Oculus Air Link Tidak berfungsi atau Merespons di PC Windows

Apakah Oculus Air Link tidak berfungsi atau merespons pada PC Windows Anda? Oculus Air Link memungkinkan Anda memainkan game PC VR tanpa kabel di Quest atau Quest 2. Namun, banyak pengguna menghadapi masalah di mana Oculus Air Link tidak hanya berfungsi atau merespons. Ini membuat mereka tidak bisa memainkan game virtual favorit mereka. Jika Anda juga mengalami masalah yang sama, panduan ini cocok untuk Anda. Di sini, kami akan menyebutkan perbaikan yang akan membantu Anda menyelesaikan masalah dan membuat Oculus Air Link Anda berfungsi dengan baik. Jadi, tanpa banyak basa-basi, mari kita lihat solusinya sekarang!

Mengapa Oculus Air Link tidak berfungsi atau merespons di PC?

Ada beberapa alasan mengapa Oculus Air LINK tidak berfungsi atau merespons di PC Anda. Berikut adalah kemungkinan penyebab masalah yang dihadapi:
Masalah ini dapat disebabkan karena driver perangkat yang sudah ketinggalan zaman, terutama USB dan driver grafis. Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki driver perangkat terbaru di sistem Anda agar Air Link berfungsi dengan baik. Jika terlalu banyak perangkat yang menggunakan saluran WiFi yang sama dengan Oculus Air Link, kinerjanya dapat menurun dan Anda mungkin mengalami masalah di tangan. Jadi, Anda dapat memodifikasi saluran WiFi perangkat Anda untuk memperbaiki masalah ini. Jika program yang bertentangan dengan Oculus berjalan di latar belakang, kemungkinan besar Anda akan menghadapi masalah. Jadi, yang dapat Anda lakukan adalah menutup semua program yang bertentangan untuk menghilangkan masalah. Anda akan menghadapi masalah ini jika Anda belum mengatur konfigurasi yang benar untuk Oculus Air Link. Dalam hal ini, buka Alat Debug Oculus dan konfigurasikan pengaturan dengan benar.
Mungkin ada beberapa skenario lain yang memicu masalah. Anda dapat mencoba perbaikan yang sesuai dari yang tercantum di bawah ini berdasarkan skenario yang paling cocok untuk Anda.

Oculus Air Link Tidak berfungsi atau Merespons pada Windows PC

Berikut adalah metode yang dapat Anda coba untuk memperbaiki masalah Oculus Air Link tidak berfungsi dengan benar pada PC Windows Anda:
Luncurkan kembali perangkat lunak Oculus dari Task Manager. Perbarui semua driver perangkat Anda. Ubah saluran Wi-Fi. Tutup semua program yang bertentangan. Periksa dengan Alat Debug Oculus. Reset pabrik Quest Anda.1] Luncurkan kembali perangkat lunak Oculus dari Task Manager
When Oculus Air Link tidak berfungsi di PC Anda, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menutup perangkat lunak Oculus dan proses terkait. Dan kemudian, luncurkan kembali perangkat lunak Oculus dan lihat apakah Air Link berfungsi atau tidak. Anda dapat melakukannya menggunakan Pengelola Tugas bawaan Windows. Pertama, tekan Ctrl + Shift + Esc untuk meluncurkan Task Manager. Setelah itu, dari tab Processes, pilih proses yang terkait dengan Oculus satu per satu dan gunakan tombol End task untuk menutupnya. Setelah selesai, buka kembali Oculur dan lihat apakah masalahnya sudah diperbaiki.

Jika Anda masih mendapatkan masalah yang sama, coba perbaikan potensial berikutnya untuk menyelesaikannya.
2] Perbarui semua driver perangkat Anda

Masalah ini dapat difasilitasi karena perangkat yang usang dan rusak driver. Sebagian besar grafik dan driver USB yang rusak menyebabkan masalah ini. Jadi, jika skenarionya berlaku, Anda harus dapat memperbaikinya dengan memperbarui semua driver perangkat Anda. Anda dapat menggunakan salah satu metode di bawah ini untuk memperbarui driver perangkat pada Windows 11/10:
Anda cukup meluncurkan aplikasi Pengaturan menggunakan tombol pintas Win+I dan kemudian pergi ke tab Pembaruan Windows > bagian Pembaruan Opsional. Dari sini, Anda dapat dengan mudah menginstal semua pembaruan driver yang tersedia. Metode konvensional lainnya adalah mengunjungi situs web resmi produsen perangkat dan mendapatkan versi terbaru driver perangkat Anda. Coba aplikasi Device Manager untuk memperbarui driver perangkat Anda. Instal gratis perangkat lunak pembaruan driver untuk memperbarui driver perangkat Anda secara otomatis.
Setelah Anda selesai memperbarui semua driver usang pada PC Anda, buka kembali Oculus dan periksa apakah masalah telah diperbaiki atau tidak.

Jika Anda menghadapi masalah bahkan dengan driver terbaru, lanjutkan dan coba perbaikan potensial berikutnya untuk menghilangkannya.

Lihat: VirtualBox menampilkan layar Hitam dan tidak mem-boot OS tamu.
3] Memodifikasi saluran Wi-Fi
Anda dapat mencoba menyesuaikan saluran WiFi perangkat Anda untuk memperbaiki masalah. Ada kemungkinan Oculus Air Link tidak berfungsi atau merespons atau tertinggal karena terlalu banyak perangkat yang menggunakan saluran Wi-Fi. Jadi, untuk kinerja Oculus Air Link yang optimal, Anda dapat mengikuti tips dan trik di bawah ini:
Cobalah menggunakan router modern yang memiliki koneksi dual-band. Siapkan headset Quest/ Quest 2 di rentang pita 5 GHz. Pastikan tidak ada perangkat lain yang terhubung ke pita 5 GHz. Dan, atur printer, monitor, dll., dalam spektrum 2.4GHz.Coba gunakan kabel ethernet untuk menghubungkan komputer atau laptop dengan router Anda.Pastikan headset dan router Anda dan tidak berjauhan satu sama lain untuk menikmati kinerja yang optimal .
Jika Anda telah mengikuti tips di atas dan masalah tetap ada, coba perbaikan potensial berikutnya untuk menyelesaikannya.

