Pemasang Minecraft Forge tidak terbuka atau berfungsi di Windows 11

Apakah Minecraft Forge tidak terpasang di PC Windows 11/10 Anda? Berikut adalah panduan lengkap yang akan membantu Anda jika Anda tidak dapat membuka penginstal Minecraft Forge atau jika tidak berfungsi dengan benar.

Minecraft Forge adalah API modding sumber terbuka untuk Minecraft Java Edition. Ini memungkinkan pengguna untuk memodifikasi game Minecraft dan menambahkan beberapa fitur baru yang keren dan menarik ke dalamnya. Anda cukup menginstalnya di sistem Anda dan kemudian mulai menggunakan mod di Minecraft. Namun, banyak pengguna mengeluh bahwa mereka tidak dapat menginstal Minecraft Forge di sistem mereka. Sementara penginstal Minecraft Forge tidak terbuka untuk beberapa pengguna, banyak pengguna mengalami kegagalan instalasi.

Sekarang, jika Anda adalah salah satu pengguna yang terpengaruh, posting ini akan menarik bagi Anda. Di sini, kami akan membahas berbagai perbaikan yang berfungsi yang akan membantu Anda menghilangkan masalah yang ada. Coba saja perbaikan ini dan instal Minecraft Forge dengan sukses.

Mengapa Minecraft Forge tidak terbuka?

Ada berbagai alasan bagi individu bahwa penginstal Minecraft Forge tidak membuka atau bekerja di PC Anda. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebabnya:
Mungkin Anda mencoba menginstal versi Minecraft Forge yang berbeda dari versi Minecraft yang Anda miliki di sistem Anda. Oleh karena itu, periksa versi Minecraft Forge dan pastikan cocok dengan versi Minecraft Java Edition. Minecraft Forge membutuhkan Java terbaru untuk diinstal dengan benar. Jika Anda memiliki Java yang kedaluwarsa di komputer Anda, itu akan menyebabkan masalah dalam menjalankan penginstal Minecraft Forge. Oleh karena itu, perbarui atau instal ulang Java untuk memperbaiki masalah tersebut. Versi Minecraft Java Edition yang kedaluwarsa juga dapat menyebabkan masalah yang sama. Oleh karena itu, Anda dapat memperbarui Minecraft dan kemudian menginstal versi terbaru Minecraft Forge. Firewall keamanan Anda mungkin menjadi penyebabnya. Ada kemungkinan firewall Anda salah mengidentifikasi Minecraft Forge sebagai ancaman dan mencegahnya untuk dibuka. Oleh karena itu, Anda dapat mencoba menonaktifkan firewall Anda untuk sementara dan kemudian meluncurkan penginstal Minecraft Forge untuk memperbaiki masalah tersebut. Koneksi internet yang lemah atau tidak stabil juga dapat menjadi salah satu alasan Anda tidak dapat menginstal Minecraft Forge di PC Anda. Oleh karena itu, jika skenarionya berlaku, pastikan Anda terhubung ke koneksi internet yang stabil dan andal.
Sekarang setelah kita mengetahui skenario yang paling mungkin menyebabkan masalah, mari kita langsung ke perbaikannya.

TERKAIT:Cara instal Minecraft Mods di PC dan Konsol?

Penginstal Minecraft Forge tidak dapat dibuka atau berfungsi di Windows 11

Berikut adalah metode yang dapat Anda gunakan jika penginstal Minecraft Forge tidak dapat dibuka atau berfungsi di PC Windows 11/10 Anda:
Periksa versi Minecraft Forge yang Anda coba untuk menginstal.Perbarui Minecraft Java Edition dan instal versi Minecraft Forge terbaru.Periksa koneksi internet Anda.Perbarui atau Instal Ulang Java.Nonaktifkan firewall Anda.Gunakan Command Prompt untuk menjalankan penginstal.Instal ulang Minecraft.1] Periksa versi Minecraft Forge yang Anda coba untuk menginstal
Sebelum masuk ke perbaikan lanjutan, periksa versi Minecraft Forge yang Anda coba instal. Versi Minecraft Forge yang Anda pasang harus sama dengan versi Minecraft: Java Edition yang sedang Anda gunakan. Misalkan Anda mencoba menginstal Minecraft Forge versi 1.7, maka Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki Minecraft: Java Edition versi 1.7 di PC Anda.

Untuk memeriksa versi Minecraft: Java Edition, buka game dan di layar utama, versi disebutkan di sisi kiri bawah. Saat Anda mempelajari versi Minecraft: Java Edition, buka situs resmi Minecraft Forge dan unduh versi yang sama persis. Setelah itu, coba instal di komputer Anda dan lihat apakah masalahnya teratasi atau tidak.

