Oculus Quest 2 tidak terhubung ke WiFi di PC; Putus terus!

Apakah Anda tidak dapat menghubungkan perangkat Oculus Quest 2 Anda ke WiFi? Banyak pengguna perangkat Quest 2 telah melaporkan bahwa headset Quest 2 mereka tidak dapat terhubung ke WiFi. Beberapa pengguna juga melaporkan mengalami masalah pemutusan koneksi WiFi dengan perangkat. Sekarang, jika Anda adalah salah satu pengguna yang terpengaruh menghadapi masalah yang sama, panduan ini akan membantu Anda memperbaiki masalah tersebut. Di sini, kita akan membahas beberapa perbaikan yang akan membantu Anda jika Oculus Quest 2 tidak terhubung ke WiFi.

Mengapa saya tidak dapat menghubungkan Oculus Quest 2 saya ke Wi-Fi?

Masalah tidak dapat menghubungkan Quest 2 ke WiFi adalah kemungkinan besar disebabkan karena konektivitas internet yang buruk. Karenanya, pastikan tidak ada masalah koneksi internet dan Anda terhubung ke koneksi internet yang stabil. Juga, masalah dengan router Anda mungkin memfasilitasi masalah yang dihadapi. Jadi, Anda dapat mencoba melakukan siklus daya pada router Anda atau mengatur ulang perangkat ke default pabrik.

Mungkin juga ada beberapa kesalahan sementara dengan perangkat Quest 2 Anda yang mungkin menyebabkan masalah yang dihadapi. Jadi, Anda dapat mencoba me-reboot headset atau melakukan hard reboot pada perangkat Anda untuk memperbaiki masalah. Selain itu, Anda mungkin juga perlu mengatur ulang headset Oculus Quest 2 ke setelan pabrik karena pengaturan dan data yang rusak juga dapat menyebabkan masalah.

Jika Anda menggunakan PC, masalah mungkin dipicu karena driver Oculus yang rusak. Oleh karena itu, Anda dapat mencoba menginstal ulang atau memperbarui driver untuk memperbaiki masalah.

Oculus Quest 2 tidak terhubung ke WiFi

Berikut adalah perbaikan yang dapat Anda coba jika perangkat Oculus Quest 2 Anda tidak terhubung ke WiFi:
Uji koneksi internet Anda.Lakukan siklus daya pada router Anda.Mulai ulang headset Anda/ Lakukan hard reboot pada Quest.Lupakan jaringan Wi-Fi dan sambungkan kembali menggunakan aplikasi Oculus.Periksa driver Oculus Anda.Modifikasi saluran Wi-Fi.Setel ulang Router ke pengaturan default.Siapkan router khusus untuk Quest 2.Factory reset Quest.
Oculus Quest 2 terus terputus dari WiFi
1] Uji koneksi internet Anda
Pertama-tama, pastikan koneksi internet Anda stabil dan dioptimalkan. Jadi, periksa koneksi internet Anda dan pastikan Anda terhubung ke koneksi internet yang stabil dan berkecepatan baik. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk mengoptimalkan koneksi internet Anda:
Periksa koneksi internet Anda dan atasi masalah WiFi, jika ada. Coba sambungkan ke beberapa koneksi jaringan lain yang lebih andal dan stabil. Anda dapat mencoba me-restart router/modem Anda dan lihat apakah berhasil atau tidak.2] Lakukan siklus daya pada router
Anda Masalah ini mungkin terjadi jika ada inkonsistensi dengan router Anda atau karena cache router yang buruk. Karenanya, Anda dapat melakukan siklus daya pada router/modem Anda dan kemudian memeriksa apakah perangkat Oculus Quest 2 Anda terhubung ke WiFi atau tidak. Berikut adalah cara menghidupkan router Anda:
Pertama, matikan router Anda dengan menekan dan menahan tombol daya pada router Anda. Sekarang, cabut kabel daya router Anda dari sakelar utama dan tunggu setidaknya 30 detik hingga satu menit. Setelah itu, Anda dapat memasang kembali kabel daya router Anda ke sakelar utama dan menyalakannya. Terakhir, sambungkan perangkat Quest Anda ke internet dan lihat apakah masalahnya sudah diperbaiki atau belum. bukan penyebab utama, coba perbaikan potensial berikutnya untuk menyelesaikan masalah.
3] Restart headset Anda/ Lakukan hard reboot pada Quest
Masalahnya mungkin terletak pada headset Anda sendiri. Mungkin ada beberapa kesalahan sementara dengan perangkat. Karenanya, Anda dapat mencoba me-restart headset Anda dan kemudian melihat apakah itu terhubung ke internet atau tidak. Untuk me-restart perangkat Oculus Quest 2 Anda, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Pertama-tama, pastikan perangkat Anda dihidupkan. Sekarang, tekan dan tahan tombol daya pada perangkat Anda yang ada di sisi kanan. Selanjutnya, pada layar shutdown, pilih tombol Restart untuk mem-boot ulang headset Anda. Saat headset Anda di-restart, coba sambungkan ke WiFi dan lihat apakah masalahnya teratasi atau tidak.
Jika reboot sederhana tidak membantu Anda memperbaiki masalah, coba lakukan hard reboot pada Oculus Anda Perangkat pencarian 2. Berikut adalah cara melakukannya:
Pertama, matikan headset Anda. Sekarang, tekan dan tahan tombol daya dan volume (-) secara bersamaan hingga Anda melihat layar boot. Selanjutnya, sorot opsi keluar dan reboot menggunakan volume ( +/-) lalu tekan tombol daya.
Pada pengaktifan berikutnya, coba sambungkan headset ke WiFi dan periksa apakah masalah sudah teratasi. Jika masalah berlanjut, coba solusi potensial berikutnya untuk memperbaiki masalah.

