Mikrofon Astro A10 tidak berfungsi di PC atau Xbox

Salah satu perasaan yang paling membuat frustrasi adalah ketika Anda membeli perangkat keras dan perangkat itu gagal berfungsi. Inilah yang terjadi dengan pengguna Astro A10. Menurut beberapa laporan, mikrofon Astro A10 tidak berfungsi di beberapa komputer dan konsol. Dalam artikel ini, kita akan mengatasi masalah ini dan akan melihat cara memperbaikinya.

Bagaimana cara agar mikrofon Astro A10 saya berfungsi?

Astro A10 adalah headset berkabel, Anda cukup mencolokkannya ke komputer dan mulai menggunakannya. Namun, bagi banyak pengguna hal ini tidak terjadi, menurut mereka Mikrofon Astro A10 gagal berfungsi. Jika demikian halnya dengan Anda, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa apakah kabel sudah terpasang dengan benar. Jika pengaturan longgar, headset tidak akan berfungsi. Juga, periksa apakah audio Anda dibisukan, ada tombol kecil yang terpasang di headset yang dapat membisukannya. Jika bukan itu penyebabnya, periksa solusi yang kami sebutkan nanti untuk menyelesaikan masalah.

Perbaiki Mikrofon Astro A10 tidak berfungsi di PC atau Xbox

Sebelum memperbaiki masalah, Anda perlu mengetahui apakah perangkat Anda kompatibel untuk menjalankan Mikrofon Astro A10. Soalnya, Astro A10 memiliki konektor jack yang memiliki 5 kutub dan tidak semua komputer kompatibel dengannya. Jika komputer Anda tidak kompatibel dengan standar ini, Anda mungkin harus mencari di tempat lain. Anda dapat mencoba membeli mediator atau penghubung yang mendukung standar ini, tetapi masih belum ada jaminan bahwa itu akan berhasil. Metode ini berhasil untuk beberapa, tetapi tidak untuk semua.

Jika Mikrofon Astro A10 tidak berfungsi pada perangkat yang kompatibel, lihat solusi berikut untuk mengatasi masalah tersebut.
Mulai ulang konsol atau sistem AndaSetel Mikrofon ke DefaultPeriksa apakah Mikrofon diaktifkanJalankan Pemecah Masalah Rekaman AudioPerbarui Audio DriversTroubleshoot in Clean Boot
Biarkan kami membicarakannya secara detail.
1] Mulai ulang konsol atau sistem Anda
Masalah yang Anda hadapi hanyalah sebuah kesalahan. Glitch ini dapat diatasi hanya dengan me-restart konsol atau sistem. Jadi, lanjutkan dan matikan perangkat Anda dan cabut kabelnya. Tunggu selama tiga menit, sambungkan kabel, dan nyalakan komputer Anda. Kemudian periksa apakah masalah berlanjut. Mudah-mudahan, ini akan berhasil untuk Anda.
2] Atur Mikrofon ke Default

Coba alihkan Astro A10 ke mikrofon default dan lihat apakah itu berfungsi. Biasanya, saat Anda mencolokkan headset, komputer cenderung mengubah pengaturan default. Namun, jika gagal melakukan itu, kami harus melakukan amandemen secara manual. Ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk melakukan hal yang sama.
Buka Control Panel.Ubah Lihat menurut menjadi ikon Besar.Klik Suara.Buka tab Rekaman, klik kanan pada Headset (atau Mikrofon Headset), dan klik Tetapkan sebagai Perangkat Default.
Sekarang, periksa apakah masalah masih berlanjut.

Jika ada aplikasi pihak ketiga seperti Zoom, Meet di mana Anda menggunakan mikrofon, coba ubah Mikrofon defaultnya juga. Mudah-mudahan, ini akan membantu Anda.
3] Periksa apakah Mikrofon diaktifkan
Jika Anda telah menonaktifkan Mikrofon karena alasan privasi atau beberapa aplikasi lain menonaktifkan fitur tersebut, maka inilah saatnya untuk mengaktifkannya. Ikuti langkah-langkah yang ditentukan untuk melakukan hal yang sama.
Launch Settings.Buka Privacy & Security (Windows 11) atau Privacy (Windows 10).Klik pada Mikrofon dan aktifkan.
Anda juga harus memeriksa apakah aplikasi yang Anda coba gunakan Mikrofon memungkinkan untuk menggunakannya atau tidak.
4] Jalankan Pemecahan Masalah Audio Perekama

Mari kita membuat Windows melakukan beberapa pekerjaan. Kami akan menggunakan Pemecah Masalah Rekaman Audio dan melihat apakah itu berhasil. Gunakan langkah-langkah berikut untuk melakukan hal yang sama.

Untuk Windows 11
Launch Settings.Klik pada System > Troubleshoot > Other troubleshooters.Click on Run associated with Recording Audio.
Untuk Windows 10

Buka Settings > Update & Security.Klik pada Troubleshoot > Pemecah masalah tambahan.Pilih Audio > Jalankan pemecah masalah.
Biarkan itu berjalan, dan mudah-mudahan, ini akan berhasil untuk Anda.
5] Perbarui Driver Audio
Selanjutnya, kita perlu memperbarui Driver Audio dan melihat apakah itu berfungsi. Ada berbagai metode untuk melakukan hal yang sama, jadi, pilih salah satu dari berikut ini dan perbarui driver.
Unduh Driver dan Pembaruan Opsional.Buka situs web produsen dan unduh versi terbaru driver audio.Gunakan perangkat lunak pembaruan driver gratis.
Setelah memperbarui driver, periksa apakah masalah tetap ada.
6] Pemecahan masalah di Clean Boot
Last but not least, kami tidak dapat mengabaikan fakta bahwa aplikasi pihak ketiga juga dapat mengganggu driver audio Anda dan menghentikan mikrofon agar tidak berfungsi. Anda perlu melakukan Clean Boot dan mencari tahu apa yang menyebabkan masalah. Kemudian hapus dan masalah Anda akan teratasi.

Semoga solusi ini berhasil untuk Anda.

Bagaimana cara mengatur mikrofon A10 saya?

A10 Mikrofon terhubung dengan kabel, jadi, tidak ada penyiapan yang terlibat. Namun, tergantung pada komputer Anda, Anda mungkin harus membeli konektor Y-split yang terpisah. Setelah Anda memiliki semuanya, pasang headset, colokkan kabel kontrol volume ke headset dan ujung lainnya ke komputer Anda atau konektor Y-split (lalu konektor ke sistem).

Itu saja!

Baca Juga:
Mikrofon tidak berfungsi Mikrofon WindowsUSB tidak berfungsi di Windows.