Jika masalahnya masih sama, coba perbaikan potensial berikutnya untuk menyelesaikan masalah.
2] Perbarui Minecraft Java Edition dan instal versi Minecraft Forge terbaru
The hal berikutnya yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki masalah yang dihadapi adalah memperbarui aplikasi Minecraft: Java Edition Anda. Setelah memperbaruinya, unduh Minecraft Forge versi terbaru dan periksa apakah Anda dapat mengunduhnya. Memiliki versi Minecraft Java Edition yang kedaluwarsa dan menginstal Forge versi lama dapat menyebabkan masalah yang dihadapi. Oleh karena itu, memperbarui aplikasi seharusnya dapat memperbaiki masalah untuk Anda.

Berikut ini bagaimana Anda dapat melakukannya:
Pertama, buka aplikasi Minecraft Launcher di PC Anda. Sekarang, klik tombol panah yang ada di sebelah kiri tombol Play. Setelah itu, tekan Rilis terbaru dari opsi menu yang baru muncul. Selanjutnya, biarkan Minecraft Launcher memperbarui game Anda. Setelah selesai, unduh versi terbaru Minecraft Forge dari situs resminya. Terakhir, coba instal Minecraft Forge dan lihat apakah masalahnya sudah diperbaiki atau tidak.
Jika Anda masih mengalami masalah yang sama, lanjutkan dan coba perbaikan potensial berikutnya untuk menyelesaikannya.

Baca:Memperbaiki kesalahan Layar Hitam Minecraft saat memulai di Windows
3] Periksa koneksi internet Anda
Anda juga perlu memastikan bahwa Anda terhubung ke koneksi internet yang stabil untuk menginstal Minecraft Forge dengan sukses. Jika koneksi internet Anda lemah atau tidak stabil, penginstal Minecraft Forge tidak akan berfungsi dengan baik karena memerlukan internet aktif untuk mengunduh beberapa file perpustakaan yang diperlukan untuk proses penginstalan. Oleh karena itu, uji koneksi internet Anda dan lihat apakah ada masalah internet.

Coba uji kecepatan internet Anda dan periksa apakah itu cukup baik. Untuk itu, Anda dapat menggunakan alat pengujian kecepatan jaringan online gratis atau mencoba aplikasi pengujian kecepatan internet untuk Windows yang memungkinkan Anda mengukur kecepatan internet Anda. Jika lambat, Anda dapat menghubungi penyedia layanan internet Anda untuk meningkatkan paket internet Anda dan kemudian melihat apakah masalahnya telah diperbaiki.

Anda mungkin menghadapi beberapa masalah konektivitas internet umum pada PC Anda. Dalam hal ini, Anda dapat memecahkan semua masalah WiFi dan kemudian mencoba menginstal Minecraft Forge. Selain itu, pastikan Anda telah memperbarui driver jaringan Anda ke versi terbarunya.

Anda juga dapat mencoba menjalankan siklus daya pada router Anda. Masalah internet mungkin disebabkan karena masalah sementara dengan router Anda seperti cache router yang buruk. Oleh karena itu, dalam hal ini, siklus daya router Anda harus memperbaiki masalah. Untuk melakukannya, matikan router Anda dan cabut kabel dayanya. Sekarang, tunggu setidaknya 30 detik hingga satu menit, lalu sambungkan kembali kabel daya router Anda. Setelah itu, hidupkan router lalu sambungkan PC Anda ke internet. Lihat apakah penginstal Minecraft Forge berfungsi dengan baik sekarang atau tidak.

Jika tidak ada masalah konektivitas internet dan Anda tetap tidak dapat menginstal Minecraft Forge, Anda dapat melanjutkan ke perbaikan potensial berikutnya untuk menyelesaikan masalah.

Lihat:Perbaikan Tidak dapat memperbarui Minecraft Runtime Environment.
4] Perbarui atau Instal Ulang Java

Memiliki versi perangkat lunak Java yang kedaluwarsa dapat menjadi alasan penginstal Minecraft Forge tidak dapat dibuka atau berfungsi di PC Anda. Anda harus memiliki Java versi terbaru agar Minecraft berfungsi dengan baik karena Minecraft menggunakan Java. Dan, Anda mungkin mengalami masalah dengan instalasi Minecraft Forge karena Jave yang sudah ketinggalan zaman. Oleh karena itu, perbarui Java ke versi terbaru dan kemudian coba jalankan penginstal Minecraft Forge.

Untuk memperbarui Java di Windows, coba langkah-langkah di bawah ini:
Pertama, tekan tombol pencarian bilah tugas lalu ketik Java di kotak pencarian.Dari hasil pencarian yang muncul, klik opsi Configure Java. Sekarang, di jendela Java Control Panel yang terbuka, pindah ke tab Update. Setelah itu, klik tombol Update Now yang ada di sisi kanan bawah jendela. Pada prompt berikutnya, klik tombol Perbarui dan biarkan pembaruan selesai. Setelah selesai, reboot PC Anda dan kemudian periksa apakah penginstal Minecraft Forge berfungsi dengan baik atau tidak.
Jika pembaruan Java tidak berhasil, coba instal ulang salinan baru Java terbaru di sistem Anda. Mungkin Anda berurusan dengan instalasi Java yang rusak yang menyebabkan masalah ini. Oleh karena itu, menghapus instalan Java sepenuhnya dari PC Anda dan kemudian menginstal ulang salinan bersihnya akan memperbaiki masalah.

