Panggilan WhatsApp tidak berfungsi pada WiFi di PC atau Telepon

WhatsApp adalah layanan pesan dan panggilan online default untuk sebagian besar pengguna. Ada banyak keuntungan dari popularitas, tetapi ada satu kelemahan yang signifikan, jika ada masalah dengan layanan itu, itu akan mempengaruhi jutaan pengguna. Akhir-akhir ini, banyak pengguna melaporkan bahwa Panggilan WhatsApp mereka tidak berfungsi pada WiFi di PC atau Telepon. Dalam posting ini, kita akan membicarakan masalah ini dan melihat apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya.

Mengapa Wi-Fi saya tidak mengizinkan panggilan WhatsApp?

Jika Anda tidak dapat menelepon WhatsApp melalui WiFi, coba beralih ke jaringan lain dan lihat jika itu membantu. Jika, setelah berpindah jaringan, Anda dapat melakukan panggilan, maka mungkin masalahnya ada pada jaringan yang sebelumnya Anda hubungkan. Sebagian besar, ini disebabkan karena Koneksi Internet yang lambat, jika bandwidth Anda lambat, tidak mungkin WhatsApp dapat berkomunikasi dengan servernya dan melakukan panggilan untuk Anda. Juga, Anda perlu memastikan bahwa tidak ada gangguan pada jaringan Anda; satu-satunya cara untuk mengetahui apakah itu masalahnya adalah dengan me-restart router Anda, yang akan menyelesaikan masalah juga. Ada beberapa solusi dan solusi lain yang disebutkan selanjutnya yang dapat Anda coba. .
Periksa Koneksi Internet AndaMulai ulang router, komputer, atau telepon AndaPeriksa apakah WhatsApp memiliki akses Mikrofon dan KameraSetel Ulang WhatsAppHapus VPNAktifkan Mode Pesawat lalu nonaktifkan Perbarui WhatsAppInstal Ulang WhatsApp
Mari kita bicarakan secara mendetail.
1] Periksa Koneksi Internet Anda
Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah untuk memeriksa apakah ada masalah dengan Internet Anda. Untuk melakukan hal yang sama, Anda dapat menggunakan salah satu penguji Kecepatan Internet yang disebutkan dan memeriksa bandwidth Anda. Jika bandwidth Anda rendah, restart router Anda atau perangkat jaringan lainnya, namun, jika itu tidak berhasil, Anda perlu melakukan percakapan dengan ISP Anda.
2] Mulai ulang router, komputer, atau phone
AndaSelanjutnya, kita perlu memulai ulang router, komputer, atau ponsel Anda untuk menghilangkan gangguan apa pun yang dapat menyebabkan masalah tersebut. Untuk me-restart router Anda, prosedurnya cukup sederhana, yang harus Anda lakukan adalah mematikan perangkat, mencabut semua kabel, tunggu sebentar, pasang kembali dan hidupkan router. Sekarang, restart perangkat yang Anda coba lakukan panggilan dan kemudian sambungkan ke jaringan. Semoga kali ini Anda dapat melakukan panggilan.
3] Periksa apakah WhatsApp memiliki akses Mikrofon dan Kamera

Anda perlu memastikan bahwa WhatsApp memiliki izin untuk mengakses Mikrofon dan Kamera di komputer Anda. Untuk melakukan hal yang sama, ikuti langkah-langkah yang ditentukan.
Buka Setelan.Buka Privasi & Setelan > Mikrofon.Jika Anda melihat WhatsApp, periksa apakah sakelar diaktifkan.Selain itu, aktifkan Biarkan aplikasi desktop mengakses mikrofon Anda.
Sekarang, kembali dan periksa tombol sama untuk Kamera dan pastikan WhatsApp memiliki izin untuk mengaksesnya. Mudah-mudahan, ini akan melakukan trik untuk Anda.
4] Reset WhatsApp

Jika WhatsApp salah dikonfigurasi di komputer Anda, ada kemungkinan Anda tidak akan dapat melakukan panggilan. Namun, kami sebenarnya dapat menyetel ulang WhatsApp untuk menghilangkan kesalahan konfigurasi.

