Microsoft mengakui kinerja Salin yang lebih lambat untuk di Windows 11 22H2

Microsoft resmi merilis Pembaruan Fitur pertama untuk Windows 11 pada 20 September 2022. Ini adalah Pembaruan Windows 11 2022 Versi 22H2. Baru-baru ini, Microsoft mengakui masalah kinerja baru di 22H2 saat menyalin file yang lebih besar dari sistem jarak jauh ke komputer Windows 11. Sekarang, pengguna mungkin mengalami kecepatan hingga 40% lebih lambat saat menyalin file yang lebih besar (file multi-GB) melalui SMB.

Kinerja baca SMB lebih lambat untuk file besar di Windows 11 22H2

Jika Anda melihat masalah kinerja saat menyalin file multi-GB dari jarak jauh komputer yang menggunakan protokol SMB (Server Message Block), Anda tidak sendirian. Masalah ini telah dikonfirmasi oleh Ned Pyle, Manajer Program Utama di Microsoft Windows Server.

Dalam posting blog di Komunitas Teknologi Microsoft, Ned menulis:

Ada penurunan kinerja di 22H2 saat menyalin file yang lebih besar dari komputer jarak jauh ke Windows 11 komputer. Besar (file multi-GB) mungkin melihat throughput 40% lebih sedikit dibandingkan SMB saat menyalin (membaca). Menyalin file yang sama ke mesin non-22H2 (menulis) tidak akan melihat masalah ini.

Ned juga membagikan solusi untuk mengatasi masalah ini. Microsoft sedang mengerjakan masalah ini dan segera akan merilis perbaikan permanen untuk masalah ini. Sampai saat itu, pengguna dapat menggunakan solusi yang disediakan oleh Ned untuk memperbaiki masalah ini sementara.

Jika Anda menyalin file yang lebih besar dari server jauh menggunakan protokol SMB, Anda dapat menggunakan robocopy atau xcopy dengan parameter /J (IO tanpa buffer) sebagai solusi. Ini akan mengembalikan kinerja. Lihat contoh, dibagikan oleh Ned Pyle:
robocopy \someserversomeshare c:somefolder somefile.ned /J
Ned juga ditambahkan:

Masalahnya sebenarnya bukan dalam kode SMB, jadi saya tidak bisa memberi Anda ETA untuk perbaikan permanen belum; SMB hanyalah skenario yang paling mungkin diperhatikan. Anda dapat melihat perilaku ini bahkan dengan salinan file lokal yang tidak menggunakan SMB.

Masalah ini adalah salah satu masalah yang dialami pengguna dalam pembaruan Windows 11 22H2. Sebelumnya, NVIDIA mengkonfirmasi Windows 11 22H2 menyebabkan masalah kinerja dan gamer mungkin mengalami penurunan FPS di video game. Pengguna disarankan untuk menginstal pembaruan terbaru yang dirilis oleh Microsoft karena patch pembaruan terbaru berisi perbaikan bug.

Baca: Windows 11 versi 22H2 Masalah dan Masalah yang Diketahui.