Baca: Oculus telah mendeteksi masalah dengan driver grafis Anda.
4] Lupakan jaringan Wi-Fi dan sambungkan kembali menggunakan perangkat lunak Oculus
Jika solusi di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba melupakan jaringan WiFi. Kemudian, coba sambungkan kembali ke WiFi Anda dengan memasukkan kembali kredensial login. Setelah itu, sambungkan kembali perangkat melalui aplikasi desktop Oculus. Dalam hal ini bekerja untuk Anda, baik dan baik. Jika tidak, coba solusi potensial berikutnya untuk memperbaiki masalah.
5] Periksa driver Oculus Anda
Masalahnya mungkin terjadi karena driver Oculus yang kedaluwarsa atau rusak pada PC Anda. Jadi, jika skenarionya berlaku, periksa kembali driver Oculus Anda dan pastikan mereka mutakhir. Anda kemungkinan besar akan menemukan driver Oculus Anda di lokasi di bawah ini
C:Program FilesOculusSupportoculus-drivers
Jika ada masalah dengan driver Oculus Anda, Anda mungkin perlu mengunduh ulang atau memperbaruinya untuk memperbaiki masalah. Anda dapat mengunduh driver secara manual dari situs web resmi Oculus. Setelah itu, klik dua kali pada file pengaturan driver dan ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan proses instalasi atau pembaruan.

Anda juga dapat menggunakan aplikasi Device Manager bawaan untuk memperbarui Driver Oculus. Cukup buka aplikasi dan di bawah kategori pengontrol Universel Serial Bus, pilih USB yang benar dan klik kanan padanya. Kemudian, pilih opsi Perbarui driver dan ikuti petunjuk yang diminta untuk menyelesaikan proses.

Setelah memperbarui atau menginstal ulang driver, periksa apakah masalah “Oculus Quest 2 tidak terhubung ke WiFi” telah diperbaiki atau belum. Jika tidak, lanjutkan ke perbaikan potensial berikutnya.
6] Ubah saluran Wi-Fi
Hal berikutnya yang dapat Anda coba adalah mengubah saluran WiFi perangkat Anda untuk menghilangkan masalah. Anda dapat mencoba mengatur headset Quest 2 Anda dalam rentang pita 5 GHz dan kemudian memeriksa apakah itu terhubung ke WiFi atau tidak. Anda juga perlu memastikan bahwa tidak ada perangkat lain yang terhubung ke pita 5 GHz.

TERKAIT: Perbaiki kesalahan dan masalah Oculus Rift.
7] Setel ulang Router ke setelan default
Anda juga dapat mencoba menyetel ulang router ke setelan default untuk memperbaiki masalah. Karena masalahnya kemungkinan besar terkait dengan perute Anda (mis., pengaturan yang rusak), metode ini harus memperbaikinya.

Untuk melakukannya, masukkan alamat IP perute ke peramban web Anda dan masuk dengan nama pengguna dan kata sandi Anda untuk masuk ke halaman pengaturan. Kemudian, buka Sistem (atau Alat Sistem) dan temukan opsi Pulihkan atau Default Pabrik. Dan kemudian, pilih opsi dan konfirmasikan proses reset. Ketika proses selesai, restart router Anda dan kemudian coba sambungkan perangkat Anda ke WiFi.
8] Siapkan router khusus untuk Quest 2
Jika tidak ada yang berhasil untuk Anda, coba siapkan router khusus untuk Quest 2 untuk memperbaiki masalah. Banyak pengguna lebih suka menggunakan router khusus untuk Virtual Desktop. Jadi, Anda dapat mencoba melakukan hal yang sama dan melihat apakah itu berhasil untuk Anda.
9] Penyetelan ulang pabrik Quest

Upaya terakhir untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan melakukan reset pabrik pada Quest Anda. Jika masalah disebabkan karena kesalahan dan bug pada perangkat lunak Oculus dan headset Anda, ini akan memperbaiki masalah untuk Anda. Namun, perhatikan bahwa setelah melakukannya, Anda akan kehilangan semua data game Anda. Jadi, gunakan metode ini hanya setelah Anda mencoba semua perbaikan potensial lainnya atau jika Anda yakin dengan apa yang Anda lakukan.

Untuk melakukan reset pabrik pada perangkat Quest 2 Anda, coba langkah-langkah di bawah ini:
Pertama, tekan dan tahan tombol daya dan volume secara bersamaan.Sekarang, di layar berikutnya, sorot opsi Factory reset menggunakan tombol volume (+/-) lalu tekan tombol Power. Selanjutnya, pilih opsi Yes, erase and factory reset dan tekan tombol Power untuk memulai reset process.
Mudah-mudahan, Anda sekarang dapat menghubungkan perangkat Oculus Quest 2 Anda ke WiFi tanpa masalah.

Itu saja!

Mengapa Oculus saya tidak terhubung ke PC saya?

Jika headset Oculus Anda tidak terhubung ke PC, mungkin disebabkan jika PC Anda tidak memenuhi persyaratan minimum untuk mendukung perangkat Oculus. Selain itu, periksa Kabel/Port USB Anda, perbarui perangkat lunak Oculus, nyalakan perangkat Anda, perbarui driver perangkat Anda, dll.