Mikrofon internal laptop HP tidak berfungsi windows 11/10

Postingan ini akan membantu Anda jika mikrofon internal laptop HP Anda tidak berfungsi. Mungkin ada alasan mengapa Anda menghadapi masalah ini. Misalnya, mungkin ada driver audio yang ketinggalan zaman di laptop Anda, laptop tidak mengenali mikrofon internal Anda, dll. Anda pasti sudah mencoba me-restart laptop Anda beberapa kali dan beberapa opsi lain tetapi masalahnya masih ada. Dalam kasus seperti itu, solusi yang tercakup dalam posting ini mungkin berfungsi.

Mikrofon internal di laptop HP atau laptop lain adalah mikrofon internal yang terletak di dekat webcam. Meskipun biasanya, ini berfungsi dengan baik, terkadang pengguna menemukan bahwa mikrofon internal mereka tidak berfungsi saat merekam atau menggunakannya dengan beberapa aplikasi. Kami akan mencoba membantu Anda mengatasi masalah ini.

Mikrofon internal laptop HP tidak berfungsi pada Windows 11/10

Berikut adalah daftar solusi yang dapat membantu ketika mikrofon internal laptop HP Anda tidak berfungsi:
Periksa pengaturan bisu dan volume mikrofonSetel internal Anda mikrofon sebagai perangkat audio defaultNonaktifkan Penyempurnaan AudioPeriksa status mikrofon internal AndaJalankan Pemecah Masalah Audio PerekamanPerbarui Driver Audio.
Mari kita periksa solusi ini satu per satu.
1] Periksa pengaturan bisu dan volume mikrofon

Periksa apakah mikrofon internal Anda dimatikan atau volumenya terlalu rendah yang membuat Anda berpikir itu tidak berfungsi atau ada masalah dengannya. Dalam hal ini, suarakan, dan sesuaikan pengaturan volumenya. Untuk ini, ikuti langkah-langkah ini:
Pertama-tama, buka Pengaturan suara di laptop Windows 11/10 AndaDalam Pengaturan suara, buka tab Rekaman Pilih mikrofon internal Anda yang mengalami masalah ini dari daftar perangkat perekaman yang ada di tab ituKlik pada Tombol Properties untuk membuka kotak Mikrofon Properties Dalam kotak itu, buka tab LevelsPeriksa apakah mikrofon Anda dimatikan. Jika ya, suarakan dengan mengklik ikon VolumePindahkan penggeser untuk meningkatkan volume mikrofonSelain itu, atur level penguat Mikrofon ke +10.0 dB atau level yang lebih tinggiTekan tombol OK untuk menutup kotak Properti MikrofonTekan tombol OK untuk menutup pengaturan Suara window.
Ini mungkin berfungsi.

Baca:Mikrofon USB tidak berfungsi di Windows
2] Atur mikrofon internal Anda sebagai perangkat audio default

Ini mungkin terjadi ketika Anda mencoba menggunakan mikrofon Anda dengan beberapa aplikasi, itu tidak dapat bekerja dengannya karena beberapa perangkat audio lainnya diatur sebagai perangkat audio default. Dalam hal ini, Anda harus mengatur mikrofon Anda sebagai perangkat audio default. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya:
Jika Anda menggunakan laptop Windows 10, ketik suara di kotak Pencarian, dan tekan tombol Enter untuk membuka pengaturan Suara. Jika Anda menggunakan laptop Windows 11, ketikkan suara di kotak Pencarian, dan tekan tombol Enter. Ini akan membuka aplikasi Pengaturan Windows 11 dengan halaman Pengaturan suara. Setelah itu, gulir ke bawah halaman itu, dan klik opsi More sound settings untuk membuka jendela Sound settingsAccess the Recording tab in the Sound settings boxPilih Mikrofon yang ingin Anda perbaiki masalahnyaKlik tombol Set DefaultTekan tombol OK.
Read : Perangkat lunak pengujian mikrofon gratis dan alat online
3] Nonaktifkan Penyempurnaan Audio
Terkadang, menonaktifkan atau menonaktifkan fitur peningkatan audio pada OS Windows 11/10 memperbaiki masalah mikrofon yang berbeda. Ini mungkin membantu dalam masalah ini juga. Mari kita periksa cara menonaktifkan peningkatan audio di Windows 11 dan Windows 10.

