Opsi tidur hilang di Windows 11/10; Bagaimana cara mengembalikannya?

Ketika kami tidak ingin mematikan sistem kami karena kami meninggalkan sistem untuk waktu yang singkat, dalam hal ini, opsi terbaik adalah menggunakan komputer Anda ke mode Tidur. Namun, opsi Tidur tidak ada untuk beberapa pengguna di komputer Windows 11/10 mereka dan jika Anda salah satunya maka dalam artikel ini, kami akan memberi Anda beberapa solusi mudah untuk mendapatkan kembali Tidur Anda.

Mengapa tidak ada opsi Tidur di Windows 11?

Ada opsi Tidur di Windows 11, tetapi Anda mungkin tidak dapat melihat opsi di Start Menu atau tempat lain karena salah konfigurasi. Dalam artikel ini, kami telah menyebutkan semua solusi yang Anda perlukan untuk mendapatkan konfigurasi yang benar dan opsi Tidur kembali.

Perbaiki opsi Tidur yang hilang di Windows 11/10

Apakah opsi Tidur tidak ada di komputer Anda? Periksa solusi berikut untuk menyelesaikan masalah.
Periksa apakah Sleep dinonaktifkan di Control PanelRestore Power PlansEdit Group PolicyPerbarui Windows dan DriverRun Power Troubleshooter
Restore atau Aktifkan opsi Sleep yang hilang
1] Periksa apakah Sleep dinonaktifkan di Control Panel

Pertama, kita perlu memeriksa apakah opsi Sleep diaktifkan di Panel Kontrol. Kami akan memeriksa konfigurasi Opsi Daya dan melihat apakah ada kesalahan konfigurasi. Ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk melakukan hal yang sama.
Buka Control Panel dengan mencarinya dari Start Menu.Buka System and Security > Power Options.Pilih Choose what the power button does.Jika Sleep tidak dicentang, klik Change the settings that are saat ini tidak tersedia. Centang Tidur dan klik Simpan perubahan.
Sekarang, periksa apakah Anda dapat mengaktifkan Sleep in the Power Option.

Baca: opsi Hibernate tidak ada di Control Panel di Windows
2] Pulihkan Power Plans
Metode lain untuk mengatasi kesalahan konfigurasi adalah dengan memulihkan Power Plan pengaturan. Yang harus Anda lakukan adalah menjalankan perintah dan masalah Anda akan teratasi. Jadi, buka Command Prompt sebagai administrator dan jalankan perintah berikut.
powercfg -restoredefaultschemes
Setelah Anda berhasil menjalankan perintah, mulai ulang sistem Anda dan lihat apakah masalah berlanjut.
3] Edit Kebijakan Grup

Sekarang, kita akan mengedit Kebijakan Grup dan memastikan bahwa opsi untuk menonaktifkan Sleep tidak diaktifkan. Satu hal yang harus Anda ketahui adalah bahwa Kebijakan Grup tidak tersedia di Windows 11/10 Home, jadi, periksa panduan kami dan lihat cara mengaktifkan Editor Kebijakan Grup di Windows Home.

Sekarang, buka Editor Kebijakan Grup dengan mencarinya dari Menu Mulai. Sekarang, navigasikan ke lokasi berikut.
Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > File Explorer

Cari Show sleep di menu opsi daya, klik dua kali untuk membukanya, pilih Enable, dan klik Apply > Ok.

Mulai ulang sistem Anda dan centang jika masalah terus berlanjut. Jika Anda masih tidak dapat menemukan opsi Sleep di menu Power, buka Group Policy Editor dan pergi ke lokasi berikut:
Computer Configuration > Administrative Template > System > Power Management > Sleep Settings.

Cari Allow standby states (S1-S3 ) saat tidur (dicolokkan) dan Aktifkan.

Related: Perbedaan antara Sleep, Hybrid Sleep, Hibernation
4] Perbarui Windows dan Drivers
Jika opsi Tidur berwarna abu-abu, kemungkinan Sistem Operasi atau driver tidak mutakhir. Anda harus terlebih dahulu memeriksa pembaruan dan menginstalnya jika tersedia. Kemudian, perbarui semua driver Anda. Berikut ini adalah beberapa metode untuk memperbarui driver pada komputer Windows.
Periksa untuk Pembaruan Windows Opsional dan Driver.Unduh versi terbaru dari semua driver dari situs web produsen masing-masing. Pemecah Masalah Daya. Ini adalah utilitas bawaan yang akan memindai dan memperbaiki penyebabnya. Ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk menjalankan Pemecah Masalah Daya.

Windows 11
Buka Pengaturan.Buka Sistem > Pemecahan Masalah > Pemecah masalah lainnya.Klik Jalankan yang terkait dengan Power.
Windows 10
Buka Pengaturan.Buka Perbarui & Keamanan > Pemecahan Masalah > Pemecah masalah tambahan.Pilih Daya, dan klik Jalankan troubleshooter.
Mudah-mudahan, ini akan melakukan pekerjaan untuk Anda.

Di mana opsi Sleep di Windows 11?

Sleep dapat diakses dengan tombol Power, cukup klik tombol dan Anda akan melihat opsi Sleep di sana. Atau, tekan Alt + F4, dan dari menu tarik-turun, pilih Tidur. Namun, jika Anda ingin mengakses pengaturan Tidur, Anda perlu menggunakan Pengaturan Windows. Tekan saja Menang + I untuk membuka Setelan, buka Sistem > Daya & baterai. Sekarang, luaskan Sleep and Screen dan buat amandemen.

Baca Berikutnya: 
Cara mengubah setelan Sleep di WindowsCara menyiapkan Windows Sleep Timer Shutdown.