Jika Anda menggunakan WhatsApp Desktop, ikuti langkah-langkah yang ditentukan untuk menyetel ulang aplikasi.
Buka Pengaturan.Klik pada Aplikasi > Aplikasi & Fitur.Telusuri “WhatsApp”.Windows 11: Klik pada tiga titik vertikal dan pilih Opsi Lanjutan. Windows 10: Pilih aplikasi dan klik Opsi Lanjutan.Klik tombol Atur Ulang.
Jika Anda menggunakan ponsel Android, ikuti langkah-langkah yang ditentukan untuk mengatur ulang komputer Anda.
Ketuk Pengaturan.Buka Aplikasi.Telusuri WhatsApp dan klik Hapus data.
Sekarang, buka dan konfigurasikan WhatsApp. Mudah-mudahan, ini akan berhasil untuk Anda.
5] Hapus VPN
WhatsApp tidak dirancang untuk bekerja bersama VPN atau Proxy. Jadi, pastikan Anda belum mengonfigurasi VPN atau Proksi apa pun di komputer atau ponsel Anda. Jika Anda telah mengonfigurasi VPN, nonaktifkan saja lalu coba lakukan panggilan. Mudah-mudahan, ini akan berhasil untuk Anda.
6] Aktifkan Mode Pesawat dan kemudian nonaktifkan it

Anda mungkin juga gagal melakukan panggilan karena semacam gangguan jaringan. Salah satu cara terbaik untuk menyelesaikan masalah, dalam hal ini, adalah dengan mengaktifkan Mode Pesawat dan kemudian menonaktifkannya. Baik ponsel Windows dan Android dan iOS memungkinkan pengguna untuk mengubah Mode Pesawat. Jika Anda menggunakan komputer Windows, cukup klik Pusat Pemberitahuan, lalu klik tombol Mode Pesawat. Ini akan mengaktifkan opsi dan kemudian Anda dapat mematikannya dengan mudah.

Jika Anda menggunakan ponsel, buka Pengaturan Cepat, aktifkan, lalu nonaktifkan Mode Pesawat. Mudah-mudahan, ini akan berhasil untuk Anda.
7] Perbarui WhatsApp
Mungkin ada bug yang menghentikan pengguna melakukan panggilan. Karena tidak sebagian besar dari kami adalah pengembang, kami tidak dapat mengubah kodenya. Namun, karena seberapa luas masalah ini, kami dapat mengharapkan pengembang Meta untuk segera merilis pembaruan, atau mungkin mereka telah merilis pembaruan pada saat Anda membaca posting ini. Pengguna iOS dapat membuka App Store, pengguna Android dapat mengunjungi PlayStore, dan pengguna Windows perlu membuka Microsoft Store untuk memperbarui WhatsApp.
8] Instal ulang WhatsApp
Jika tidak ada yang berhasil, aplikasi Anda mungkin rusak hingga tidak dapat diperbaiki. Jika itu masalahnya, maka Anda perlu menginstal ulang program. Jadi, lanjutkan dan hapus instalan aplikasi, lalu instal salinan baru yang sama. Mudah-mudahan, itu akan berhasil untuk Anda.

Anda akan dapat melakukan panggilan lagi melalui WhatsApp di ponsel atau komputer Anda.

Baca: Aplikasi desktop WhatsApp tidak berfungsi atau terhubung

Mengapa saya tidak dapat menelepon di WhatsApp desktop?

Panggilan dekstop WhatsApp tidak bekerja pada semua sistem Windows atau macOS. Anda perlu memastikan bahwa Anda menggunakan sistem dengan  Windows 10 64-bit versi 1903 atau yang lebih baru dan macOS 10.13 atau yang lebih baru. Jadi, lanjutkan dan coba perbarui OS Anda jika sistem Anda tidak mutakhir.

Baca Juga: WhatsApp tidak menampilkan notifikasi di Windows.