Baca:Oculus telah mendeteksi masalah dengan driver grafis Anda.
4] Tutup semua program yang bertentangan
Masalah ini mungkin juga disebabkan jika ada program yang bertentangan berjalan di PC Anda. Jika sebuah program bertentangan dengan Oculus dan menyebabkan Air Link mogok atau tidak merespons karena beberapa bug pemrograman, Anda dapat mencoba menutupnya. , McAfee, antivirus Avast / AVG / ESET/ Norton, MSI Afterburner, NordVPN, Bitdefender VPN, PIA, Proton VPN, Razer Cortex, Lenovo Nerve Sense, Lenovo Vantage, Riots Vanguard, Steam VR, TeamViewer, WebRoot, MalwareBytes, dan Windows Xbox Game Bar.

Jika salah satu program yang tercantum di atas berjalan di PC Anda dan Oculus Air Link tidak merespons atau tidak berfungsi, tutup program yang bentrok. Setelah itu, periksa apakah Oculus Air Link mulai berfungsi dengan baik atau tidak. Jika ya, bagus. Namun, jika itu tidak membantu Anda memperbaiki masalah, lanjutkan ke perbaikan potensial berikutnya.

TERKAIT:Perbaiki kesalahan dan masalah Oculus Rift.
5] Periksa dengan Alat Debug Oculus

Alat Debug Oculus adalah alat canggih yang disertakan dengan Oculus Menggunakannya , Anda dapat memeriksa dan menyiapkan performa game dan setelan debug. Oleh karena itu, jika Oculus Air Link tidak berfungsi, Anda dapat memeriksa dengan Alat Debug Oculus jika ada masalah dengan pengaturan Anda. Begini caranya:
Pertama, tekan Win+E untuk membuka Windows File Explorer lalu arahkan ke lokasi di bawah ini: C:Program FilesOculusSupportoculus-diagnosticsSekarang, dari lokasi di atas, jalankan aplikasi OculusDebugTool . Selanjutnya, di jendela Oculus Debug Tool, perluas kategori Oculus Link dan periksa apakah opsi Encode Dynamic Bitrate diatur ke Default atau tidak. Jika tidak, pilih opsi dan pilih opsi Default untuk itu. Setelah itu, periksa opsi Encode Bitrate (Mbps) dan lihat apakah disetel ke “0”. Jika tidak disetel ke 0, klik dan ubah ke 0. Terakhir, lihat apakah masalah telah diperbaiki atau tidak.
Jika masalah masih berlanjut, coba perbaikan potensial berikutnya untuk menyelesaikannya.

Baca: Cadangkan, Pulihkan, Migrasikan Oculus Rift file game dengan vrBackupper.
6] Reset pabrik Quest
AndaJika tidak ada solusi di atas yang berhasil untuk Anda, upaya terakhir untuk memperbaiki masalah adalah mengembalikan Quest ke setelan pabrik. Melakukannya akan menghapus kesalahan dan bug di perangkat lunak Oculus dan headset Anda. Namun, ingatlah bahwa ini akan menghapus semua data game Anda. Jadi, coba metode ini hanya jika Anda yakin dengan apa yang Anda lakukan atau jika tidak ada cara lain yang berhasil untuk memperbaiki masalah.

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan reset pabrik menggunakan headset:
Pertama, tekan tombol daya dan volume secara bersamaan dan tahan sampai perangkat menyala. Sekarang, sorot opsi Reset pabrik lalu tekan tombol Daya. Selanjutnya, pilih opsi Ya, hapus dan reset pabrik dan ketuk tombol Daya untuk memulai proses reset. bekerja untuk Anda, dan Oculus Air Link akan mulai bekerja untuk Anda sekarang.

Bagaimana cara agar Oculus Air Link saya berfungsi?

Agar Oculus Air Link berfungsi di PC, buka aplikasi Oculus PC dan buka tab Pengaturan. Sekarang, navigasikan ke bagian Beta dan temukan opsi Air Link. Selanjutnya, aktifkan sakelar yang terkait dengan opsi Air Link. Ini akan mengaktifkan Oculus Air Link di PC Anda.

Fix:Oculus Link Black Screen problem

Bagaimana cara memperbaiki Oculus Link yang tidak berfungsi?

Jika Oculus Link tidak berfungsi di PC, Anda dapat memperbaikinya dengan memperbarui semua driver perangkat Anda ke versi terbaru . Selain itu, turunkan resolusi PC Anda, nonaktifkan overlay dalam game, keluar dari Saluran Uji Publik, atau jalankan pemindaian SFC pada PC Anda untuk memperbaiki masalah.

Mengapa Oculus Link saya layar hitam?

Jika Anda mendapatkan layar hitam pada Oculus Link, itu bisa disebabkan karena driver perangkat yang sudah ketinggalan zaman termasuk driver GPU dan USB. Juga, jika Anda menggunakan resolusi yang lebih tinggi pada PC Anda, Anda mungkin mengalami layar hitam pada Oculus Link.

Sekarang baca:
Oculus Software tidak diinstal pada Windows 11. Perbaiki Oculus Quest 2 Mic tidak berfungsi pada PC Windows.