Pemindaian Offline Windows Defender tidak berfungsi pada Windows 11/10

Program antivirus Windows Defender, juga dikenal sebagai Keamanan Windows, telah diinstal bersama Windows 11/10. Ini adalah alat pemindaian antimalware yang memungkinkan Anda mem-boot dan memindai dari lingkungan tepercaya. Dengan menggunakannya, Anda dapat melindungi PC Anda dari virus dan malware dan melindunginya secara real-time. Saat ancaman terdeteksi, Windows Defender memblokir dan menghapusnya. Namun, beberapa pengguna telah melaporkan bahwa pemindaian offline Windows Defender tidak berfungsi. Jika Anda menghadapi masalah ini, baca terus.

Apa itu Pemindaian Offline di Windows Defender?

Pemindaian mendalam offline memungkinkan pengguna mendeteksi segala ancaman seperti virus Trojan, ransomware horse, dan malware lain yang mungkin tidak terlihat oleh program antivirus lain saat Windows sedang berjalan.

Offline Scan bekerja di lingkungan pemulihan. Jadi, setiap kali Anda memilih untuk menjalankan Pemindaian Offline, PC akan reboot ke Pemulihan Lanjutan. Sesampai di sana, Defender akan memindai semua file untuk malware atau virus atau sesuatu yang mencurigakan.

Setiap program pemerah pipi tidak akan menghambat pemindaian karena tidak ada yang berjalan kecuali untuk layanan Windows yang penting. Biasanya memerlukan waktu 15 menit, setelah itu PC akan mulai.

Kemungkinan Masalah mengapa Pemindaian Offline tidak berfungsi
Mengganggu Perangkat Lunak Keamanan Pihak Ketiga: Misalkan Anda telah menggunakan perangkat lunak keamanan pihak ketiga. Pemindaian offline Defender Anda tidak akan berfungsi karena perangkat lunak bentrok, dan hanya satu yang dapat berfungsi. File sistem Windows Defender rusak: File sistem atau file inti Keamanan Windows mungkin rusak, sehingga tidak dapat memulai pemindaian offline. Izin akun pengguna Masalah: Jika Anda menerima kesalahan—Anda memerlukan izin untuk melakukan tindakan ini—Anda tidak memiliki izin untuk menjalankan pemindaian offline. Anda memerlukan akun admin untuk menjalankan pemindaian offline.
Pemindaian Offline Windows Defender tidak berfungsi pada Windows 11/10

Sekarang setelah kita mengetahui alasan pembatasan pemindaian offline, mari cari tahu cara memperbaiki masalah.
Uninstal Perangkat Lunak Keamanan Pihak KetigaLuncurkan dengan Admin izinJalankan perintah DISM dan SFC untuk memperbaiki file sistem yang rusakJalankan System RestoreGunakan Reset PCRestore ini dari Backup
Beberapa di antaranya adalah metode pemecahan masalah, sedangkan yang terakhir memungkinkan Anda untuk memulihkan PC ke keadaan sebelumnya di mana semuanya bekerja dengan baik.
1] Copot Pemasangan Keamanan Pihak Ketiga Software
Setiap OS dapat memiliki beberapa perangkat lunak Anti-virus, tetapi hanya satu yang harus dijalankan. Jika Anda menginstal dua perangkat lunak keamanan, itu akan menimbulkan konflik. Jika Anda sudah menggunakan perangkat lunak pihak ketiga, pemindaian offline mungkin tidak berfungsi. Sebaiknya Anda menghapus atau menonaktifkan perangkat lunak keamanan itu dan kemudian menggunakan pemindaian offline Windows Defender.
2] Luncurkan dengan izin Admin
Anda akan memerlukan akun administrator untuk meluncurkan solusi ini, dan itu tidak akan berfungsi dengan akun standar. Jika Anda menggunakan akun standar, permintaan UAC (Kontrol Akun Pengguna) akan muncul, meminta izin Admin, dan pengguna Standar harus memasukkan kredensial admin.

Baca: Di mana log pemindaian Windows Defender Offline disimpan?
3] Jalankan Perintah DISM dan SFC untuk memperbaiki file sistem yang rusak. Ketika file sistem rusak atau tidak dapat berfungsi dengan baik, program apa pun yang bergantung padanya tidak akan berfungsi. Jika Windows Defender atau file terkaitnya rusak, Anda harus memperbaikinya. Itu dapat dilakukan menggunakan perintah DISM dan utilitas SFC. Ikuti langkah-langkah ini
Klik kanan pada menu Start dan pilih Terminal Windows (Admin) atau Command Prompt (Admin) Ketik sfc / scannow dan tekan Enter. System File Checker akan mulai memindai dan memindai seluruh sistem untuk memeriksa file yang rusak atau hilang. Setelah file terdeteksi, Windows akan mencoba dan memperbaiki file yang rusak. Jika Windows Defender Anda masih gagal dijalankan, coba jalankan pemindaian DISM dan ketik DISM/Online /Cleanup-Image/RestoreHealth di command prompt dan tekan tombol Enter. Setelah selesai, luncurkan aplikasi Windows Security dan coba jalankan offline squad.
Baca: Bagaimana cara melakukan Pemindaian Offline Windows Defender saat boot?
5] Jalankan System Restore
Program System Restore mengambil snapshot dari beberapa file sistem dan registri Windows dan menyimpannya sebagai Titik Pemulihan. Jika terjadi kegagalan instalasi dan terjadi kerusakan data, System restore dapat mengembalikan file ke kondisi kerja tanpa Anda menginstal ulang Windows.

