Monitor PC mati setelah beberapa menit secara acak

Jika monitor PC Anda mati setelah beberapa menit secara acak, Anda dapat mengikuti solusi ini untuk mengatasi masalah ini. Mungkin ada berbagai alasan mengapa monitor komputer Anda mati secara otomatis setelah beberapa menit. Di sini kami telah menjelaskan beberapa penyebab dan solusi umum sehingga Anda dapat memecahkan masalah dalam beberapa saat.

PC Monitor mati setelah beberapa menit secara acak

Jika monitor PC Anda mati setelah beberapa menit, lakukan hal berikut:
Periksa koneksi kabelPeriksa Pengaturan dayaVerifikasi grafik cardRestart/instal ulang/perbarui driver grafisPerangkat lunak pihak ketiga
Sebelum Anda mulai, restart driver grafis pada PC Anda dan lihat apakah itu membantu.
1] Periksa koneksi kabel
Ini adalah hal pertama yang perlu Anda verifikasi ketika Anda mendapatkan masalah yang disebutkan di atas. Jika kabel atau port sudah cukup tua, kemungkinan ada masalah kabel yang longgar. Akibatnya, monitor Anda tidak akan berfungsi dengan normal, dan pada akhirnya Anda akan mengalami masalah seperti ini. Karena itu, sebelum menuju solusi lain, Anda perlu memeriksa apakah Anda memiliki kabel atau port yang longgar. Anda harus memeriksa monitor serta port kartu grafis.
2] Periksa Pengaturan daya

Windows 11/10 dilengkapi dengan beberapa pengaturan yang menentukan kapan layar komputer Anda akan mati. Itu ada untuk menghemat masa pakai baterai laptop Anda. Namun, pengaturan yang sama juga ada di komputer desktop. Jika Anda telah mengatur semuanya dengan tidak benar, Anda mungkin mendapatkan masalah yang disebutkan di atas pasti. Oleh karena itu, lakukan hal berikut untuk memverifikasi setelan Tidur:
Telusuri panel kontrol di kotak penelusuran Taskbar.Klik hasil penelusuran individual.Klik Opsi Daya.Pilih Pilih kapan harus mematikan layar.Pilih Never dari drop- daftar bawah.Klik tombol Simpan perubahan.
Setelah itu, masalah Anda akan teratasi.
3] Verifikasi kartu grafis
Jika kartu grafis Anda mengalami masalah atau tidak berfungsi dengan baik, monitor Anda tidak akan berfungsi dengan baik. Mungkin ada berbagai hal yang mungkin terjadi dengan tampilan Anda, dan dimatikan adalah salah satunya. Kadang-kadang, debu bisa menjadi alasan mengapa itu mungkin tidak berfungsi dengan benar. Jika demikian, disarankan untuk memeriksa apakah kartu grafis berfungsi dengan baik atau tidak. Untuk ini, Anda mungkin perlu meminta bantuan staf dukungan PC profesional.
4] Mulai ulang/instal ulang/perbarui driver grafis

Jika Anda menggunakan kartu grafis, Anda mungkin perlu memeriksa apakah pembaruan tersedia untuk tampilan atau driver grafis. mungkin perlu menginstal driver. Ikuti panduan ini untuk memperbarui driver grafis.

Baca: Layar tidak akan mati setelah waktu yang ditentukan di Windows
5] Perangkat lunak pihak ketiga
Ada beberapa aplikasi yang sering melakukan berbagai hal di PC Anda. Misalnya, beberapa aplikasi memungkinkan Anda menyesuaikan paket Daya di Windows 11/10. Jika Anda telah menginstal aplikasi semacam itu di komputer Anda, itu mungkin menyebabkan masalah yang sama. Perangkat lunak manajemen daya lainnya dari OEM diketahui menyebabkan konflik dan akibatnya masalah ini. Itulah mengapa disarankan untuk menemukan aplikasi semacam itu dan menonaktifkannya di PC Anda.

Cara terbaik untuk mengidentifikasi perangkat lunak yang menyinggung atau bermasalah adalah dengan mem-boot di Clean Boot dan kemudian mencoba memecahkan masalah secara manual.

Baca: Cara mematikan laptop Windows layar dengan klik menggunakan ScreenOff

Tips bonus: Terlalu panas juga dapat menyebabkan masalah ini. Jika monitor Anda kepanasan setelah beberapa menit penggunaan, mungkin akan mati secara otomatis.

Monitor mati setelah boot

Jika monitor mati setelah boot, solusinya sama seperti di atas. Anda perlu memutakhirkan driver grafis, mengubah pengaturan Daya, menonaktifkan Hybrid Shutdown, dll. Di sisi lain, Anda juga perlu memeriksa port yang longgar, monitor yang terlalu panas, dll. apakah monitor saya mati setelah beberapa menit?

Mungkin ada beberapa alasan mengapa monitor Anda mati setelah beberapa menit. Dari panas berlebih, kabel longgar, port, dll., hingga pengaturan Daya yang salah, apa pun dapat menyebabkan masalah seperti itu. Namun, Anda dapat mengatasi masalah ini dengan mengikuti panduan yang disebutkan di atas.

Baca: Monitor kedua berkedip dan mati di Windows PC

Mengapa monitor saya menjadi hitam setelah beberapa menit?

Panas berlebih adalah salah satu alasan paling umum mengapa monitor Anda menjadi hitam setelah beberapa menit pemakaian. Untuk memecahkan masalah ini, Anda perlu memeriksa apakah Anda memiliki kabel atau port yang longgar. Setelah itu, Anda perlu memeriksa apakah Anda memiliki kartu grafis atau driver yang rusak atau tidak. Jika tidak ada yang membantu, disarankan untuk menuju ke pusat layanan.

Baca: Kecerahan layar komputer Windows berkedip atau berkedip.