Untuk menghapus instalan Java sepenuhnya dari PC Anda, buka Pengaturan menggunakan Win+I lalu navigasikan ke bagian Aplikasi > Aplikasi terinstal. Setelah itu, cari aplikasi Java dan ketuk tombol menu tiga titik yang terkait dengannya. Selanjutnya, klik opsi Uninstall untuk menghapus Java. Setelah Java dihapus, kunjungi situs web resminya dan unduh Java versi terbaru. Dan kemudian, instal seperti aplikasi pihak ketiga biasa. Sekarang Anda dapat mencoba menjalankan penginstal Minecraft Forge dan melihat apakah itu berfungsi dengan baik atau tidak.

Jika Anda masih mendapatkan masalah yang sama, lanjutkan ke solusi potensial berikutnya.

Lihat:Tidak dapat memperbarui Peluncur Asli Minecraft.
5] Nonaktifkan firewall
AndaSelanjutnya hal yang dapat Anda lakukan adalah menonaktifkan sementara firewall Anda untuk memperbaiki masalah yang ada. Ada kemungkinan firewall Anda salah mendeteksi Minecraft Forge sebagai program jahat dan memblokirnya agar tidak dibuka atau diluncurkan. Ini karena Minecraft Forge adalah platform modding untuk Minecraft dan itu akan membuat modifikasi pada file sistem game Minecraft. Jadi, jika skenarionya berlaku, Anda dapat mematikan firewall Anda dan kemudian melihat apakah masalahnya telah teratasi.
6] Gunakan Command Prompt untuk menjalankan installer
Anda juga dapat mencoba menggunakan Command Prompt untuk menginstal Minecraft Forge di PC Anda. Command Prompt mungkin menjalankan penginstal untuk Anda yang tidak dapat dijalankan karena digunakan untuk tugas administratif tingkat lanjut. Jadi, cukup jalankan perintah dan lihat apakah Anda dapat menginstal Minecraft Forge atau tidak. Inilah cara Anda melakukannya:

Pertama, buka Command Prompt sebagai administrator. Sekarang, di jendela CMD, navigasikan ke folder Unduhan atau folder tempat Anda mengunduh penginstal Minecraft Forge. Anda dapat menggunakan perintah di bawah ini untuk melakukannya:
cd C:UsersUSERDownloads
Setelah itu, ketik perintah di bawah ini untuk menjalankan penginstal Minecraft Forge:
java -Xnx2G -jar forge-installer.JAR?
Dalam perintah di atas, forge- installer.JAR adalah nama file dari file penginstal Minecraft Forge yang diunduh. Sekarang, tekan tombol Enter dan itu akan meluncurkan penginstal Minecraft Forge. Anda dapat mengikuti petunjuk yang diminta untuk menyelesaikan instalasi.

Jika instalasi gagal bahkan melalui Command Prompt, kami memiliki satu perbaikan lagi yang dapat Anda gunakan untuk menyelesaikan masalah. .
7] Instal ulang Minecraft
Jika semuanya gagal untuk memperbaiki masalah Anda, pilihan terakhir adalah menginstal ulang game Minecraft. Perbaikan ini berhasil untuk beberapa pengguna yang terpengaruh dan mungkin berhasil untuk Anda. Masalahnya mungkin terjadi karena instalasi game yang rusak atau file game yang terinfeksi. Jadi, mencopot pemasangan game lalu memasangnya kembali akan membantu Anda mengatasi masalah tersebut.

Saat mencopot pemasangan Minecraft, pastikan Anda menghapus semua file sisa yang tersisa untuk menghapusnya sepenuhnya. Disarankan untuk menggunakan program uninstaller pihak ketiga untuk melakukannya. Setelah selesai, Anda dapat mengunduh Minecraft versi terbaru dari situs web resminya dan menginstal game di komputer Anda. Mudah-mudahan, Anda sekarang dapat membuka penginstal Minecraft Forge dan menginstalnya dengan sukses.

Mengapa Forge gagal menginstal?

Forge mungkin gagal diinstal pada PC Anda karena Java yang sudah ketinggalan zaman. Ini membutuhkan JDK terbaru untuk diinstal dengan benar. Selain itu, menggunakan Minecraft Java Edition versi lama atau memasang versi Minecraft Forge yang berbeda dari versi Minecraft juga dapat menyebabkan masalah yang sama. Selain itu, koneksi internet yang lemah atau tidak stabil, gangguan firewall, dan instalasi game yang rusak adalah beberapa penyebab potensial lain dari masalah ini.

Bagaimana cara meluncurkan penginstal Forge?

Pertama-tama, unduh penginstal Minecraft Forge dari situs web resminya. Setelah itu, klik dua kali pada file JAR yang diunduh dan kemudian lanjutkan dengan petunjuk yang diminta untuk berhasil menginstalnya di sistem Anda.

Itu saja.

Sekarang baca: 
Minecraft tidak diinstal pada PC Windows.Minecraft terus mogok atau macet di PC Windows.