Windows 11

Gunakan tombol pintas Win+I untuk membuka aplikasi Pengaturan. Ini akan terbuka dengan kategori SistemKlik pada halaman Suara yang tersedia di bagian kanan kategori ituAkses bagian Input. Di sana, perluas menu Pilih perangkat untuk berbicara atau merekamPilih mikrofon yang masalahnya perlu Anda perbaikiSetelah memilihnya, klik di bagian kanan mikrofon itu untuk mengakses propertinyaDalam opsi Penyempurnaan audio, klik pada drop-down yang tersedia menuPilih opsi Off.
Sekarang mari kita periksa langkah-langkah untuk Windows 10.

Windows 10

Klik pada kotak PencarianKetik suara dan tekan Enter untuk membuka pengaturan SuaraKlik pada mikrofon internalKlik tombol Properties. Ini akan membuka kotak Properti MikrofonDi sana, buka tab Penyempurnaan Pilih Nonaktifkan semua opsi efek suaraTekan tombol OK untuk menutup kotak Properti MikrofonSekarang, tekan tombol OK untuk menutup jendela Pengaturan suara.
Baca: Mikrofon tidak berfungsi di Windows 11/10
4] Periksa status mikrofon internal Anda

Ada kemungkinan laptop Windows 11/10 Anda tidak dapat mengenali mikrofon Anda karena dinonaktifkan atau terputus. Jadi, jika ini masalahnya, maka langkah-langkah untuk mengatasi masalah ini adalah:
Buka kotak Perintah Jalankan menggunakan tombol pintas Win+RKetik mmsys.cpl di bidang teksTekan tombol Enter untuk membuka jendela Pengaturan suaraBeralih ke tab PerekamanDi area kosong di bawah tab Recording, klik kanan, dan pilih opsi Show Disabled Devices dan opsi Show Disconnected Devices Sekarang mikrofon Anda akan muncul dalam daftar. Setelah itu, Anda mungkin melihat panah bawah yang dilingkari untuk mikrofon Anda yang berarti mikrofon dinonaktifkan. Untuk mengaktifkannya, klik kanan padanya, dan pilih opsi Enable. Sekarang, itu akan menunjukkan tanda centang hijau yang menunjukkan bahwa mikrofon diaktifkan. Akhirnya, uji mikrofon dengan berbicara padanya. Jika ada bilah hijau yang terlihat di tumpukan yang tersedia tepat di sebelah mikrofon Anda, itu berarti itu berfungsi sekarangTekan tombol OK.
Masalah Anda akan hilang sekarang.

Baca: Cara Meningkatkan atau Meningkatkan Volume Mikrofon di Windows
5] Jalankan Pemecahan Masalah Audio Perekaman bspWindows 11 /10 OS dilengkapi dengan pemecah masalah Audio Perekaman internal yang dapat membantu Anda memperbaiki berbagai masalah yang terkait dengan masalah yang sama. Anda dapat mencoba solusi bawaan ini dan ini mungkin menyelesaikan masalah mikrofon internal ini untuk laptop HP Anda. Pemecah masalah Rekaman Audio ini memeriksa driver perangkat audio, status layanan audio, dll., dan memberikan perbaikan yang sesuai. Mari kita lihat cara menjalankan pemecah masalah Rekaman Audio di Windows 11 dan Windows 10 secara terpisah.