Tekan menu Start dan ketik Restore PointKlik pada opsi Recovery dari hasil pencarianKlik Open System Restore dan kemudian klik Next tombol pada tombol Pemulihan SistemLayar berikutnya akan menampilkan titik pemulihan yang tersedia untuk PC. Pilih salah satu dan kemudian klik tombol BerikutnyaKlik tombol Selesai pada layar konfirmasi, dan biarkan prosesnya selesai.
Anda juga dapat melihat daftar yang terpengaruh program saat Anda memilih titik pemulihan. Pastikan untuk memeriksanya untuk memahami dengan jelas apa yang mungkin harus Anda bawa kembali setelah proses selesai.
4] Gunakan Atur Ulang PC

ini Jika alat SFC dan DISM tidak membantu, Anda berada dalam situasi di mana Anda perlu menginstal versi terbaru OS sambil menyimpan Aplikasi dan file Anda. Ini juga disebut Peningkatan Perbaikan. Jika Anda menemukan ini baru, opsi juga muncul saat Anda menggunakan Reset this PC.
Buka Pengaturan menggunakan Win + IBuka Sistem > PemulihanKlik tombol Atur Ulang PC Pilih Simpan file saya lalu ikuti petunjuk selanjutnya.6] Pulihkan Gambar OS Windows dari Backup
System Image Backups membantu Anda membuat image Windows saat ini. Gambar berisi semua informasi tentang PC Anda dalam keadaan tertentu. Jadi jika Anda sudah menjalankan cadangan yang dapat memulihkan, Anda dapat mencobanya juga. Meskipun prosesnya mirip dengan Pemulihan Sistem, setiap pengguna memiliki metode pencadangan yang berbeda. Jadi, jika Anda menjalankan Pencadangan Windows atau alat pihak ketiga, gunakan untuk memulihkan PC ke kondisi yang berfungsi dengan baik.

Saya harap postingan ini mudah diikuti, dan Anda dapat memperbaiki pemindaian offline Windows Defender tidak bekerja pada Windows 11/10.

Apakah Windows Defender cukup untuk melindungi PC saya?

Anda selalu dapat meningkatkan keamanan dengan menginstal program antivirus pihak ketiga. Kami menyarankan Anda terutama menggunakan Windows Defender karena telah mendapat peringkat tinggi dalam tes kinerja. Namun, jika Anda mencari lebih, pastikan untuk membaca fitur dan mendapatkan umpan balik.

Mengapa Antivirus Windows Defender saya dimatikan?

Mungkin saja Windows Defender dimatikan atau tidak berfungsi. Ini dapat terjadi karena Anda menginstal aplikasi antivirus lain di sistem Anda. Anda harus mematikannya dan menghapus instalan perangkat lunak/aplikasi ini sebelum menjalankan Windows Defender, yang membuat clashes.

Baca: Tidak Dapat atau Tidak Dapat Mengaktifkan Windows Defender

Mengapa Windows Defender tidak terbuka di Windows?

Jika Windows Defender Anda tidak terbuka di Windows, ada mendeteksi perangkat lunak antimalware lain. Pastikan Anda uninstall dan restart PC Anda. Jika bahkan setelah menghapus perangkat lunak pihak ketiga dari PC Anda, semuanya masih tidak berfungsi, Anda harus mengatur ulang aplikasi keamanan. Buka Start dan ketik Windows Security, klik kanan padanya dan pilih App Settings. Gulir ke bawah, dan Anda akan menemukan opsi untuk mengatur ulang. Klik untuk Mengatur Ulang.

Bagaimana cara mengaktifkan Keamanan Windows di Windows?

Untuk MENGAKTIFKAN/MENONAKTIFKAN Keamanan Jendela, Buka Mulai; cari Windows Security dan klik, setelah itu Anda akan melihat beberapa opsi seperti Virus & Threat Protection, Account Protection, dll. Klik Virus & Threat Protection. Setelah itu, periksa Managed Setting di bawah panel Virus & Threat Protection Settings dan klik di atasnya. Sekarang Anda akan melihat Perlindungan Waktu Nyata yang memiliki tombol sakelar aktif. Sekarang Anda harus mengaktifkan keamanan Windows di Windows.

Baca selanjutnya: Keamanan Windows di Windows 11 tidak terbuka atau berfungsi.