Pemindai Printer HP tidak berfungsi di Windows 11/10

Ketika berbicara tentang printer, HP adalah salah satu yang terbesar di pasar. Perusahaan ini memproduksi beberapa printer dan pemindai terbaik yang tersedia saat ini, tetapi itu tidak berarti produknya tanpa masalah. Beberapa pengguna mengalami masalah dengan pemindai di printer HP mereka yang gagal berfungsi sebagaimana mestinya. Rupanya, ketika upaya dilakukan untuk memindai dokumen, printer gagal mengikuti perintah. Tidak ada kode kesalahan resmi ketika kegagalan terjadi, tetapi itu tidak masalah. Yang penting di sini adalah apakah masalah tersebut dapat diperbaiki atau tidak. Dan kami di sini untuk melaporkan bahwa itu dapat dilakukan dengan sedikit usaha dari Anda.

HP Printer Scanner tidak berfungsi di Windows 11/10

Ini adalah masalah umum dengan printer yang menyertakan pemindai, bukan hanya yang bermerek HP. Namun jangan khawatir karena masalah tersebut dapat diselesaikan dengan relatif mudah. Opsi yang Anda miliki adalah:
Reset pemindai printerPeriksa kompatibilitas pemindai printer dengan Windows 11/10Gunakan perangkat lunak HP Print and Scan DoctorInstal ulang perangkat lunak printer HP resmiPeriksa apakah Windows Image Acquisition sedang berjalan1] Setel ulang pemindai printer
Hal pertama yang mungkin ingin Anda lakukan di sini adalah mengatur ulang pemindai pencetak. Ini adalah tugas yang sederhana; oleh karena itu, kami tidak berharap sebagian besar pengguna merasa terlalu sulit untuk menyelesaikannya.

Untuk mengatur ulang pemindai printer, pengguna harus mematikannya, dan dari sana, cabut kabel daya dari soket. Tunggu hingga 10 hingga 20 detik, dan setelah itu, colokkan kembali perangkat ke stopkontak dan reboot.

Anda sekarang dapat melanjutkan, dan periksa untuk melihat apakah pemindai masih gagal berfungsi sebagaimana mestinya.
2] Periksa kompatibilitas pemindai printer dengan Windows 11/10
Upgrade ke salah satu sistem operasi ini dapat menyebabkan printer Anda tertekuk saat memindai. Mungkin itu lebih berkaitan dengan kompatibilitas daripada yang lainnya. Untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi, kami sarankan untuk mengunjungi Printer HP – Printer yang Kompatibel dengan Windows 10.

Dari halaman tersebut, Anda dapat memeriksa apakah printer HP Anda kompatibel dengan sistem operasi Windows 10/11.
3] Gunakan HP Print and Scan Perangkat lunak dokter

HP memiliki alat sendiri untuk pemecahan masalah, dan itu disebut Cetak dan Pindai Dokter. Perangkat lunak ini dirancang untuk memperbaiki masalah yang berkaitan dengan semua model printernya yang berkaitan dengan pemindaian dan pencetakan.
Unduh perangkat lunak dari halaman web resmi HP Print and Scan Doctor for Windows. Setelah menginstalnya ke komputer, Anda sekarang harus melalui penyiapan proses dengan memilih printer Anda. Dari sana, klik Perbaiki Pemindaian untuk melanjutkan ke langkah berikutnya. Setelah pemecahan masalah selesai, perangkat lunak akan memberi tahu pengguna jika ada masalah yang telah diperbaiki.4] Instal ulang perangkat lunak printer HP resmi

OK, jadi kemungkinan besar printer HP perangkat lunak tidak berfungsi dengan benar, oleh karena itu masalah pemindaian yang dihadapi banyak pengguna. Taruhan terbaik Anda saat ini adalah menginstal ulang perangkat lunak dengan harapan semuanya akan kembali normal.
Buka kotak dialog Run dengan mengklik kanan tombol menu Start, lalu pilih Run. Dari dalam kotak, ketik appwiz.cpl, kemudian tekan tombol OK atau tombol Enter untuk membuka Programs and Features.Klik kanan pada perangkat lunak printer HP resmi melalui Programs and Features, lalu tekan Uninstall.Restart sistem operasi Windows Anda segera.Navigasi ke halaman dukungan resmi HP untuk mengunduh dan instal perangkat lunak yang benar yang dirancang untuk printer HP Anda.
Setelah diinstal, nyalakan ulang komputer Anda lalu periksa lagi untuk melihat apakah pemindai berfungsi sesuai dengan kebutuhan Anda.
5] Periksa apakah Windows Image Acquisition sedang berjalan

 

Dalam beberapa kasus, alasan di balik masalah dengan pemindai HP Anda banyak berhubungan dengan Windows Image Acquisition yang dinonaktifkan.
Untuk melakukannya, mulailah dengan menekan tombol Windows + R untuk menjalankan kotak dialog Run.Dari dalam kotak, silakan ketik services.msc, lalu tekan tombol Enter. Dari kategori Names, gulir ke bawah hingga Anda menemukan Windows Image Acquisition (WIA). Klik dua kali pada Windows Image Acquisition untuk membuka jendela Properties-nya. Pilih tab General, dan dari sana , Anda akan ingin menavigasi langsung ke Startup. Ubah Startup menjadi Otomatis, dan dari sana, klik Mulai > Terapkan > OK.
Mulai ulang komputer Anda dan sekarang kami berharap semuanya berfungsi dengan benar, atau setidaknya, kami harap.

Baca: Kami tidak dapat menemukan pemindai sidik jari yang kompatibel dengan Windows Hello Fingerprint

Mengapa pemindai HP saya tidak berfungsi?

Jika ada driver pemindai yang hilang atau kedaluwarsa, hal itu dapat menyebabkan pemindai HP Anda berhenti bekerja dengan benar. Karena itu, Anda harus selalu memperbarui driver, dan ini dapat dilakukan dengan salah satu dari dua cara: Secara manual atau otomatis.

Mengapa printer saya tidak dapat memindai ke komputer saya?

Pastikan printer hidup dan terhubung ke komputer Anda, apakah itu laptop atau desktop. Jika tidak berhasil, kunjungi situs web resmi HP di https://support.hp.com/us-en/help/printscandoctor, unduh HP Print and Scan Doctor untuk Windows, dan jalankan pemecah masalah.

Bagaimana cara mengaktifkan printer HP saya untuk memindai?

Anda harus menggunakan aplikasi HP Printer Assistant untuk Mengaktifkan Pindai ke Komputer jika telah dinonaktifkan. Untuk melakukan ini, klik tombol Start Menu, dan dari sana, pilih All Apps. Klik HP dari daftar aplikasi, lalu pilih nama printer.

Bagaimana cara mereset pemindai printer HP saya?

Matikan perangkat pemindai printer HP. Cabut kabel daya selama 30 detik, lalu sambungkan kembali. Nyalakan produk sambil menekan dan menahan tombol Lanjutkan selama sekitar 10 hingga 20 detik hingga lampu perhatian menyala. Terakhir, lepaskan tombol Lanjutkan, dan lampu Perhatian dan Siap akan segera menyala saat produk mengembalikan ke pengaturan default pabrik.