Windows 11

Tekan hotkey Win+I. Ini akan membuka aplikasi Pengaturan dengan kategori Sistem Gulir ke bawah ke bagian kanan dan pilih halaman Pemecahan Masalah Di bawah Opsi, klik opsi Pemecah masalah lainnya Daftar semua pemecah masalah akan terlihat. Gulir ke bawah untuk mengakses pemecah masalah Rekaman Audio Tekan tombol Jalankan yang tersedia untuk pemecah masalah itu Sekarang, proses pemeriksaan item yang berbeda akan dimulai. Setelah proses selesai, Anda harus memilih Mikrofon untuk pemecahan masalah.
Setelah itu, ia akan memberikan perbaikan berdasarkan masalah yang ditemukan oleh pemecah masalah, dan membantu Anda memperbaiki masalah tersebut.

Windows 10

Klik tombol MulaiPilih PengaturanKlik pada Pembaruan & Keamanan kategori yang tersedia di aplikasi PengaturanKlik pada halaman Pemecahan Masalah yang ada di bagian kiriDi bagian kanan, klik opsi Pemecah masalah tambahanAkses dan klik opsi Rekaman AudioTekan tombol Jalankan pemecah masalahPilih perangkat (Mikrofon dalam hal ini) untuk pemecahan masalah.
Sekarang biarkan pemecah masalah mendeteksi masalah dan kemudian coba perbaikan yang disediakan olehnya.

Baca: Mikrofon Internal hilang di Windows 11/10
6] Perbarui Driver AudioApakah itu tentang driver audio atau beberapa driver lain, dalam banyak kasus, driver usang menyebabkan berbagai masalah . Jadi, ada baiknya untuk memperbarui driver perangkat dari waktu ke waktu. Untungnya, ada beberapa cara untuk memperbarui driver, termasuk driver audio seperti menggunakan bagian Pembaruan Opsional yang ada di bawah Pembaruan Windows, perangkat lunak pembaruan driver pihak ketiga, dll. Jadi, coba perbarui driver audio Anda dan ini mungkin menyelesaikan masalah Anda ini.

Anda juga dapat mengunduh driver audio untuk laptop HP Anda langsung dari situs web produsen. Cukup akses situs web resminya, berikan nomor seri laptop Anda di bidang yang diperlukan, pilih laptop Anda dari hasilnya, dan cari bagian driver audio. Di sana Anda akan mendapatkan tautan unduhan untuk berbagai versi OS Windows Anda. Cukup unduh driver yang kompatibel dan instal, dan mulai ulang laptop Anda.

Semoga ada yang berhasil.

Bagaimana cara memperbaiki mikrofon internal di laptop HP saya?

Jika mikrofon internal di laptop HP Anda tidak berfungsi di OS Windows 11/10, maka Anda dapat mencoba beberapa perbaikan seperti:
Perbarui driver audio Suarakan mikrofon (jika dibisukan) dan tingkatkan label volumenyaPeriksa status mikrofon dan lihat apakah mikrofon dinonaktifkan. Jika ya, aktifkan Gunakan Pemecah Masalah Perekaman Audio bawaan WindowsSetel status mikrofon internal ke default.
Semua solusi tersebut dengan petunjuk langkah demi langkah tercakup dalam posting ini.

Mengapa mikrofon internal saya tidak berfungsi?

Tidak ada alasan khusus yang dapat jelaskan dengan tepat mengapa mikrofon internal laptop atau komputer Anda tidak berfungsi. Itu bisa terjadi karena driver audio yang ketinggalan zaman, mikrofon internal dinonaktifkan atau tidak aktif, aplikasi tidak memiliki akses ke mikrofon internal Anda, mungkin Anda tidak sengaja mematikan mikrofon, dll.

Apa pun penyebabnya, ada beberapa solusi atau perbaikan yang mungkin membantu menyelesaikan masalah ini. Misalnya, Anda dapat mengaktifkan suara mikrofon menggunakan pengaturan Suara, menyediakan akses aplikasi ke mikrofon menggunakan aplikasi Pengaturan Windows 11/10, menonaktifkan peningkatan audio, menjalankan pemecah masalah Rekaman Audio, dan banyak lagi.

Baca selanjutnya:Memperbaiki masalah Suara dan Audio dan masalah di Windows 11/10.