Pantau penghitung kinerja pada prosesor Intel menggunakan Kontrol Penghitung

Kompleksitas dalam kinerja komputer telah meningkat pesat selama bertahun-tahun. Ada banyak aspek seperti multithreading, memori yang tidak seragam, dll. yang berdampak besar pada prosesor modern. Dalam panduan ini, kami menjelaskan kepada Anda sebuah alat atau program, Kontrol Penghitung yang dapat membantu Anda memahami dan memantau Penghitung Kinerja pada Prosesor Intel.

Apa Penghitung Kinerja itu?

Penghitung Kinerja menyediakan data tingkat sistem dan log dari berbagai jenis kinerja sistem seperti prosesor , memori, dan statistik penggunaan disk. Ada berbagai alat untuk memantau penghitung kinerja pada prosesor kami yang memberi kami antarmuka untuk melihat nilai dan mengetahui, bagaimana kinerja prosesor dipengaruhi oleh berbagai tugas yang sedang berjalan.

Kontrol Penghitung membantu Anda memantau penghitung kinerja pada prosesor Intel

Sebelumnya masuk ke Counter Control, Anda perlu tahu bahwa ada tiga counter fungsi tetap pada prosesor Intel:
Mode 0 – DisableMode 1 – OS (Ring 0)Mode 2 – Pengguna (Ring > 0)Mode 3 – Semua perangkat lunak Ring Levels
Counter Control dapat membantu Anda memantau penghitung kinerja dan mencatat daftar “IA32_FIXED_CTR_CTRL” prosesor Intel Core, yang terletak di MSR 0x38D. Register tertentu memberikan akses ke tiga jenis penghitung kinerja. Dengan Kontrol Penghitung, pengguna dapat mengetahui perangkat lunak mana yang menggunakan penghitung fungsi tetap Intel, dan berapa lama digunakan.

Kontrol Penghitung melaporkan Penghitung Kinerja dalam nilai berikut.
Tidak digunakan – 0x000Defender – 0x222Normal – 0x330Peringatan – 0x332
Mari masuk ke rincian masing-masing.
1] Tidak digunakan – 0x000
Ini menunjukkan bahwa tidak satu pun dari tiga penghitung fungsi tetap yang digunakan. Mereka dihentikan tanpa penggunaan apa pun.
2] Defender – 0x222
Ini berarti bahwa tiga penghitung fungsi tetap diprogram ke mode 2. Windows Defender menetapkan nilai ke penghitung saat menggunakannya.
3] Normal – 0x330
Dalam hal ini, dua penghitung fungsi tetap diatur ke mode 3, dan satu diatur ke mode 0 dan tidak digunakan. Program pemantauan yang menggunakan penghitung ini akan mengatur register kontrol penghitung ke nilai ini.
4] Peringatan – 0x332:
Ini menunjukkan bahwa dua penghitung fungsi tetap sedang digunakan oleh perangkat lunak pemantauan dan yang ketiga diatur ke mode 2, kemungkinan besar oleh Windows Defender. Ini adalah peringatan karena dua program yang berbeda berjuang untuk mengontrol counter bersama di antara mereka. Selama ini, nilai Kontrol Penghitung terus berfluktuasi dengan 0x222 dan 0x332. Anda akan melihat ini terjadi ketika Anda menjalankan HWiNFO (Informasi sistem, pemantauan, dan alat diagnostik) dan Windows Defender mencoba menggunakan penghitung fungsi IA32_FIXED pada saat yang sama.

Ini adalah nilai penghitung Kinerja berbeda yang dilaporkan oleh Kontrol Penghitung. Anda dapat mengunduhnya dari techpowerup.com.

Cara memperbaiki Bug Windows Defender di Penghitung Kinerja

Kinerja mesin Anda dipengaruhi oleh bug Windows Defender di mana kinerja akan berkurang secara signifikan sebagai Windows Defender dan program lain yang menggunakan fungsi Tetap counter berjuang untuk kontrol penuh dari mereka. Windows Defender secara acak menggunakan ketujuh penghitung kinerja perangkat keras pada Prosesor Intel Core, yang mencakup tiga penghitung kinerja tetap. Program lain mungkin juga menggunakannya dan meng-overclock CPU karena ini adalah penghitung bersama.

Semua utilitas sistem seperti HWiNFO, OCCT, Core Temp, dan ThrottleStop mengatur penghitung ke mode 3. Karena semuanya disetel ke mode yang sama, akan ada tidak ada masalah dengan kinerja. Windows Defender di sisi lain mengatur ini ke mode 2 secara acak dan pada interval acak. Ini menciptakan konflik dan menghambat kinerja.

Anda dapat memperbaiki Bug Windows Defender dengan ThrottleStop. Ini memiliki fitur baru di jendela Opsi yang disebut Windows Defender Boost. Mencentang kotak ini akan membantu memastikan kinerja maksimum dan pemantauan Core Effective Clock yang akurat apakah Windows Defender Real-time Protection diaktifkan atau tidak.

Baca:ThrottleStop: Pantau & nonaktifkan pembatasan CPU pada laptop Windows.