Panel Kontrol NVIDIA hanya menampilkan Pengaturan 3D

Beberapa pengguna PC Windows 11 dan Windows 10 telah melaporkan masalah ketika mereka mencoba mengakses Panel Kontrol NVIDIA di perangkat mereka, mereka tidak dapat melihat pengaturan lain kecuali halaman Kelola Pengaturan 3D. Posting ini dimaksudkan untuk memberi Anda solusi cepat untuk masalah tersebut.

Anda mungkin mengalami masalah ini karena ada dua kartu grafis yang terpasang di sistem Anda. Dari dua adapter grafis, satu adalah grafis onboard (terintegrasi) dan yang lainnya adalah kartu grafis NVIDIA. Dengan pengaturan ini, opsi tampilan dan video harus diatur di kartu grafis onboard, sehingga Anda hanya dapat melihat Pengaturan 3D di Panel Kontrol NVIDIA.

NVIDIA Control Panel hanya menampilkan Pengaturan 3D

Ini bukan masalah nyata dan lebih merupakan kesalahan dengan desain. Namun, terkadang Anda mungkin ingin mengonfigurasi pengaturan tertentu pada kartu grafis NVIDIA Anda, tetapi Anda tidak dapat melakukannya karena masalah ini. Jadi, jika Panel Kontrol NVIDIA hanya menampilkan Pengaturan 3D pada PC Windows 11/10 Anda, Anda dapat mencoba perbaikan yang kami rekomendasikan di bawah ini untuk menyelesaikan masalah pada perangkat Anda.
Perbarui driver kartu grafis Nonaktifkan kartu grafis onboard di Pengelola Perangkat Mulai ulang proses Panel Kontrol NVIDIA di Pengelola Tugas
Mari kita lihat sekilas deskripsi saran yang disebutkan di atas.
1] Perbarui driver kartu grafis

Selain dari alasan yang telah disebutkan, mungkin Panel Kontrol NVIDIA Anda hanya menampilkan pengaturan 3D mungkin terkait dengan driver kartu grafis usang yang diinstal pada Windows Anda 11/10 komputer. Jadi, langkah pemecahan masalah pertama yang harus diambil untuk menyelesaikan masalah, dalam hal ini, adalah memperbarui driver kartu grafis Anda.

Tergantung pada PC Anda, produsen telah menyediakan perangkat lunak pengunduhan driver khusus untuk merek mereka yang dapat Anda gunakan untuk memperbarui driver dan firmware :
Dell Update utility akan membantu Anda mengunduh atau memperbarui Dell DriversLenovo System Update membantu Anda mengunduh Lenovo Drivers, Software, Firmware, dan Update BIOS.Pengguna AMD dapat menggunakan AMD Driver Autodetect.Pengguna Intel dapat menggunakan Intel Driver & Support Assistant.Pengguna HP dapat menggunakan paket HP Support Assistant.
Atau, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan perangkat lunak pembaruan driver gratis pihak ketiga. Anda juga bisa mendapatkan pembaruan driver (jika tersedia) di bagian Pembaruan Opsional di bawah Pembaruan Windows. Selain itu, jika Anda telah mengunduh file .inf atau .sys untuk driver, Anda dapat memperbarui driver secara manual melalui Pengelola Perangkat atau memperbarui driver melalui Command Prompt.

Baca: Hapus komponen individual yang tidak diinginkan dari NVIDIA drive
2] Nonaktifkan kartu grafis onboard di Perangkat Manager

Karena Anda memiliki dua kartu grafis yang terpasang pada sistem Windows 11/10 Anda, solusi ini mengharuskan Anda untuk mengubah kartu grafis default Anda ke kartu grafis NVIDIA dengan menonaktifkan kartu grafis onboard di Device Manager – ini dapat menyelesaikan masalah tetapi dapat menurunkan baterai Anda hidup untuk mengkonsumsi lebih banyak daya.

Untuk menonaktifkan kartu grafis onboard di Pengelola Perangkat, lakukan hal berikut:
Luncurkan Panel Kontrol NVIDIA.Di bagian prosesor grafis Pilihan, pilih prosesor NVIDIA berperforma tinggi dari menu tarik-turun.Klik Terapkan. Selanjutnya, buka Device Manager. Sekarang, gulir ke bawah ke bagian Display adapters dan klik untuk menutup. Klik kanan pada kartu grafis terintegrasi Anda dan klik Nonaktifkan perangkat.Klik Ya pada prompt untuk mengonfirmasi.Mulai ulang PC.
Baca: Memaksa Game untuk menggunakan Kartu Grafis atau GPU di Windows 11
3] Mulai ulang proses Panel Kontrol NVIDIA di Pengelola Tugas

Ada kemungkinan masalah yang Anda hadapi saat ini harus lakukan dengan Panel Kontrol NVIDIA yang bermasalah atau aplikasi mengalami kesalahan sementara. Dalam hal ini, untuk melihat apakah masalah akan teratasi, Anda dapat memulai ulang proses Panel Kontrol NVIDIA di Pengelola Tugas. Untuk melakukan tugas ini, lakukan hal berikut:
Tekan kombinasi tombol Ctrl + Shift + Esc untuk membuka Task Manager.Klik tab Processes.Gulir ke bawah dan klik kanan pada NVIDIA Control Panel.Pilih End task.Luncurkan kembali NVIDIA Control Panel.
Other pengaturan selain dari panel Pengaturan 3D sekarang harus ditampilkan dan dapat diakses.

Semoga posting ini membantu Anda.

Pos terkait: Penskalaan Gambar NVIDIA tidak muncul atau berfungsi

Mengapa saya hanya memiliki pengaturan 3D?

Panel Kontrol NVIDIA hanya menampilkan pengaturan 3D biasanya karena kartu grafis terintegrasi adalah GPU default untuk opsi tampilan alternatif. Jika Panel Kontrol NVIDIA Anda hanya memiliki setelan 3D, opsi lainnya mungkin muncul setelah menonaktifkan GPU onboard.

Baca:Tidak dapat mengambil setelan di NVIDIA GeForce Experience

Mengapa Panel Kontrol NVIDIA saya tidak menampilkan semua setelan?

Hal ini terutama karena ada dua grafik kartu di komputer Anda – grafis onboard (terintegrasi) dan yang lainnya adalah kartu grafis NVIDIA khusus. Meskipun ini bukan masalah semata, metode umum untuk sebagian besar masalah terkait grafis hanyalah menginstal ulang driver terbaru. Ini menyelesaikan masalah dan Panel Kontrol NVIDIA akan sepenuhnya mengenali dan menggunakan kartu grafis NVIDIA yang telah Anda instal.