excel online.

READ: Microsoft Forms tidak menampilkan semua pertanyaan

Apakah Google Forms dan Microsoft Forms kompatibel?

Kedua data dari Microsoft Forms dan Google Forms kompatibel dengan alat spreadsheet masing-masing dalam bentuk Microsoft Excel dan Google Sheets.

Apa saja batasan Microsoft Forms?

Dari apa yang telah kami kumpulkan, Microsoft Formulir memiliki batasan 100 pertanyaan, dan hanya dapat menerima karakter maksimum 4.000 kata untuk tanggapan teks. Selain itu, dapat dipahami bahwa Microsoft Forms tidak memiliki fitur pembaruan untuk jawaban yang dikirimkan.

Apa saja batasan Google Forms?

Tidak ada keraguan tentang popularitas dan keandalan Google Forms. Tetapi pahami bahwa itu tidak memiliki banyak opsi yang dapat disesuaikan. Selain itu, desain keseluruhannya hambar dan membutuhkan perubahan, meskipun, dalam skema besar, desain tidak terlalu menjadi masalah jika alat tersebut berfungsi sebagaimana mestinya.

Dapatkah saya menyimpan Microsoft Forms dan melanjutkan nanti?

Sejauh yang kami tahu , tidak ada cara untuk membuat formulir dan menyimpannya untuk diedit nanti terkait Microsoft Forms. Ini bisa berubah di masa depan, tetapi untuk saat ini, Anda harus hidup tanpa atau menggunakan layanan yang berbeda.